Penjualan Mobil Mewah Meningkat, Bukti Pandemi Tak Berpengaruh bagi Orang Kaya

BMW X lineup

Pandemi Covid-19 menyebabkan resesi ekonomi. Masyarakat kelas menengah ke bawah yang paling merasakannya. Pemutusan kerja di mana-mana, ditambah sulit mencari lapangan pekerjaan baru. Industri pun ikut banyak terdampak. Penjualan mobil anjlok sehingga harus distimulasi lewat iming-iming insentif pajak. Namun kenyataan justru berbeda di level premium. BMW dan Mercedes-Benz melaporkan kenaikan penjualan.

Fenomena itu terjadi selama paruh tahun pertama 2021, dibanding dengan kinerja 2020. Artinya, banyak orang kaya malah beli kendaraan mewah. Bahkan tak terpengaruh dengan situasi ekonomi maupun pandemi Covid-19. Jenis SUV mendominasi, walau sedan juga tetap menjadi salah satu pilihan.

BMW Group 

Situasi di Indonesia sendiri dinilai BMW cukup menggembirakan. Setelah menutup pembukuan 2020 dengan hasil bagus, sekaligus mempertahankan posisi perusahaan. Tahun ini mereka kembali sumringah melihat hasil performa enam bulan pertama 2021. “Dua brand BMW Group yang beroperasi di Indonesia. Menghasilkan pertumbuhan penjualan sangat memuaskan di semester pertama ini. BMW membukukan pertumbuhan penjualan hingga +42,8 persen. Lalu MINI hingga +52,1 persen jika dibandingkan periode sebelumnya (year to date June). Hasil ini diraih dari penjualan lini kendaraan locally-assembled yang cemerlang: BMW Seri 5, BMW Seri 3 dan BMW X1, serta the new MINI Countryman,” ucap Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Performa penjualan BMW Group Indonesia alami peningkatan pada April dan Mei 2021. Hal ini berkaitan dengan peluncuran kendaraan anyar. Seperti BMW X1, BMW X3, BMW X5 dan BMW X7, hingga model terbaru BMW Seri 5 maupun BMW Seri 4. Partisipasi mereka di Indonesia International Motor Show 2021 juga turut menjadi salah satu pendorong capaian positif. Belum lagi, torehan brand legendaris Inggris, MINI. Hasil baik disokong oleh kontributor utama: The New MINI Countryman rakitan dalam negeri, diikuti MINI 3 Door serta MINI Clubman.

Baca Juga: BMW Group Indonesia Siapkan Beberapa Mobil Listrik untuk Tahun Depan

S-Class W223

Mercedes-Benz 

Rival lain sesama merek Jerman juga alami hal serupa. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) mengirimkan 1.235 unit ke pelanggan atau terkerek +48 persen selama semester pertama 2021. Di tengah kondisi yang menantang saat ini. Mereka mempertahankan pangsa segmen sebesar 41,9 persen. Seiring dengan permintaan yang tinggi dari para pelanggan Indonesia. Yakni C-Class, GLE dan E-Class menjadi model terlaris Mercedes-Benz.

“Melihat situasi saat ini, kami sangat bangga dengan pencapaian penjualan di semester pertama 2021. Tingginya permintaan pelanggan terhadap model kendaraan Mercedes-Benz mendorong pertumbuhan dua digit kami. Dari Januari hingga Juni. Perilisan model-model terbaru seperti New S-Class, A-Class Sedan dan GLA juga meningkatkan minat para pelanggan,” terang Choi Duk Jun, President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Dalam semester pertama tahun ini, Mercedes-Benz meluncurkan lima model baru. Pada Januari, C-Class Final Edition, kemudian diikuti AMG CLA 45 S 4MATIC+ Coupé pada Maret. Serta New S-Class di Mei. Pengiriman unit kepada pelanggan telah dimulai Juni 2021. Lalu A-Class Sedan dan SUV kompak New GLA yang dirakit secara lokal telah dimulai pada bulan ini. Diperkirakan terkirim ke pelanggan mulai Agustus 2021.

Hasil penjualan kendaraan penumpang Mercedes-Benz dari Januari hingga Juni 2021 menunjukkan minat kuat. Pertama di model SUV (51 persen), yang diikuti dengan sedan (43 persen) serta Vans maupun hatchback (6 persen). Ketiga model paling laris terdiri dari C-Class (18 persen), GLE (15 persen) dan E-Class (12 persen). Kinerja sub brand Mercedes-AMG juga menunjukkan tren penjualan baik, sebesar +13 persen dari semester satu 2020. Model seperti AMG GLE 53 Coupé juga AMG G 63 menjadi kontributor utama. (Alx/Odi)

Baca Juga: BMW M3 dan M4 Datang Langsung Menggoda dalam Spek Competition

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang