Cuma Modal Rp10 Jutaan, Bisa Beli Skutik Honda Bekas Ini

honda scoopy bekas

Sepeda motor jenis matik bekas pantas dibeli kalau dana terbatas. Harga di sekitar Jabodetabek terbilang sangat aman di kantong untuk tahun keluaran (minimal) 2014. Misal patokan harga di kisaran Rp10 jutaan, bisa mendapat tiga opsi skutik merek Honda. Calon konsumen dapat memilah: Vario 125 CBS, Honda Beat CBS dan Scoopy. Namun harus realistis dengan kondisi motor, mengingat dana segitu. Bodi tak terlalu mulus sebetulnya tidak terlalu masalah. Asal kondisi mesin dan transmisi harus dipastikan sehat.

 

Vario 125 CBS 2014 (Rp9 juta – Rp10 jutaan)

Honda vario CBS seken

 

Opsi pertama ialah Honda Vario CBS lansiran 2014. Desain bodi belum terlalu usang sebagai skutik harian. Lampu depan maupun belakang masih mengandalkan halogen. Belum berteknologi LED. Tapi kalau mau ganti, bisa beli merek Philips sekitar Rp140 ribuan. Pendaran lebih fokus dan durabilitas aman.

Mesin Vario 125 cc mampu menghasilkan daya sebesar 11,1 PS di 8.500 rpm. Lalu torsi maksimum diraih 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Skutik ini dapat berakselerasi cukup cepat yakni 12,4 detik untuk mencapai 200 m berikut kecepatan maksimum 100 km/jam. Dengan harga tertera, ia belum memiliki fitur Idling Stop System. Tipe ISS bisa didapat untuk harga di atas Rp10 juta.

 

Honda Beat CBS 2017 (Rp9,3 juta – Rp10 jutaan)

Honda Beat CBS

 

 

Dengan bujet dana maksimal Rp10 jutaan Anda juga bisa mendapat Beat CBS. Namun tahun produksi lebih muda. Yakni keluaran 2017. Spesifikasi secara umum, speedometer analog plus odometer digital. Pendaran cahaya depan memanfaatkan halogen. Kalau lampu mati, harga bohlam sangat murah. Lalu bodinya ringkas dan sangat enak dipakai untuk menyelinap di jalanan macet perkotaan. Ia sudah memiliki elektrik dan kick starter. Rem depan cakram dan belakang tromol.

Beat menggendong mesin 4 langkah, SOHC, eSP, dengan volume bakar 109,5 cc. Sistem suplai bahan bakar pakai injeksi (PGM-FI). Ukuran diameter langkah 47 mm x 63,1 mm. Rasio kompresi 10:1, sehingga mampu memberi daya maksimum 6,6 kW (9 PS) di 7.500 rpm. Sementara torsi maksimum diraih 9,3 Nm (0,95 kgf.m) pada 5.500 rpm.

Baca Juga: Panduan Membeli Honda Vario Bekas, Jangan Terpaku Harga Murah

 

Scoopy 2016 (Rp9,6 juta – Rp10 jutaan)

Honda scoopy bekas

Nah, pilihan selanjutnya ialah Honda Scoopy keluaran 2016. Desainnya cenderung menggemaskan. Bentuk bodi membulat dan masih diberi sentuhan klasik. Rumah lampu depan bundar, berikut panel meter. Skutik ini menyasar kaum muda dan bersifat unisex. Jadi siapa saja tetap pantas mengendarainya. Soal kekuatan dan performa mesin sama persis dari milik Beat, 110 cc. Lontaran tenaga maupun torsi tak beda.

 

Catatan

Salah satu kelemahan skutik bikinan Astra Honda Motor ialah transmisi CVT. Jujur, tak sedikit konsumen mengeluhkan penyaluran tenaga ke roda tak mulus. Faktor pertama penyebab terjadi gredek di skutik karena terdapat kotoran di dalam CVT. Hal itu muncul karena disebabkan banyak hal. Mulai dari lingkungan sekitar seperti debu atau lumpur. Bisa juga karena kampas ganda mulai menipis dan bermasalah. Penyebab kedua, yakni terletak pada rubber clutch damper atau karet penahan kampas ganda yang sudah mengeras. Cermati baik-baik bagian ini sebelum membeli motor matik bekas. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Pilihan Skutik Bekas Murmer Tak Sampai Rp5 Juta, Cocok buat Harian

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan