Daftar Harga Mobil Toyota yang Terkena Potongan PPnBM

Maret sampai Mei 2021 adalah waktu yang pas untuk beli mobil baru. Terutama model-model yang dipastikan mendapat relaksasi PPnBM. Tidak banyak karena sesuai syarat diberikan pemerintah. Paling penting kapasitas mesin di bawah 1.500 cc dan kandungan lokal lebih dari 70%. Lini Toyota paling banyak mendapat penurunan harga. Jenisnya mulai dari LMPV atau mini bus, hatchback city car, kompak SUV, hingga sedan. Tapi, jangan lupa untuk menanyakan diskon tambahan dari diler. Mereka kerap menawarkan itu. Simak detail banderol terbaru, on the road Jakarta.


Toyota Avanza


Toyota Avanza


Yang pertama di segmen LMPV. Avanza serta Veloz jelas mendapat keringanan. Kedua model ini masih menyediakan dua pilihan mesin. Pertama power unit 1.329 cc (1,3 liter) yang memiliki tenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Pilihan mesin kedua berkapasitas 1.496 cc (1,5 liter) 4 silinder. Ia menyuplai tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136,4 Nm pada 4.200 rpm. Kedua mesin ini, baik 1,5 L maupun 1,3 L disediakan dengan dua pilihan transmisi, manual 5-speed dan otomatis 4-speed.


Paling realistis beli Avanza G AT. Pasalnya unit menyediakan dual SRS airbag, rem ABS, headrest dan seat belt 3-titik di semua jok serta ISOFIX. Avanza punya side impact beam pada rangkanya, untuk meredam benturan samping lebih baik. Namun pada unit bekas, tidak diberi audio switch di lingkar kemudi. Urusan pemanja telinga, Avanza punya head unit 2DIN. Anda bisa memutar musik lewat DVD, CD, AUX, USB dan Bluetooth. Kelapangannya pun lumayan. Ia memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, wheelbase 2.655 mm dan jarak pijak tanah 200 mm.


Harga Toyota Avanza Maret-Mei 2021:



  • Avanza 1.3 E STD MT - Rp187,6 juta

  • Avanza 1.3 E STD AT - Rp197,9 juta

  • Avanza 1.3 E MT - Rp189,8 juta

  • Avanza 1.3 E AT - Rp200,2 juta

  • Avanza 1.3 G MT - Rp206,7 juta

  • Avanza 1.3 G AT - Rp216,5 juta


Harga Toyota Veloz Maret-Mei 2021:



  • Veloz 1.3 MT - Rp212,9 juta

  • Veloz 1.3 AT - Rp223,7 juta

  • Veloz 1.5 MT - Rp224,3 juta

  • Veloz 1.5 AT - Rp235,3 juta


Baca Juga: Toyota Raize Segera Masuk Indonesia, Kemungkinan Dilengkapi Toyota Safety Sense


Toyota Sienta


Toyota Sienta


Toyota Sienta mengandalkan jantung mekanis berkode 2NR-FE 1.497 cc 4 silinder. Sudah dibekali teknologi Dual VVT-i. Mesin yang tertancap di bawah bonet ini, punya tenaga 107 PS di 6.000 rpm dan torsi 14,3 kgm di kisaran 4.200 rpm. Soal durabilitas mesin, tak perlu dipertanyakan lagi. Kemudian pabrikan membekali mombil dengan pilihan transmisi manual 6-speed dan CVT. Pilihan ini bergantung pada selera Anda masing-masing. Namun disarankan, penggunaan di jalanan perkotaan seperti Jakarta, lebih praktis memilih tipe CVT.


Untuk memberikan nilai tambah dan mengundang minat konsumen, TAM memberikan sederet fitur. Mulai dari fitur kenyamanan, hingga keselamatan berkendara yang memadai. Lampu utama berteknologi Bi-Beam LED dengan moel projector yang dilengkapi LED clearance lamp dan auto leveling. Lampu belakang juga sudah mengadopsi LED plus LED line guide sebagai pemanis.


Akses penumpang pun sangat mudah berkat power sliding door yang sudah standar mulai dari Sienta tipe G. Nah, Saat Anda mengemudikan Sienta Q, terlihat jelas panel meter lebih canggih dengan pendaran cahaya optitron. Ditengahnya tersemat layar TFT 4,2” sebagai Multi Information Display (MID).


Fitur keselamatan pun juga lebih unggul dengan adanya Vehicle Stability Control (VSC) agar mobil tidak mudah tergelincir di jalanan licin. Kemudian ada Hill Start Assist (HSA) yang sangat membantu di tanjakan. Fitur keselamatan standar juga sangat memadai. Seperti dual airbag yang ditambah airbag untuk lutut pengemudi, Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Kemudian pada sektor hiburan. Sienta memiliki hed unit monitor touchscreen 7 inci. Layar sudah bisa terkoneksi dengan internet atau gadget. Sehingga Anda bisa mengakses playlist dengan mudah atau terhubung dengan web browser.


Harga Toyota Sienta Maret-Mei 2021:



  • Sienta 1.5 V MT - Rp258,1 juta

  • Sienta 1.5 V CVT - Rp274,7 juta

  • Sienta 1.5 Q CVT - Rp294,4 juta


Toyota Yaris


Toyota New Yaris


Yaris facelift terbaru, memakai daya pacu 1,5 liter Dual VVT-i 4 silinder. Unit meyemburkan daya 107 PS di 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.200 rpm. Sebagai penyalur daya itu, ia menggunakan girboks tipe CVT 7-speed. Kemudian opsi lain berupa transmisi manual lima percepatan. Pada model penyegaran, Toyota hanya mengubah kisi-kisi depan. Sehingga apron terlihat berbeda. Grille depan bergaya trapesium lebar, pakai gaya jaring agar terlihat lebih segar. Sorot utama kini berteknologi LED dengan tatanan rumah lampu kian menyipit. Posisi DRL jua ikut berpindah tempat ke dalam lampu utama, mengikuti gaya lini produk Toyota teranyar. Bentuk fog lamp masih bulat cenderung menyiku ke atas.


Di belakang, komposisi tak banyak berubah. Lampu Yaris hatchback facelift mengikuti gaya sedan atau Vios. Sorot merah di buritan menggunakan teknologi diode (LED). Pelek juga masih pakai gaya sama, dual tone 16 inci. Namun pabrikan mengklaim, radius putar lebih pendek menjadi 5,1 meter demi kepraktisan parkir kendaraan. Menengok kabin, ia memiliki MID 4,2 inci enam speaker, keyless entry dan tombol engine start-stop. Tetap pakai paddle shift pada trim TRD. Sayang tata panggung dasbor tidak dirombak.


Bagian kontrol AC pada varian atas serbadigital. Sementara head unit baru menyediakan koneksi smartphone. Tersisip kamera belakang untuk memudahkan parkir, hanya di Yaris TRD. Sebetulnya rear camera bisa Anda dapatkan dengan harga cukup terjangkau di pasar aftermarket.


Bagian pengereman Yaris TRD pakai cakram di semua roda. Tapi tipe G pakai drum di belakang. Lantas teman penghela laju berupa Anti-lock Brake System, Electronic Brake-force Distribution dan BA (Brake Assist). Tak ketinggalan turut dipasang Hill Launch Assist. Sayang, mereka tak membekali Toyota Safty Sense seprti unit di Thailand.


Harga Toyota Yaris Maret-Mei 2021:



  • Yaris G M/T 3 AB - Rp248, 3 juta

  • Yaris G M/T 7 AB - Rp252,9 juta

  • Yaris G CVT 3 AB - Rp258,2 juta

  • Yaris G CVT 7 AB - Rp262,8 juta

  • Yaris TRD MT 3 AB - Rp268,8 juta

  • Yaris TRD MT 7 AB - Rp273,4 juta

  • Yaris TRD CVT 3 AB - Rp279,5 juta

  • Yaris TRD CVT 7 AB - Rp284 juta


Baca Juga: Ragam Kelebihan Toyota Corolla Cross Hybrid yang Membuatnya Pantas Dipertimbangkan


Toyota Rush


toyota rush


Performa Rush didukung oleh mesin berkode 2NR-VE. Spesifikasinya 4 silinder, 16 katup, DOHC (Double Over Head Camshaft) berteknologi Dual VVT-i. Ruang pembakarannya berkubikasi 1.496cc dengan diameter langkah 73,5 x 90,6 mm. SUV ini mampu memproduksi tenaga mencapai 104 ps pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga segitu dinilai cukup untuk menggerakkan mobil melewati berbagai kondisi jalan.


Rush TRD mengantongi peranti Anti-lock Braking System, Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Secured Hill-Start Assist dan Vehicle Stability Control (VSC). Kemudian tersisip enam buah bantalan udara, agar penghuni kabin semakin aman. Di bagian dalam, jok Rush hanya mengandalkan material fabric. Head unit layar sentuh 2DIN memiliki pengaturan audio lumayan dengan multikoneksi. Sedang untuk pendingin kabin, varian TRD punya AC dengan teknologi digital dan climate control.


Harga Toyota Rush Maret-Mei 2021:



  • Rush 1.5 G MT - Rp240,5 juta

  • Rush 1.5 G AT - Rp249,8 juta

  • Rush 1.5 S MT TRD  - Rp251,5 juta

  • Rush 1.5 S AT TRD - Rp260,8 juta


Toyota Vios


toyota vios


Vios mendapat potongan pajak dari pemerintah lantaran kubikasi ruang bakar di bawah 1.500 cc. Ia menggendong mesin bensin empat silinder 16 Valve, DOHC dan pakai teknologi Dual VVT-I. Tarian empat piston sanggup memberi buncahan maksimum 107 PS pada 6.000 rpm. Sementara torsi maksimumnya bisa menuju angka 14.3 Kgm atau 140 Nm di 4.200 rpm. Dengan bantuan sistem fuel injection, urusan bahan bakar menjadi lebih irit dibandingkan sedan di kelasnya. Semua tenaga disalurkan pakai CVT. Opsi lainnya menggunakan manual 5-speed.


Hingga saat ini, Vios memiliki varian G dan E. Masing-masing pilihan memiliki perbedaan yang tak begitu mencolok. Kecuali di bagian girboks dan sejumlah fitur. Rasanya supaya tak tanggung, disarankan ambil jenis G CVT yang memiliki kelengkapan optimal. Selisih harganya juga Rp 65,25 juta dari banderol normal bulan lalu.


Vios generasi teranyar memiliki ukuran panjang 4.425 mm, lebar 1.730 mm, 1.500 mm, dengan jarak sumbu roda 1.550 mm. Memang tidak terlalu besar, tapi pas, sesuai dengan segmen small sedan. Urusan tampilan pun lebih baik dari generasi sebelumnya. Rancangan tubuh terbilang kontemporer. Bumper depan mencolok, semakin membuat sedan ini tampil mengesankan urusan visual. Lampu depan muncul dalam lekukan berani. Tatanam lampu utama LED tampak impresif. Sementara itu bagian lampu belakang masih lumayan oke. Roda berdesain dwiwarna juga memberikan kesan berani juga khas. Sebagai kasta tertinggi ini, ban pakai ukuran 195/50 pelek 16 inci. Pola dual tone dan grille mengaga bikin tampilan tampak premium.


Beralih ke bagian kabin. Ia memiliki cutting-edge pada desain dasbor, sehingga nuansa sporty cukup kentara. Bagian pemanja telinga pakai head unit layar sentuh multikoneksi plus perangkat audio baik. Lingkar kemudia berbalut bahan kulit plus tombol atau audio switch mengontrol saluran musik maupun layar TFT. Kelengkapan macam ini sudah lazim, dan bisa menambah kepraktisan dalam berkendara.


Fitur keamanan lain ikut disematkan. Di antaranya ABS, EBD, Brake Assist, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control atau VSC. Tak main-main, walau kelas small sedan, di varian G memiliki tujuh bantalan udara yang tersebar di dasbor, bagian lutut, juga di tirai jendela. Kelengkapan itu bisa menambah keamanan. Termasuk mengurangi risiko cedera akibat tubrukan atau kecelakaan kendaraan. Kehadiran sabuk pengaman tiga titik juga meningkatkan keamanan penumpang.


Warna yang tersedia ada enam. Mulai dari Dark Blue Mica Metallic, Silver Metallic, Attitude Black Mica, Quartz Brown, Red Mica Metallic dan Dark Grey Metallic. Pada varian G CVT, mobil dilengkapi dengan konsol tengah berteknologi tinggi dan speedometer dengan desain kombinasi. Tersedia pula Saklar Pemanas, USB/ AUX, pengisi daya nirkabel dan Multi Information Display (MID) kontemporer. Nah, itulah semua model Toyota yang mendapat potongan harga lantaran kebijakan PPnBM. Sebaiknya jangan berharap model LCGC mendapat keringanan. Karena mobil murah itu sudah mendapat PPnBM 0 persen sejak muncul di Indonesia. (Alx/Odi)


Harga Toyota Vios Maret-Mei 2021:



  • Vios E MT - Rp252,4 juta

  • Vios E CVT Rp265,4 juta

  • Vios G MT - Rp268,9 juta

  • Vios G CVT - Rp281,6 juta


Baca Juga: Relaksasi PPnBM, Harga Toyota Vios Turun Paling Banyak

Artikel yang direkomendasikan untuk anda