Melalui undangan resmi, Astra Daihatsu Motor segera meluncurkan produk baru pada 2 Juni 2022. Bukan rahasia umum lagi kalau mereka siap melego Sirion facelift dengan segenap ubahan. Bocoran tampilan memang banyak beredar di jejaring sosial saat unit digendong truk, dalam pengiriman. Dan spesifikasi model mudah ditebak lantaran di Malaysia, Perodua sudah merilis Myvi duluan. Jadi, besar kemungkinan, kelengkapan tak berbeda jauh. Toh, ADM juga mendatangkan dari Negeri Jiran.
Dimulai dari bagian yang penting dulu, yakni sektor performa. Daihatsu Sirion dipastikan bakal menggunakan mesin 1,3 liter DOHC empat silinder. Namun seperti Myvi, tenaga ditingkatkan. Dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi, resultan daya terbuncah mencapai 95 PS di 6.000 rpm. Lantas torsi puncak digapai 121 Nm pada 4.200 rpm. Versi lama cuma 90 PS dan 117 Nm.
Transmisi matik juga berubah. Dari semula 4-speed konvensional, beralih menggunakan D-CVT seperti milik All New Xenia. Formulasi ini demi respons cekatan dan penyaluran mulus ke roda depan. Di Malaysia, mesin 1,3 liter diklaim memiliki efisiensi tingkat tinggi, cuma minum bensin 22,2 km/liter dengan mode ECE with Eco Idle. Semoga demikian pula untuk Sirion terbaru.
Ada sejumlah kelengkapan di model lama yang masih dipertahankan Sirion. Facelift 2022 senantiasa mendapatkan sistem keyless dengan tombol start stop. Ada headlamp leveling adjuster, retractable side mirror, front corner sensor, lampu LED plus follow me home, control lock serta rear USB outlet.
Niscaya pelanggan di Indonesia tetap disuguhi rem Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Serta Vehicle Stability Control (VSC) guna mencegah mobil melintir oversteer atau understeer. Front and side airbag tersedia di empat titik. Lalu terpasang isofix dan seat belt reminder buat pengemudi serta semua penumpang. Traction Control juga tak luput dipasangkan.
Baca Juga: Daihatsu Sirion Bekas Tahun Muda, Pilihan Murah Selain City Car LCGC
Kalau mengacu dari Myvi terbaru. Di sektor hiburan, Sirion bakal dibekali head unit 2DIN touch screen audio berlayar besar. Multi-koneksi sudah jadi kewajiban. Namun di model sekarang belum pakai tweeter. Seharusnya hal ini disempurnakan. Terus bagian lain yang tetap ada dalam menunjang kepraktisan. Unit memiliki kamera parkir, ditambah audio & phone handsfree steering switch.
Perodua Myvi sudah berbekal Advanced Safety Assist (A.S.A). Isinya meliputi:
Ini yang belum ketahuan. Akankah Daihatsu Sirion juga dibekali perangkat ASA? Tentu bisa menjadi nilai juga tersendiri. Mengingat, Xenia sudah punya fitur macam itu, walau tak lengkap. Asal tahu, Perodua Myvi 1.5L AV with ASA sebagai varian paling komplet dijual RM58,800 atau sekitar Rp195,5 juta. Semoga di sini bisa seperti itu. Kita lihat saja bagaimana strategi ADM menjajakannya di Indonesia. (Alx/Odi)
Baca Juga: Daihatsu Sirion, Pilihan Selain Honda Brio RS yang Juga Pantas Direkomendasikan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.