Debut 16 Desember, All New Kia Carens Berubah Jadi SUV

2022 Kia Carens

Sosoknya sudah tertangkap kamera dalam balutan kamuflase tebal. Desas-desus beredar menyebut, mobil baru Kia dengan kode KY. Kabar lain juga santer kalau bakal diberi nama Carens. Ya, jenama lawas yang diskontinu sejak 2018. Awalnya mengira menjadi penerus generasi sang MPV kompak. Kenyataan berubah jauh dari ekspektasi. Teaser pun dilayangkan memperlihatkan wujud Kia Carens dalam sebuah sketsa. Ia bertransformasi menjadi SUV.

Meski masih coretan digital, tapi sangat menggambarkan bagaimana sosok Carens generasi keempat. Pola bodi seperti unit kamuflase pun mirip, terutama pilar A, garis atap rata serta tambahan roof rail sangat berkesan SUV. Raut wajah tampil modern lewat desain terbaru Tiger Nose. Mirip muka generasi anyar Sportage dengan model lampu LED unik ala bumerang. Pola sama tergambar di sektor buritan. Secara keseluruhan, tampak begitu menjanjikan rancangan yang mudah disukai.

2022 Kia Carens

Carens memperlihatkan bahasa desain baru 'Opposite United'. Siluetnya bersih tanpa perlu banyak memainkan banyak garis yang bisa bikin berantakan. Dalam hal ini, beda sekali dengan Hyundai. Itulah karakter yang ingin dibangun dari Kia. Dimensi terlihat panjang dengan jarak pilar C dan D lebar menandakan kapasitas 7-penumpang. Postur badan tegap plus cladding hitam di keempat fender bakalan menggoda.

Baca Juga: Hyundai Stargazer 2022 Mulai Uji Jalan di Indonesia, Calon Rival Kuat Avanza, Xpander dan Ertiga

Kia juga merilis sketsa interior. Memperlihatkan satu panel besar selebar dasbor keseluruhan. Kemungkinan terisi layar monitor berukuran 10,25-inci sebagai pusat infotainment. Climate control tersedia agar penumpang bebas memilih suhu diinginkan. Tampak juga tuas transmisi otomatis yang kemungkinan jenis konvensional torque converter 6-percepatan. Serta wireless charging pad di hadapannya. Dari gambar terlihat posisi mengemudi setir kanan. Sebagai gambaran nyata peredaran awal untuk pasar India.

2022 Kia Carens

Sesuai pemberitaan sebelumnya, Kia Carens saling berbagi platform dengan Hyundai Alcazar. Sementara Alcazar adalah versi panjang dari Hyundai Creta yang artinya punya hubungan erat dengan Kia Seltos. Dengan kata lain, Carens bisa disebut versi 7-seater dari Seltos. Meski tak ada relasi langsung karena desainnya jauh berbeda. Menurut pemberitaan media-media di India, tak hanya versi 7-penumpang dijual, tapi juga ada format 6-seater. Bila benar, akan menjadi lawan sepadan Suzuki XL6 di sana.

Belum ada kabar pasti soal jantung mekanis dipakai. Jika tetap terpaku dengan Seltos, maka mudah ditebak. Ada pilihan enjin Smartstream 1,4-liter turbo bertenaga 140 hp beserta transmisi manual dan otomatis. Begitu pula diesel, berupa 1,5-liter e-VGT 115 hp dan torsi 250 Nm. Lengkapnya, nantikan kemunculan perdana pada 16 Desember 2021. (Odi)

 

Baca Juga: Spy Shot Kia Carens Terbaru, Debut Pertengahan Desember di India

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil KIA Unggulan