Spy Shot Kia Carens Terbaru, Debut Pertengahan Desember di India

Kia carens spy shot

Hyundai lagi menyiapkan MPV baru bernama Stargazer. Ternyata Kia juga mengembangkan produk sejenis. Sebuah foto hasil jepretan mata-mata mendapatkan sosok itu di India. Masih dalam terkamuflase utuh dan sulit menebak bagaimana rupanya kelak. Beredar kode nama 'KY' yang mungkin saja nanti akan menyandang nama Carens.

Menurut pewartaan Zigwheels India, model ini bakal mendebut 16 Desember 2021. Dan akan menjadi produk keempat Kia yang dijual di Negeri Bharata sekitar kuartal pertama 2022. Sinyal serupa sesuai jadwal pemasaran Hyundai Stargazer. Bisa jadi keduanya debut dan dilepas ke pasaran dalam waktu berdekatan.

Kia Carens spy shot

Nama Carens menyeruak setelah kedapatan sudah didaftarkan. Semakin meyakinkan kalau ini adalah penerus MPV kompak yang berhenti diproduksi 2018 silam. Melanjutkan sebagai All New Carens dan masuk generasi keempat. Namun basis perakitan berpindah ke India karena permintaan SUV dan MPV sedang tinggi di sana. Ia akan keluar dari lini sama seperti Seltos dan Sonet.

Baca Juga: Totalitas Regenerasi Kia Sportage 2022, Hasilkan Wujud Penuh Pesona

Tak banyak bisa menilai penampilan luarnya. Semua masih terselubung rapat hanya menyisakan celah di lampu depan dan belakang. Menurut media-media di sana, Carens bakal memakai basis Kia Seltos yang juga berarti bersaudara dengan Hyundai Creta dan Alcazar. Boleh dianggap Seltos versi 7-seater dengan aksen SUV tetap kental walau berwujud MPV, seperti Suzuki XL7 juga. Kemungkinan memakai bahasa desain mirip dengan gambaran Tiger Nose mendominasi wajah.

Kia carens spy shot

Format 7 penumpang tidak hanya jadi satu-satunya opsi. Diharapkan juga ada versi 6-seater dengan model captain seat di tengah. Bocoran interior pun sudah beredar dengan memperlihat dasbor modern berisikan monitor layar sentuh sebesar 10,25-inci dan 8-inci. Sementara panel instrumen punya banyak kesamaan seperti Hyundai i20. Paling menarik, Carens akan menjadi mobil pertama di India yang mendukung port charging USB-C di ketiga baris. Sesuatu hal baru mengingat hampir semua smartphone zaman sekarang sudah memakai model itu.

Soal dapur pacu tidak ada berita yang meyakinkan. Namun mudah ditebak bila mengacu Seltos dipakai sebagai basis. Selain platform, mesin Seltos pun bisa sekalian dipakai. Berarti termasuk enjin Smartstream 1,4-liter turbo bertenaga 140 hp beserta transmisi manual dan DCT. Begitu pula diesel, berupa 1,5-liter e-VGT 115 hp dan torsi 250 Nm yang baru saja masuk ke Indonesia lewat Seltos. Sangat menarik melihat kiprah pabrikan Korea Selatan mengembangkan produk mereka di pasar berkembang. Apalagi kalau kelak masuk Indonesia. (Odi)

 

Baca Juga: Kia Seltos Ketambahan Varian Diesel, Apa Kelebihannya?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil KIA Unggulan