JAKARTA – Setelah drama cukup panjang sejak awal tahun, Kawasaki ZX-25R resmi diperkenalkan dan dijual di Tanah Air. Kawasaki Motor Indonesia memperkenalkan motor 250cc berkonfigurasi 4 silinder ini lewat virtual, Jumat (10/7/2020) siang. Rasa penasaran para penggila Geng Hijau akhirnya terjawab juga. Tak hanya soal spesifikasi, tapi juga soal harga jual resminya.
Ada dua varian Kawasaki ZX-25R yang ditawarkan. Tipe standar dijual Rp 96 juta dan versi Special Edition (SE) Rp 112,9 juta on the road. Harga ini berlaku untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang. Secara tampilan perbedaan tipe Ninja 250 cc 4-silinder ini lebih kepada warna. Varian terendah hanya satu opsi warna, yaitu Metallic Spark Black. Sementara buat tipe tertinggi tersedia Lime Green / Ebony (KRT livery), Metallic Spark Black / Pearl Flat Stardust White dan Candy Plasma Blue / Metallic Spark Black.
Unsur yang membedakan tipe standar dengan SE yaitu memiliki tambahan grafis warna. Kemudian beberapa aksesori seperti pillion seat cover / single seat cover, smoked windshield, frame slider, dan wheel rim tape. Selain itu tentu saja fitur yang disematkan juga berbeda.
Baca juga: Catat! Kawasaki Ninja ZX-25R Bisa Dipesan 11-12 Juli 2020
Jantung Pacu
Yang paling ditunggu dari model ini tentunya informasi mengenai jantung pacu. Terungkap bahwa Kawasaki ZX-25R menggunakan mesin DOHC 4-silinder segaris memiliki kubikasi total 249,8 cc. Mesin ini sanggup menggelontorkan daya sampai 49,3 hp pada 15.500 rpm. Sementara torsi maksimalnya mencapai 22,9 Nm di putaran 14.500 rpm. Menurut klaim pabrikan, top speednya mencapai 187 km/jam.
Aa satu hal menarik. Penggunaan ram air membuat powernya bisa naik 1 hp. Lubang udara yang letaknya di depan itu mulai bekerja pada saat motor sudah menyentuh 100 kpj. Jadi asupan udara yang masuk ke mesin dapat meningkatkan kinerja performanya. Hal itu sekaligus mengukuhkan Ninja ZX-25R sebagai satu-satunya motor 250 cc yang menggunakan peranti itu.
Baca juga: Ini Syarat Lengkap Pemesanan Kawasaki Ninja ZX-25R
Teknologi
Seperangkat teknologi dan fitur digunakan. Sebut saja ada KTRC (Kawasaki Traction Control) yang berfungsi menciptakan kenyamanan dalam berkendara serta mencegah ban selip di berbagai tipe jalan. Lalu ada Assist and Slipper Clutch yang terinspirasi dari motor balap, membuat fungsi limitasi torsi sangat baik. Kemudian KQS (Kawasaki Quick Shifter) down/up yang hanya tersedia di varian SE. Fitur itu bekerja saat saat naik maupun turun gigi, jadi tak perlu lagi mengurangi gas dan tarik kopling.
Terdapat pula pilihan mode full atau low power, membuat pengendara dapat mengatur aliran tenaga sesuai dengan kondisi dan preferensi. Dapat dioptimalkan juga pada saat cuaca kurang baik, atau disesuaikan dengan kondisi jalan.
Tak ketinggalan Electronic Throttle Valves (ETV) yang dilengkapi dengan high-spec ECU. Piranti itu dapat mengontrol volume bahan bakar (via fuelinjector) dan udara (via throttle valves) ke mesin, sehingga memberikan respon mesin yang halus. Selain itu membuat pengendaranya dengan mudah menggunakan Kawasaki electronic rider support system seperti traction control, selectable power modes dan dual-direction quick shifter.
Baca juga: Pemesanan Awal Kawasaki Ninja ZX-25R, Cuma 200 Unit!
Rangka
Rangka si Ninja anyar berjantung 4-silinder pakai teralis yang dibuat dengan bahan high tensile steel berkualitas. Desain sasisnya terinspirasi dari motor balap Kawasaki di ajang World Superbike. Dilengkapi dengan part-part terbaik, seperti SFF-BP (Separate Function Fork –Big Piston) 37 mm lanisran Showa di depan dan swing arm banana yang disandingkan dengan horizontal back link monoshock. Komponen itu membuat motor ini menjadi gesit, serta memiliki karakter handling supersport-style untuk di sirkuit dan manuver yang ringan saat di jalan raya.
Bodinya ngepas. Ia memiliki ukuran 1.980 x 750 x 1.110 mm (PxLxT). Wheelbase 1.380, ground clereance 125 mm dan tinggi jok 785 mm. Untuk tangki bahan bakarnya berkapasitas 15 liter. Sementara rodanya menggunakan 110/70-17 dan 150/60-17 (depan-belakang). Dilengkapi dengan rem depan tipe radial-monobloc caliper dan cakram belakang berdiameter 186 mm yang dijepit satu kaliper.
Kawasaki memulai pemesanan di kantor pusat mereka mulai besok, 11-12 Juli 2020. Berbagai persyaratan diberikan. Sedangkan distribusi ke konsumen dilakukan pada Agustus 2020. (Bgx/Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.