Didukung Pemerintah, EV Smart Mobility Juga Berkontribusi Memajukan Ekowisata di Indonesia

EV smart mobility


Jangkauan proyek EV Smart Mobility kini bertambah. Sebelumnya Bali, sekarang merambah kawasan wisata Danau Toba, Sumatra Utara. Upaya ini tak hanya menunjukkan komitmen Toyota mendukung kebijakan pemerintah dalam percepatan pengembangan kendaraan elektrifikasi nasional. Sekaligus menjadi inisiator popularisasi ekosistem kendaraan listrik di Pulau Sumatra.

KEY TAKEAWAYS

  • EV Smart Mobility adalah langkah konkret Toyota dalam penurunan emisi karbon di Indonesia

    Sekaligus memajukan kawasan wisata ramah lingkungan dan bebas emisi
  • EV Smart Mobility adalah langkah konkret Toyota dalam penurunan emisi karbon di Indonesia. Sekaligus bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca Global sebesar 29% pada 2030. Lalu mewujudkan Net Zero Emission pada 2060. Proyek di Bali diklaim sukses dan memberi bukti nyata mobilitas ramah lingkungan. Berjalan sejak 2021, telah dinikmati lebih dari 1.300 pengguna dengan total pemakaian 91.501 kilometer.

    Kalau dihitung, hanya menghasilkan emisi CO2 sebanyak 4 ton dari ketiga kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV). Perbandingan dengan kendaraan konvensional sangat jauh. Dengan jarak sama, bisa menghasilkan 13 ton. Berarti, Toyota mampu mereduksi emisi CO2 sebanyak 9 ton atau 66%.

    EV smart mobility

    Pemerintah sangat mendukung langkah Toyota ini. Dalam acara peresmian, turut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno. Ia menegaskan perlunya mendorong segala upaya mengembangkan lagi proyek seperti EV Smart Mobility.

    "Kita punya 5 destinasi super prioritas dan Toyota memilih Samosir utk meluncurkan EV Smart Mobility. Data dari WEF, Indonesia sekarang melesat melaju meninggalkan Vietnam, Thailand dan Malaysia dari peringkat index pariwisata dunia. Indonesia naik 12 posisi ke posisi 32. Alhamdulillah. Walaupun dengan segala keterbatasan pandemi, karena kebijakan prioritas yang pak Jokowi lakukan, dukungan Pemda, dan dunia usaha serta pemangku kepentingan lainnya. Namun kita tak boleh lengah karena salah satu yang jadi ukuran adalah environmental sustainability atau ramahnya lingkungan. Kita harus betul-betul mendorong upaya-upaya seperti EV Smart Mobility Project dikembangkan lagi," ujar Sandiaga dalam kata sambutannya, (19/7).

    "Saya sangat mendukung, karena Indonesia adalah negara pertama yang meratifikasi Glasgow Climate Exchange 2021 bidang pariwisata. Targetnya, kita mengurangi emisi karbon 50 persen di sektor pariwisata dan Ekraf pada 2035. Net Zero Strategy kita targetkan sebelum 2050 atau 10 tahun lebih cepat dari target nasional," tegasnya.

    Baca Juga: Mobil Listrik Toyota Indonesia Meluncur Tahun Ini!

     

    EV smart mobility

    EV Smart Mobility memberikan pengalaman merasakan produk-produk elektrifikasi Toyota. Khususnya di wilayah wisata ternama Indonesia. Lini model penggerak listrik disediakan, untuk berkeliling area wisata. Seperti di kawasan Pulau Samosir yang merupakan destinasi populer wisatawan lokal maupun mancanegara. Masyarakat dan turis bisa menggunakan kendaraan elektrifikasi Toyota untuk mengelilingi pulau seluas 630 km2.

    Toyota menyiapkan banyak model elektrik. Toyota C+Pod yang merupakan jenis BEV ada 10 unit. Lalu 1 unit PHEV Toyota Prius. Semua unit dilengkapi digital key. Pengguna juga bisa merasakan total digital experience mulai dari pemesanan, pembayaran dan akses untuk menyalakan unit. Semua cukup menggunakan smartphone.

    Infrastruktur pendukung turut disediakan. Seperti 1 stockyard, 1 stasiun pengisian listrik dan 2 sub station. Semua terintegrasi agar 10 rute destinasi wisata dapat dilintasi dengan aman. Toyota C+Pod dapat melewati Tuk Tuk, Tomok, Batuhoda, Parbaba dan Lumban Suhi. Kemudian Prius bisa menjangkau Parapat, Kaldera, Sibe-bea, Pandang Tele dan Efrata.

    “Toyota selalu mendukung langkah pemerintah untuk menggapai netralitas karbon di Indonesia. Melalui multi-pathway strategy, kami bergerak dari berbagai arah dengan beragam pendekatan untuk berkontribusi semaksimal mungkin terhadap visi tersebut, salah satunya melalui EV Smart Mobility Toba. Dan project ini juga merupakan upaya Toyota untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan, sekaligus membangkitkan pariwisata lokal lewat ekowisata,” ucap Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto. (Odi)

     

    Baca Juga: Toyota Mulai Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik di Pulau Sumatra

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test