Dorong Penjualan, ADM Gelar Virtual Daihatsu Festival
JAKARTA – Wabah pandemi COVID-19 berlanjut ke Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kini persiapan beraktivitas kembali menjelang New Normal, mengubah beberapa perilaku. Dalam hal trasportasi misalnya, mobil pribadi kini menjadi salah satu opsi alat transportasi teraman yang dapat diandalkan untuk berpergian. Banyak yang enggan atau khawatir jika harus menggunakan transportasi umum.
Permintaan kendaraan sudah mulai membaik. Hanya saja, pandemi yang belum berakhir, membuat mereka yang ingin melakukan proses pembelian mobil tidak bisa mendatangi outlet. Melakukan pembelian secara digital merupakan salah satu jawabannya. Seperti yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor. Daihatsu menyediakan pelayanan agar Anda dapat tetap aman dan nyaman dalam memesan mobil tanpa harus mendatangi outlet, yakni melalui acara bertajuk Virtual Daihatsu Festival.
Acara ini merupakan ajang bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan mobil Daihatsu secara online menggunakan media digital meeting, yang berlangsung terbatas pada Sabtu, 27 Juni 2020 besok. Acara berlangsung hanya satu jam, yaitu pukul 10.00 – 11.00 WIB.
Pada program ini, Daihatsu memberikan promo dan penawaran menarik, seperti gratis biaya Admin untuk pembelian kredit, gratis Daihatsu Genuine Oil (DGO) untuk penggantian oli mesin selama 1 tahun bagi 500 pemesan pertama, hingga hadiah langsung yang menarik dari Daihatsu. Selain program penjualan, tentunya ada juga acara hiburan di Virtual Daihatsu Festival ini, seperti stand up comedy, talkshow, dan tantangan bagi Sahabat lewat Quiz yang interaktif.
Bagaimana Caranya?
Untuk bergabung pada acara ini, Anda hanya perlu mengunjungi dan mengisi registrasi pada media sosial Daihatsu, seperti pada instagram @daihatsuind, facebook Daihatsu Indonesia, atau bisa juga Klik Disini. Setelah melakukan registrasi, Anda akan mendapat akses berupa link digital meeting untuk dapat bergabung pada acara ini.
Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan di situasi saat ini, Daihatsu berusaha menggunakan sarana digital untuk memberikan layanan pada konsumen. Baik dalam hal pembelian maupun layanan purna jual.
“Lewat Virtual Daihatsu Festival, Daihatsu tidak hanya memberikan pelayanan pembelian mobil dengan program yang menarik, namun juga menyediakan layanan One Stop Solution yang didukung oleh Value Chain Astra, sehingga proses pembelian pun menjadi mudah dan cepat. Keamanan dan kenyamanan Sahabat adalah yang utama bagi Daihatsu,” ujar Hendrayadi Lastiyoso dalam keterangannya hari ini, Kamis (25/6/2020).
Andalkan Sigra dan Gran Max Pick Up
Pasar otomotif nasional selama Januari – Mei 2020 mencapai 260 ribu unit atau dekaden 40 persen dari tahun lalu. Sementara penjualan retail Daihatsu menjadi 48.019 unit atau terjun 39 persen dibanding perolehan 2019. Walau begitu, pangsa pasar perusahaan mengalami kenaikan dari 18 persen year to date Mei 2019 menjadi 18,4 persen YTD Mei 2020. Sementara, pencapaian wholesales ADM Januari – Mei 2020 hanya tersalurkan 49.443 unit. Sontak merosot 39 persen vs 2019.
Daihatsu, kata Hendrayadi, mengandalkan penjualannya pada Sigra dan Gran Max Pick Up. Hal ini karena keduanya berada di segmen yang permintannya cukup lumayan selama pandemi. Penjualan retail Daihatsu secara model, masih tetap didominasi oleh Sigra dengan raihan 13.846 unit, berkontribusi sebesar 28,8 persen. Lalu diikuti oleh Gran Max PU 9.483 unit (19,7 persen) dan Terios 7.687 unit (16,0 persen).
Kemudian Alya terkumpul 5.988 unit (12,5 persen) menyalip penjualan Xenia. Kembaran Toyota Avanza ini cuma terkirim ke konsumen 5.327 unit (11,1 persen). Lainnya ada Gran Max MB (penumpang) yang laku 4.361 unit (9,1 persen). Lalu jujur kunci dipegang Luxio beserta Sirion 1.327 unit atau berkontribusi 2,8 persen. Mereka sebetulnya sudah antisipasi, melakukan penyesuaian aktivitas penjualan. Untuk pembelian kendaraan dilakukan via digital. Yaitu melalui website serta aplikasi Astra Daihatsu Mobile. Namun sepertinya belum banyak menolong.
“Memasuki Juni 2020, sudah banyak area di Indonesia yang melakukan relaksasi PSBB. Sehingga roda perekonomian mulai menggeliat kembali. Kami berharap pasar mobil Indonesia akan membaik seiring dengan peningkatan ekonomi Indonesia,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor dalam laporan bulanan. (Raju)
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Daihatsu Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza
Artikel Mobil Daihatsu dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test