Ford Ranger Raptor 2023 Mendebut Ditenagai Enjin V6 3.0L 397 PS/583 Nm

2023 Ford Ranger Raptor

Upaya Ford merajai pasar pikap sangat serius. Ranger generasi terbaru melewati pengembangan begitu intens. Bukan sekadar memperbarui model lama, melainkan benar-benar merancang dari awal. Bahkan masukan dari konsumen sangat diperhatikan. Kini, varian flagship berimbuhan Raptor telah keluar. Menandakan keluarga Raptor ketiga setelah F-150 dan Bronco. Ia menyimpan potensi begitu besar dari balik bonnet.

KEY TAKEAWAYS

  • Varian flagship berimbuhan Raptor telah keluar

    Menandakan keluarga Raptor ketiga setelah F-150 dan Bronco
  • Ditenagai enjin bensin EcoBoost V6 3,0-liter twin-turbo

    Daya dihasilkan sebesar 397 PS di 5.650 rpm dan torsi 583 Nm di 3.500 rpm
  • 2023 Ford Ranger Raptor

    Perhatian akan langsung tertuju ke pemacu hasil racikan Ford Performance. Berupa enjin bensin EcoBoost V6 3,0-liter twin-turbo. Daya dihasilkan sebesar 397 PS di 5.650 rpm dan torsi 583 Nm di 3.500 rpm. Angka segitu melampaui torehan diesel 2,0-liter bi-turbo EcoBlue sebesar 213 PS dan 500 Nm. Varian ini juga tersedia, tapi masih tahun depan.

    2023 Ford Ranger Raptor

    Jelas, untuk pikap medium high performance Ranger Raptor paling berotot. Tapi itu untuk pasar Australia. Buat Ranger Raptor di Eropa malah dibedakan. Lebih kecil dengan tenaga 292 PS dan torsi 491 Nm. Alasannya untuk memenuhi ambang batas emisi Uni Eropa.

    2023 Ford Ranger Raptor

    Blok silinder mesin V6 terbuat dari bahan besi cor grafit. Klaim Ford, lebih kuat 75% dan lebih kaku 75% dibanding besi konvensional. Turbonya tak kalah istimewa. Memiliki sistem anti-lag yang mampu memberikan boost secara instan. Misalnya di mode Baja, turbo bisa terus berkitir tiga detik setelah pedal gas dilepas. Sehingga momentum tetap terjaga.

    2023 Ford Ranger Raptor

    Penyalur daya mengandalkan transmisi otomatis 10-percepatan. Sistem penggerak empat roda permanen punya transfer case 2-speed dan differential lock elektrik. Ada banyak pilihan mode berkendara tergantung kondisi jalan. Di permukaan mulus tersedia Normal, Sport dan Slippery. Sementara kalau off-road diberi pilihan Rock Crawl, Sand, Mud and Ruts dan Baja. Paling terakhir cocok untuk balapan speed off-road.

    Baca Juga: Ford Mulai Pamer Generasi Baru Everest

     

    2023 Ford Ranger Raptor

    Yang menarik, Ford kasih fitur pengubah suara seperti di Bronco. Melalui katup di saluran gas buang, bisa diatur Quiet, Normal, lebih berisik di Sport dan Baja khusus off-road. Kemudian dilengkapi Trail Control yang pada dasarnya cruise control untuk di medan off-road. Mampu bekerja hingga kecepatan 32 km/jam. Sangat membantu ketika pengemudi butuh konsentrasi penuh ketika bermanuver melewati rintangan.

    2023 Ford Ranger Raptor

    Supaya Raptor mampu menghadapi siksaan berat, beberapa titik sasis diperkuat lagi. Bahkan dudukan shock dipertebal untuk menghadapi tumbukan kuat. Struktur kaki-kaki jelas tak dibiarkan standar. Bagian arm pakai material alumunium ringan dan kuat. Seperti Raptor terdahulu, masih memakai paket shock absorber Live Valve 2,5-inci dari Fox. Lalu travel suspensi naik 290 mm di depan dan 250 mm di belakang. Karakter rebound, spring rate dan travel diracik dengan keseimbangan terbaik untuk on-road maupun off-road. Katanya makin ajeg dan stabil di dua alam.

    2023 Ford Ranger Raptor

    Penampilan Raptor lebih gagah dari Ranger biasa. Ibarat mendapat suntikan steroid agar sesuai dengan kapabilitas di balik kulitnya. Kalau soal desain sesuai basis Ranger terbaru yang kian mirip F-150 dan Maverick. Profil kotak dan tebal mendominasi menghilangkan garis-garis halus dan membulat. Melihat Ranger Raptor terdahulu jadi kurang sangar. Fasad anyar paling berperan. Bentuk serbakotak dipertegas satu palang horizontal melintang dari grille hingga lampu. Sehingga memungkinkan memakai rancangan headlamp C-shape berteknologi Matrix LED. Tak lupa ban ganteng BF Goodrich KO2 wajib mengisi menghias ruang rodanya.

    2023 Ford Ranger Raptor

    Di dalam, Ford memberikan aura sporty, mewah dan mutakhir. Jok terinspirasi jet tempur F22 dibalut material kulit dengan aksen Code Orange. Teknologi tinggi diperlihatkan sistem infotainment berukuran 12-inci di tengah yang telah dilengkapi Ford SYNC 4A. Monitor menyajikan ragam informasi, termasuk data off-road dan statistik berkendara. Kenyamanan indera pendengaran penumpang masih diperhatikan lewat sound system Band & Olufsen.

    2023 Ford Ranger Raptor

    Perakitan terpusat di Thailand dan Afrika Selatan. Ford belum merilis harga dan baru akan dikirim ke konsumen Eropa pertengahan tahun ini. (Odi)

     

    Baca Juga: Generasi Terbaru Ford Ranger Diperkenalkan, Siap Invasi Pasar Global

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Ford Unggulan

    Artikel Mobil Ford dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test