GIIAS 2021: Banyak Mobil Listrik di Pameran, Jokowi Tertarik Jajal Mitsubishi Minicab MiEV, Apa Keistimewaannya?

Jokowi test drive

Berderet mobil listrik mejeng dan bisa dijajal selama GIIAS 2021. Namun rupanya Mitsubishi Minicab MiEV malah menarik perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengendarai langsung EV mungil berkelir putih ini di luar gedung ICE BSD City Tangerang. Turut ditemani oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Betul, kendaraan elektrik besutan Mitsubishi ini bukan barang anyar. Saat menjadi model purwarupa, unit debut di Tokyo Motor Show pada 2011.

“Kami juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid. Tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan. Tadi kami sudah bertemu dengan para CEO dan saya sampaikan apa yang menjadi concern kita dan apa yang harus kita lakukan bersama-sama demi masa yang akan datang,” terang Presiden Jokowi.

Jokowi test drive electric car

Lantas kembali berbincang mengenai Mitsubishi Minicab MiEV. Waktu itu, kedatangannya demi mengakomodasi kebutuhan kendaraan niaga yang memiliki keunggulan manuver di perkotaan serta tidak berisik saat berada di tengah pemukiman. Sangat fleksibel. Ia memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.810 atau 1.915mm. Lalu ukuran wheelbase 2.390 mm. Di Negeri Matahari Terbit, Minicab-MiEV ditawarkan dengan dua varian baterai CD 10,5 kWh high roof dan CD 16 kWh standard roof. Sedangkan unit di booth MMKSI merupakan trim 16 kWh standar roof.

Baca Juga: Motor dan Skuter Listrik yang Dipajang dan Bisa Dijajal

 

Ia mengantongi daya listrik 1.500 Watt DC dan dapat menjadi sumber tenaga dengan menyalurkan daya AC 100 V. Daya angkut maksimal 300 kilogram. Minicab MiEV menggunakan jenis lithium-ion berkapasitas 10,5 kWh atau 16 kWh. Gerak motor listrik mendorong tenaga maksimal 41 PS di 2.500 rpm sampai 6.000 rpm. Lantas torsi tersedia 196 Nm sejak 0-300 rpm. Bagaimana soal kemampuan jarak tempuh?

Joko widodo

Sang EV sanggup melesat 100 kilometer untuk trim CD 10,5 kWh dan 150 kilometer versi CD 16 kWh. Soal kenyamanan mobil niaga kecil ini menggunakan suspensi McPherson strut di depan dan 3-link de Dion di belakang. Fitur keamanan berupa dual airbags serta kontrol traksi. Radius putar sejauh 4,3 meter. Saat Anda menengok ke kabin, tatanan tampak sederhana. Kontur dasbor memang dibuat layaknya kendaraan niaga, berikut AC plus head unit sebagai hiburan. Joknya pun biasa saja, bermaterialkan fabric. Cluster meter digital LCD serta penunjuk penggunaan daya menggunakan analog. Model transmisi pakai tuas dengan fungsi seperti di mobil konvensional yakni: P, R, N, D Eco dan B.

Menurut Mitsubishi, model ini telah membuktikan ketangguhannya di Jepang sebagai kendaraan operasional perusahaan logistik. Untuk memastikan fungsi serta keandalan produk. MMKSI bakal memulai uji coba dengan mitra potensial di Indonesia sebagai operasional mereka. Lantas hasil pengujian digunakan dalam pengembangan kendaraan listrik Mitsubishi Motors di Indonesia. Serta berkontribusi pada pertumbuhan berkelanjutan dari mitra juga masyarakat. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: GIIAS 2021 Makin Diramaikan Mobil Listrik, Ada Apa Saja?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang