GIIAS 2021: Motor dan Skuter Listrik yang Dipajang dan Bisa Dicoba

WMoto

Bukan hanya mobil listrik, motor dan skuter listrik juga banyak dijajakan. Ada yang dari merek besar, startup, sampai komunitas pengguna motor listrik. Mengindikasikan jika cepat atau lambat kita akan beralih ke kendaraan bebas polusi. Nah, buat Anda yang ingin melihat atau bahkan menjajal beberapa motor listrik di GIIAS 2021, kami akan rangkum lengkap line-upnya pada pameran akbar tahun ini.

 

MForce Indonesia

motor listrik di GIIAS

PT MForce Indonesia punya 2 merek motor listrik yang dibawa. Model pertama adalah SM Sport E-Classic, gaya desain yang diusung identik dengan SM Classic bermesin bensin. Desain bebek klasik juga punya kemiripan seperti Honda Super Cub.

SM E-Classic dibekali dinamo listrik berkapasitas 1.500 watt di hub roda belakang. Baterai yang digunakan adalah 60 Vol 27 Ah. Nah, dengan racikan itu, motor bisa berjalan sampai 120 kilometer dengan rata-rata kecepatan 20 km/jam. Kecepatan maksimal bisa dicapai 50 km/jam. Jika tertarik, Anda bisa membelinya seharga Rp31,9 juta OTR. Artinya sudah layak digunakan di jalan raya, dapat STNK dan BPKB.

WMoto Neutron

Yang kedua adalah WMoto. Mereka mengenalkan sekaligus dan menjual Neutron Scooter Electric dengan banderol Rp18,8 juta OTR. Secara umum, tampilan WMoto Neutron tak berbeda jauh dengan motor listrik kebanyakan di pasar Indonesia. Dia memiliki visual modern minimalis.

WMoto Neutron disokong dinamo listrik berkapasitas 1.200 watt dan ditanamkan baterai berdaya 72 Volt 2O Ah. Dengan racikan itu, diklaim bisa menjelajah sampai 60 kilometer dalam keadaan baterai terisi penuh. Tipe baterainya menggunakan model Gripen yang diklaim lebih unggul ketimbang Lithium-Ion. Di bawah dek atau footrest-nya berisikan 6 slot baterai langsung.

Baca Juga: Mengenal Mitsubishi Minicab-MiEV, Mobil Listrik Kompak untuk Niaga

 

Astra Honda Motor

motor listrik di GIIAS

Untuk kategori motor bertenaga listrik, AHM membawa Honda PCX Electric. Sebagai sumber penggerak, ia dibenamkan baterai berkapasitas 20,8 Ah. Daya segitu didistribusikan menuju motor listrik, yang menjanjikan tenaga maksimal 5,6 daya kuda dan torsi puncak 18 Nm.

Soal lama pengecasan, dari keadaan kosong sampai penuh membutuhkan waktu 4 jam dalam metode off board. Baterainya bisa dilepas dan diletakkan di Honda Mobile Power Pack. Sementara jika mengisi dengan metode on board atau dicolok langsung menggunakan sumber listrik rumahan butuh waktu sampai 6 jam.

 

Komunitas Sepeda dan Motor Listrik Indonesia (Kosmik)

motor listrik di GIIAS

Bukan cuma para produsen besar saja yang unjuk gigi soal produk elektrifikasi di lantai GIIAS 2021. Para perusahaan startup yang tergabung dalam komunitas sepeda dan motor listrik Indonesia (Kosmik) tak mau kalah. Setidaknya ada 8 startup yang ikut berpartisipasi dan memajang motor serta skuter listriknya di booth Kosmik. Mereka ialah Quest Motors, Eike, Paladin, Emostra, Elbike, Elders, Katalis, dan Largo.

Para perusahaan startup yang memajang produk andalannya rata-rata mengusung desain yang ikonik dan menarik. Ada yang bergenre skuter listrik, motor listrik, sepeda listrik, maupun motor listrik konversi. Bila Anda penasaran dengan impresi berkendaranya, beberapa line-up dari para startup menyediakan test ride unitnya. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Daftar Sepeda Motor yang Bisa Dicoba dan Cara Mendaftarnya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang