Hankook Ventus S1 Evo3 EV, Ban Standar untuk Mobil Listrik Volkswagen ID.4

VW ID.4 Hankook

Hankook Tire memperluas kemitraan sebagai OEM (Original Equipment Manufacturer). Baru-baru ini produsen ban kesohor asal Korea Selatan itu resmi bermitra dengan Volkswagen untuk memasangkan sol sepatu EV teranyar, VW ID.4. Tentu melengkapi sang SUV elektrik dengan ban yang dikembangkan khusus untuk kendaraan listrik.

“Prototype kendaraan listrik dari VW sudah menggunakan ban Hankook. Kami sangat senang bisa memperluas dan mendukung portofolio sistem berkendara alternatif dengan ban untuk ID.4, bersama Volkswagen, mitra peralatan orinisal kami di tingkat global. Dengan ini, kami ingin memberikan kontribusi penting dalam mobilitas berkelanjutan (sustainable mobility).” ujar Jeongho Park, Executive Vice President and Director of OE Division.

Perlu karakteristik ban tertentu demi menunjang performa baterai dan jarak tempuh serta bobot relatif berat sebuah EV. Termasuk seperti mengurangi hambatan gulir, bobot ringan, serta kapasitas penyangga beban lebih tinggi. Untuk itu, VW ID.4 sendiri akan dilengkapi Ventus S1 Evo3 EV dalam ukuran 18-21 inci yang dirancang khusus untuk mobil listrik. Memiliki karkas dua lapis dengan material serat performa tinggi.

 

Baca Juga: Teknologi Printer 3D Mutakhir Akan Dimanfaatkan Volkswagen untuk Membuat Komponen Kendaraan

Hankook Ventus

Teknologi ini diklaim memiliki stabilitas tinggi dengan bobot relatif lebih ringan untuk ukuran serupa. Tak kalah penting adalah penyesuaian material telapak (tread compound) dengan kapabilitas ekstraksi torsi besar sebuah EV. Berikut pula sembari mengoptimalkan hambatan gulir. Khusus roda 20 inci, diberikan tambahan penguat baja di area bibir pelek (bead) lantaran memiliki dinding lebih tipis. Ini disebut turut berkontribusi atas penguatan sidewall, memastikan gigitan presisi ke pelek, sekaligus suguhkan respons setir sporty dan terarah.

Bukan itu saja, beberapa model Ventus S1 Evo3 EV pada ID.4 ini ditambahkan kemampuan ‘self-healing’. Hadir dalam ukuran 19 sampai 21 inci. Adalah teknologi Hankook Sealguard, diibaratkan seperti Arnold Schwarzenegger di Film The Terminator karena telapak dapat menutup kebocoran hingga 5 mm secara otomatis.

Tentu hal ini menawarkan ketenangan saat misal ban tertusuk paku. Perjalanan tetap dapat dilanjut tanpa perlu mengganti serep. Solutif pula untuk EV sebab tidak perlu bobot tambahan atau mengompromikan ruang atas ban cadangan sehingga efisiensi konsumsi energi tetap terjaga. Teknologi Sealguard ini juga disebut tidak mengurangi kenyamanan ketimbang ban lainnya. Untuk informasi tambahan, hadir juga Hankook Kinergy AS X EV untuk VW ID.4 selain Ventus S1 Evo3.

Bukan kali pertama Hankook menjadi pemasok ban mobil listrik. Sebelumnya Hankook juga siapkan ban standar untuk EV kencang Porsche Taycan. Bahkan mereka juga menjadi pemasok eksklusif dan mitra teknis untuk ajang “ABB FIA Formula E World Series” mulai musim 2022/23 kedepannya. Portfolio terus bertambah dan semakin dipercaya lantaran mereka terus berinvestasi dalam riset dan pengembangan dan selalu siap dengan perubahan industri mobilitas. Selain itu, Hankook pun konsisten menerapkan prinsip ramah lingkungan. (Krm/Odi)

 

Baca Juga: Tampilan Asli Volkswagen ID Buzz Terungkap, Dijadwalkan Meluncur Tahun Depan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Volkswagen Unggulan