Honda CB1000R 5Four Hanya Dijual 54 Unit

Honda CB1000R 5Four

Honda UK dan 5Four Motorcycles bikin motor spesial. Kolaborasi keduanya menghasilkan CB1000R 5Four yang dijual hanya 54 unit di seluruh dunia. Unit dilego £16.954 OTR (Rp 337 juta) melalui dealer Honda lokal di Inggris. Guy Willison berada di balik rancang desain. Sebagai desainer dan pembuat sepeda motor profesional, namanya cukup terkenal dikalangan builder dunia.

Honda CB1000R 5Four merupakan motor naked bike bergaya cafe racer. Unit ini tentu saja mengambil model dasar dari CB1000R. Ia dibangun tanpa ada ubahan pada sasis, mesin, atau elektronik, kecuali penambahan quickshifter OEM. Yang berarti mempertahankan semua karakter berkendara, kompetensi dan kemudahan penggunaan.

Honda CB1000R 5Four

5Four dirakit secara detail meski hanya penambahan beberapa kosmetik. Ubahan visual paling menonjol datang dari cat khusus yang terinspirasi dari 'Honda Endurance'. Secara garis besar mengambil konsep Honda Racing Corporation (HRC) akhir 1970-an dan awal 1980-an di balap ketahanan Bol D'or. Livery ini memiliki warna candy red, blue, dan pearl white. Lengkap dengan logo tangki sayap Honda yang dilukis dengan tangan. Serta lencana edisi terbatas termasuk nomor individu. Ada pula opsi untuk mendapatkan tanda tangan Guy Willison di tailpiece.

Skema kelir ikonik terlihat dari tudung headlamp yang dibuat secara kustom, tangki hingga bagian ekor. Meski penambahan cover lampu depan adalah perubahan paling jelas, Willison mengatakan kalau pekerjaan utamanya dimulai dari bagian belakang motor. “Ini merupakan motor luar biasa yang membutuhkan perawatan dari 5Four. Titik awalnya mulai dari bagian belakang,” jelasnya.

Honda CB1000R 5Four

Buntut tampak rapi dan tidak memiliki braket eksterior sehingga garis-garisnya bersih. Ia juga memasang lampu belakang LED ramping, memungkinkan plat nomor dipasang setinggi mungkin untuk memperlihatkan keseluruhan ban belakang. Di bagian itu juga dilengkapi reflektor. Lokasinya meringkuk di bawah stoplamp berukuran 7 x 5 inci. Berguna kala pemilik tidak memakai plat nomor.

Komponen detail yang membuatnya menarik yakni unit kursi tunggal. Jok kulit lentur hitam dijahit dengan tangan yang mengadopsi pola berlian berwarna merah. Lengkap dengan logo 5Four diukir laser di bagian belakangnya. Tuas kopling dan rem diganti dengan item dari LSL 'Dog Leg' dan dapat disetel sesuai keinginan rider. Kaca spion kecil hitam CNC dari LSL juga melengkapi bagian kokpit.

 

Baca Juga: K-Speed Campurkan Gaya Chopper Bobber ke Honda Monkey

Honda CB1000R 5Four

Untuk menyederhanakan modifikasi, Willison menambahkan hanger di bagian swingarm. Sehingga membuat motor menjadi lebih ramping. Disediakan pula knalpot racefit titanium Growler X yang lebih ringkas dan ringan.

Meski ubahan CB1000R 5Four hanya bersifat kosmetik, estetika yang didapat terasa mewah dan istimewa saat dipakai bepergian. Unit edisi terbatas ini juga dilengkapi dengan sertifikat keaslian yang ditandatangani dan dapat dibeli di Eropa melalui pemesanan.

Honda CB1000R 5Four

Sebagai informasi, CB1000R mengusung mesin 998 cc, DOHC, 4 silinder berpendingin cairan. Dirinya bisa menghasilkan tenaga puncak 145 hp pada 10.500 rpm dan 104 Nm pada 8.250 rpm. Urusan emisi sudah memenuhi regulasi Euro 5.

Jantung pacunya disempurnakan dengan 4 pilihan mode berkendara dan fitur kontrol traksi. Ada Rain, Standard, Sport dan User. Khusus pada tiga mode pengendaraan pertama, terdapat tiga tingkat intervensi untuk setiap mode yang mempengaruhi tenaga mesin, pengereman mesin dan kontrol traksi. Sedang mode User (pengguna) dapat disesuaikan kebutuhan pengendara dan dapat diprogram parameternya.

Honda CB1000R 5Four

Menggunakan sasis tipe backbone berbahan baja, yang dikombinasi swingarm aluminium. Sokbreker depan menggunakan upside down besutan Showa tipe SFF-BP yang dapat diatur. Sementara bagian belakang model mono shock yang bisa disesuaikan dan rebound. Sistem pengereman menggunakan cakram ganda berdiameter 310 mm dengan kaliper empat piston untuk roda depan. Belakang pakai single disk 256 mm yang dijepit kaliper dua piston. Masing-masing telah dilengkapi fitur ABS.

Untuk fitur terdapat panel instrumen digital layar TFT berukuran 5 inci. Bisa menampilkan beberapa informasi standar, termasuk informasi penting seperti mode berkendara dan indikator gear. Ditambah teknologi fitur sistem kendali suara yang dinamakan “Honda Smartphone Voice Control System”. Memungkinkan pengendara untuk mengkoneksikan smartphone dengan motor melalui sambungan Bluetooth. Di bawah jok pun sudah tersedia port USB Charger, bisa mengisi daya gawai ketika diajak touring. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Astra Honda Motor Keluarkan Motif Baru CBR250RR

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Anjar Leksana . 25 Mar, 2024
  • Promo Ramadan, Diler Motor Honda Ini Kasih Diskon hingga Rp5 Jutaan
    Promo Ramadan, Diler Motor Honda Ini Kasih Diskon hingga Rp5 Jutaan
    Anjar Leksana . 14 Mar, 2024
  • Instruktur Safety Riding AHM Dapat Gelar Terbaik di Kawasan Asia-Oceania
    Instruktur Safety Riding AHM Dapat Gelar Terbaik di Kawasan Asia-Oceania
    Zenuar Yoga . 04 Mar, 2024
  • AHM Kasih Paket Pelatihan Berkendara Buat Pemilik Motor Listrik Honda EM1 e:
    AHM Kasih Paket Pelatihan Berkendara Buat Pemilik Motor Listrik Honda EM1 e:
    Zenuar Yoga . 01 Mar, 2024
  • IIMS 2024: AHM Memperkenalkan Skuter Listrik Honda SC e: Concept
    IIMS 2024: AHM Memperkenalkan Skuter Listrik Honda SC e: Concept
    Zenuar Yoga . 17 Feb, 2024
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 16 Jan, 2024
  • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
  • Safety Riding Offroad Berujung Terabas Menembus Karst Citatah Bersama Honda CRF150L
    Safety Riding Offroad Berujung Terabas Menembus Karst Citatah Bersama Honda CRF150L
    Zenuar Yoga . 03 Agu, 2023
  • Seleksi Yamaha NMax 155 Vs Honda PCX 160, Siapa yang Layak Dibeli?
    Seleksi Yamaha NMax 155 Vs Honda PCX 160, Siapa yang Layak Dibeli?
    Bangkit Jaya Putra . 14 Jul, 2023
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
  • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
  • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022
  • Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
    Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
    Bangkit Jaya Putra . 29 Mar, 2022