Honda CR-V 2021 dengan Fitur Honda Sensing Resmi Meluncur

Setelah hampir setahun absen, akhirnya PT Honda Prospect Motor luncurkan mobil baru (18/2). Tidak tanggung-tanggung, tiga mobil sekaligus dirilis bersamaan dalam seremoni virtual. Salah satunya apalagi kalau bukan, Honda CR-V facelift.  


Ya, sudah waktunya SUV legendaris Honda mengalami pembaruan. Generasi kelima tercatat sudah beredar sejak 2016. Berarti hampir lima tahun tanpa perubahan berarti. Belum lagi model facelift sudah meluncur duluan di Vietnam dan Thailand pada Juli tahun lalu. Sudah semakin mendesak versi baru segera dikeluarkan Honda. Namun pandemi Covid-19 menghambat itu semua. Strategi produk baru Honda baru berjalan mulai 2021 ini.


Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Penyegaran yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Tak terlalu membawa kejutan luar biasa, karena sudah terprediksi dari model dipasarkan di Negeri Gajah Putih. Melihat tampilannya barunya pun sama persis. Ubahan terpusat di area fasad, dengan mempermak grille dan bemper. Misal bentuk kisi-kisi heksagonal terselip plang hitam horizontal. Lapisan kromium berkurang dan lebih memperbanyak hitam glossy. Lalu bemper sekitar lampu kabut baru seolah membentuk satu bagian utuh.


Desain pelek juga berganti khusus tipe 1.5 Turbo. Ukurannya tetap 18 inci dengan profil ban 235/60, tapi memakai rancangan baru berbentuk kembang. Kemudian bagian buritan sepintas tak berubah. Detailnya hanya membuat mika lampu menjadi lebih gelap.


Tidak ditemukan sesuatu yang baru dari interior. Paling signifikan, pemakaian layar TFT ukuran 5 inci sebagai pusat informasi berkendara. Selebihnya sama saja. Head unit berupa monitor layar sentuh berukuran 7 inci. Bukan seperti di pasar Thailand yang diberi touchscreen sebesar 9 inci. Tak mengapa, kelengkapan termasuk memadai. Bisa terkoneksi dengan Smartphone dan Bluetooth, termasuk berbagai pemutar format audio.


CR-V facelift


Jantung mekanis tetap setia dalam dua pilihan: 2,0-liter naturally aspirated dan 1,5-liter turbocharger. Versi non-turbo sebagai varian termurah masih ada. Ditenagai mesin 4-silinder 2,0-liter i-VTEC penghasil daya 154 PS dan torsi 189 Nm. Tentu tak sebanding dengan keluaran mesin VTEC Turbo 1,5-liter. Torehannya mencapai 190 PS dan torsi maksimal 240 Nm. Semuanya hanya disajikan bersama transmisi CVT.


Paling istimewa datang dari varian tertinggi Prestige. Khusus tipe ini, Honda memasang fitur keselamatan paling mutakhir Honda Sensing. Seperangkat sistem terus aktif menjaga laju kendaraan agar tidak terjadi kecelakaan. Di dalamnya termasuk Lane Keeping Assist System (LKAS) yang menjaga mobil agar tidak keluar jalur. Kemudian Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF) dan Collision Mitigation Braking System (CMBS).


Beberapa fitur keselamatan dan keamanan di varian lain tetap lengkap. Misalnya Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX & Tether, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS). Lanjut Motion Adaptive EPS, Brake Override System, ABS + EBD, Brake Assist (BA), Parking Brake, Electric Parking Brake, Auto Hold Brake, Cruise Control plus Paddle Shift.


Sebagai peningkat kenyamanan, ditambahkan juga Remote Engine Start. Menyalakan mesin bisa dari jauh melalui tombol di remote. Lalu tersedia sensor wiper otomatis, Rain-Sensing Wingshield Wiper. Dan baru pertama kali juga tersedia Hands-Free Access Power Tailgate. Membuka pintu bagasi hanya melalui ayunan kaki di bagian bawah bemper.


Dengan segala perubahan itu, tentu ada penyesuaian terhadap harga jual. Berikut harga Honda CR-V 2021 on the road wilayah Jakarta: (Odi)


Honda CR-V 2.0 L i-VTEC Rp 489.000.000


Honda CR-V 1.5L Turbo Rp 522.500.000


Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige Rp 577.000.000

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Jelajahi Honda CRV

Tampak Depan Bawah Honda CRV
Honda CRV Rp 489 - Rp 577 Juta Cicilan Mulai : Rp 11,16 Juta
Lihat Promo