Honda HR-V Generasi Baru Bakal Punya Model Sendiri untuk Pasar AS?

Sudah dipastikan Honda HR-V generasi selanjutnya debut 18 Februari. Crossover yang amat dinanti kehadirannya dalam skala global. Teaser resmi sudah disiarkan, begitu pula foto mata-mata hasil jepretan para paparazzi. Namun kabar terbaru tampaknya tidak hanya sebatas regenerasi. Sebab akan lahir sebuah spesies HR-V lain dari yang sudah siap dikenalkan.


Dari teaser saja menampilkan ubahan signifikan dari model eksis. Yang bertahan, konsep crossover lima pintu dengan cipratan nuansa kupe lewat atap melandai. Selebihnya dipastikan berbeda hingga hal mendetail bila mengacu bocoran spyshot. Besar kemungkinan tidak ada lagi profil tubuh membulat, digeser ke pahatan mengotak dan boleh jadi terlihat lebih macho.


Kendati begitu, besar kemungkinan lenggok nya berbeda di market Amerika Serikat. Melansir Motor1, American Honda Motor Co, Inc memutuskan bakal lahirkan spesies khusus market AS. Dalam pernyataan mereka berkata, "Pengembangan penerus Honda HR-V untuk pasar AS sedang berjalan. HR-V teranyar ini akan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan berbeda pelanggan AS dan akan membedakan dari Honda Vezel/HR-V yang siap dikenalkan di regional lain.”


2022 Honda HR-V


Entah seperti apa bentuknya, niscaya terdiferensiasi kalau mengacu pernyataan tadi. Honda Amerika sendiri baru akan membeberkan informasi ketika sudah mendekati momen peluncuran. Well, dapat diprediksi bahwa tubuh HR-V spek AS akan lebih besar. Diwajarkan bila melihat karakteristik konsumen sana yang doyan mobil gambot sejak dahulu.


Pun bukan pertama kalinya sebuah pabrikan otomotif melahirkan anggota spesifik pasar AS bertubuh besar. Tak terkecuali Honda. Sebelumnya, strategi serupa sudah terlaksana pada Odyssey sejak era 1990-an akhir. Tepatnya di generasi kedua, mereka ciptakan model dengan ruang lebih lapang ketimbang versi Jepang dan regional lain. Hal itu pun terus berlanjut hingga saat ini sehingga tersedia dua versi Odyssey di dunia.


Besar kemungkinan HR-V mengikuti jalan cerita Odyssey. Lahir spesies baru berukuran lebih besar dan disokong mesin lebih kuat. Kendati begitu, saat ini informasi masih sangat terbatas, wujudnya saja belum diketahui seperti apa. Tapi yang jelas, HR-V akan menjadi salah satu model penting di AS. Produksinya ditingkatkan seiring Honda Amerika menyuntik mati Fit, Civic Coupe, dan Accord bertransmisi manual setelah MY 2020. Ia pun dijadikan “model ‘pintu masuk’ teranyar merek Honda yang menawarkan utilitas, performa, dan nilai signifikan.”


2021 Honda HR-V


Fakta Sejauh Ini


Terlepas dari model AS, suksesor dari HR-V atau dikenal juga sebagai Vezel telah siap mendebut. Dalam situs resmi pun tercantum tanggal peluncuran global, 18 Februari 2021. Tidak lagi menjadi rahasia besar, awal Januari pernah tertangkap basah dalam balutan kamuflase. Tampak benar-benar segar, berubah signifikan dari versi eksis.


Kabarnya, generasi ketiga HR-V dibangun di atas susunan rangka anyar. Disebut Honda Architecture, merupakan metode pembuatan mobil baru pabrikan. Evolusinya, dirumorkan HR-V menawarkan ruang kabin lebih lapang lantaran jarak antarsumbu bertambah 50 mm. Andai terjadi, ruang kabin belakang dipastikan semakin leluasa.


Urusan pemacu, sudah saatnya HR-V menguatkan posisi Honda di era elektrifikasi. Teknologinya mungkin sudah tidak asing. Adalah pemanfaatan sistem hybrid dual motor e: HEV seperti bisa kita temukan pada Jazz/Fit dan City. Jika serupa Jazz/Fit teranyar, tersemat enjin empat silinder 16 katup DOHC i-VTEC siklus Atkinson berkapasitas 1,5 liter, dikombinasi dua motor listrik sebagai penggerak dan generator listrik. Memungkinkan mode penggerak full elektris, tambahan daya listrik dari motor pembakaran internal, atau sepenuhnya didorong mesin konvensional. (Alx/Odi)


Sumber: Motor1

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Jelajahi Honda HRV

Tampak Depan Bawah Honda HRV
Honda HRV Rp 301,6 - Rp 420,8 Juta Cicilan Mulai : Rp 6,88 Juta
Lihat Promo