Honda N7X Concept Debut Global di Indonesia, Menyimpan Potensi BR-V Generasi Baru

Debut global mobil baru Honda tersingkap selubungnya. Tidak disebut generasi baru BR-V maupun Mobilio. Melainkan sebuah konsep SUV 7-seater diberi nama N7X. Singkatan dari New 7-Seater eXcitement, diklaim hasil menggabungkan keunggulan lapangnya kabin MPV dan ketangguhan SUV.


Tak banyak bisa dikorek soal rencana konsep ini. Segala informasi soal teknis mau rencana produksi massal, masih terkunci rapat. Yang pasti Honda N7X Concept dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. Berdasarkan studi konsumen di berbagai negara dan tentunya melibatkan tim Indonesia juga. Hasil risetnya termasuk menyesuaikan kebiasaan berkendara masyarakat Indonesia, dan seperti apa mobil yang diinginkan maupun diharapkan konsumen sini.


Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor berkata (3/5), “N7X adalah konsep kami tentang bagaimana seharusnya sebuah mobil 7-seater, yang tidak hanya menawarkan performa berkendara menyenangkan, tetapi juga ketenangan dan kenyaman sebuah mobil premium untuk seluruh penumpangnya. Kami sangat bangga menjadikan Indonesia sebagai yang pertama di dunia untuk memperkenalkan N7X Concept, sebuah konsep yang akan mendefinisikan ulang mobil di kategorinya dan juga kesenangan berkendara.”


Honda N7X Concept


Jelas ada tujuan utama mengapa dikenalkan pertama kali di Indonesia. Seperti diutarakan Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM). Mobil konsep ini dikembangkan untuk Indonesia karena pasarnya besar. "Pasar SUV trennya sendiri sedang meningkat dibandingkan MPV. Tapi sekarang mobil konsep ini tidak mengacu ke model tertentu. Soal produksi belum dapat kami beritahukan. Karena ini world premiere dan riset di Indonesia, maka ada potensi besar produk ini dibuat di Indonesia," ujarnya.


Sekian banyak pertanyaan soal model produksi tidak terjawab. Mulai dari fitur teknologi, fitur, platform hingga mesin, belum dibuka sama sekali. Ditegaskan kalau masih berupa konsep yang memperlihatkan desain eksterior. "Untuk excitement berikutnya, tunggu saja di GIIAS 2021," pungkas Billy.


Ya, bisa jadi model produksi bakal diungkap saat palagan akbar itu berlangsung. Seperti pernah Honda lakukan di konsep terdahulu, pasti akan menjadi produk massal yang dijual ke pasaran. Ambil contoh Honda Small RS Concept. Kemunculan di IIMS 2018 berlanjut menjadi Honda Brio generasi kedua. Pola sama bisa berlanjut seperti N7X Concept ini. Mungkin saja masih berupa konsep yang ditawarkan, atau sudah bisa dibeli. Kita tunggu saja.


Desain Sesuai Prediksi


honda N7X concept


Terbesit sedikit informasi soal dimensi. Dikatakan Yusak Billy, dimensi N7X Concept lebih besar dibanding BR-V dan Mobilio model sekarang. Dari segala sisi, lebih besar, lebar dan tinggi. Melihat wujudnya pun begitu kental unsur SUV-nya. Memang tampak besar dan panjang, sebagai bentuk akomodasi setara MPV. Yang sangat mengejutkan, ternyata mirip hasil rekaan gambar OTO.com pada Februari lalu.


Moncong tebal mengotak begitu gagah. Semburat wajah maskulin berasal dari grille superbesar yang terhubung ke headlamp. Guratnya mengikuti bahasa desain Honda terkini yang dapat dilihat terjemahan sama di fasad Honda Accord dan City Hatchback RS. Penampang bagian atas grille melebar hingga lampu. Menjadi satu bagian terselip untuk menyisakan area daytime running light (DRL) Berbentuk menyiku. Jenis lampu utama terlihat jelas menggunakan LED.


Aliran garis samping berubah total. Kini dibuat sederhana lewat satu tarikan tegas dari lampu depan hingga belakang. Persis seperti garis elemen desain City Hatchback RS. Begitu pula beltline yang kini lurus menghilangkan undakan. Dibuat sejajar dengan body line. Terbesit sedikit desain BR-V lama. Tepatnya pilar D berikut bentuk jendela. Bagian ini amat sulit dibantah kalau ia generasi baru sang LSUV.


Bentuk bokong pun sesuai reka gambar. Dua tail lamp terpisah tanpa ada penghias di tengahnya. Membuat desain buritan tampak bersih dan simpel. Cukup enak dilihat bagi yang tidak suka gaya ramai. Hiasan rear skid plate berwarna perak, begitu juga side skirt dan front skid plate, mencirikan BR-V trim Prestige model eksis. Apakah cocok jadi generasi terbaru, sila nilai sendiri? Kalau mau melihatnya lebih jelas, Anda bisa sambangi Honda Dreams Cafe di Senayan Park, Jakarta. (Odi)

Jelajahi Honda BRV

Tampak Depan Bawah Honda BRV
Honda BRV Rp 251,2 - Rp 293,8 Juta Cicilan Mulai : Rp 5,73 Juta
Lihat Promo

Artikel yang direkomendasikan untuk anda