Honda Luncurkan Motor Listrik Cub e: di Cina, Desain Paten Sudah Terdaftar di RI

Honda Cub e

 

KEY TAKEAWAYS

  • Versi listrik Honda Cub memiliki desain klasik modern

    Kemungkinan dijual di Indonesia cukup besar, karena sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham
  • Di Cina, Honda merilis tiga motor listrik baru bertema: Electric Evolution, Colorful Future. Mereka menyebutnya sebagai Honda e:. Secara umum bentuk bodi dan paras mirip dengan rancangan jenis sepeda motor ICE. Ada Cub e:, Dax e:, Zoomer e:. Dan yang menarik, salah satu unit terdaftar pada 2 November 2022 di Indonesia. Tepatnya di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

    Kalau dilihat di laman pemerintahan itu. Tertera judul desain Honda Cub e: sebagai motor skuter dengan nomor pemohon A00202203504. Alamat di Minami-Aoyama, Minato-ku, Tokyo, Jepang. Sebetulnya pendaftaran ini wajar dilakukan pabrikan otomotif secara global. Karena boleh jadi bertujuan menghindari plagiasi desain yang kerap dilakukan produsen lain. Apakah masuk ke sini? Tetap ada kans, tapi belum bisa menjadi patokan unit bakal dirilis dalam waktu dekat di Indonesia.

    Mari selisik lebih dekat. Honda Cub e: di Tiongkok dikategorikan sebagai electric moped (EM). Bentuknya seperti skuter matik, namun bisa kita lihat produsen memberikan sepasang pedal. Jadi, kalau Anda kehabisan baterai, masih bisa dikayuh untuk menempuh jarak tertentu. Walau dinamo penggerak terpasang di roda belakang. Tapi terpasang rantai yang sambung dengan crank depan.

    Baca Juga: Pilihan Motor Mini yang Bikin Jadi Pusat Perhatian

     

    Visual Honda Cub e: apik. Ada kesan klasik nan kontemporer. Sorot lampu utama menggunakan LED ditambah DRL melingkar. Bentuk seperti Super Cub 125. Sepasang lampu sein menempel di batok kepala. Meter cluster sepenuhnya digital, untuk mengetahui kecepatan melaju motor serta indikator setrum di baterai.

    Suspensi depan pakai tipe teleskopik atas ditemani rem cakram. Belum diketahui, tapi sepertinya pelek (cast wheel) berukuran 14 inci seperti di model ICE. Dek tengah digunakan sebagai tempat baterai. Ia hanya mengusung pelana tunggal. Bodi tengah seolah terpotong, hanya menyisakan lengan ayun dan sepatbor belakang. Untuk melesat hanya di bawah 30 km/jam saja. Untuk warna ada abu-abu muda, krem, merah dan putih. Semua sayap dikelir putih.

    “Dengan menambahkan fungsi dan peralatan canggih ke dalam desain khas model sebelumnya. Kami bertujuan untuk memberikan rasa nilai baru. Serta menyuguhkan lebih banyak kejutan dan pilihan bagi konsumen muda di Cina. Selain itu, ketiga model ini merupakan cikal bakal dari rencana peluncuran total 10 sepeda motor listrik secara global pada 2025,” ucap Honda dalam keterangan resmi. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: AHM Segera Keluarkan Roadmap Baru, Jual Sepeda Motor Listrik Tahun Ini?

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test