Honda PCX Segera Diupgrade, Ini Beberapa Fitur Barunya
JAKARTA, Motovaganza.com -- Tak kurang tiga tahun Honda PCX belum juga bertransformasi. Jangankan mendongkrak mesin. Berganti baju saja tidak. Paling hanya menambah warna baru. Padahal rival utamanya, Yamaha NMax, sudah lebih dulu melakukan update berbagai sektor. Yang jelas membawa tulang punggung pabrikan garpu tala semakin unggul – baik dari segi teknis maupun fitur. Namun sepertinya Honda tengah menyiapkan teknologi baru.
Beredar kabar bahwa PCX baru nantinya memakai mesin eSP milik SH150i versi 2020. Meski sejauh ini masih bersifat prediksional, namun masuk akal. Dapur pacu itu rasanya relevan untuk mengalahkan Yamaha. Tak lain karena kubikasi cukup besar serta jumlah katup bertambah.
Mesin satu silinder liquid cooled, SOHC, eSP dengan kapasitas 156,9 cc itu, memiliki empat katup. Serta rasio kompresi 12:1 (padat) dan diameter silinder 60 x 55,5. Berdekatan dengan spesifikasi milik NMax.
Output yang diciptakan juga tergolong impresif. Tercatat tenaga 15,9 hp pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Ini sudah melebihi lawan. Bahkan signifikan. Meski torsinya sedikit lebih kecil. Secara bersamaan, konsumsi bahan bakarnya pun diklaim mencapai 43,5 km/liter.
Baca juga: Honda PCX Berdandan, Punya 2 Warna Baru
Teknologi
Teknologi anyar milik SH150 juga dipakai. Misalnya, sistem kontrol traksi. Disebut dengan HSTC (Honda Selectable Torque Control). Ya, mungkin tak bakal seperti line-up lain yang memiliki banyak tingkatan sensitivitas. Tapi setidaknya, jika fitur itu hadir, bisa menjawab keinginan konsumen dan menyuguhkan pengalaman berkendara baru. Nah, yang tak kalah menarik, ubahan juga dilakukan pada strukturnya. Ya, apalagi selain konstruksi baru bertajuk eSAF (enhance Smart Architecture Frame). Model seperti ini telah menempel di lini anyar entry level mereka, termasuk BeAT dan Genio. Frae ini berhasil mereduksi bobot cukup signifikan. Katakanlah jika berkurang 8 persen - sama seperti tipe lain - translasi tenaga besar tadi pastinya lebih optimal. Baca juga: Yamaha NMax Connected/ABS Dijual Rp 33,75 Juta, Ganggu PCX dan ADV 150Fitur
Selanjutnya soal fitur. Instrumen digital PCX kini sebetulnya sudah cukup lengkap. Sajian informasinya menunjang. Tapi ada satu yang tak ia punya, yakni konektivitas smartphone. Seperti kita tahu, NMax varian tertinggi sudah punya Y-Connect. Dan prediksi soal penyematan perangkat inipun lagi-lagi masuk akal. Mengingat fasilitas semacam itu makin lumrah ada di segmen skuter 150 cc. Jika benar semua padanan tadi diaplikasikan ke PCX, sepertinya Yamaha perlu berhati-hati. Memang masih belum diketahui kapan Honda bakal merilis PCX baru ini. Namun banyak sumber mengatakan, akhir 2021 menjadi momen ia meluncur. Mungkin mereka membutuhkan waktu untuk riset terlebih dulu. Tapi siapa yang tahu jika tiba-tiba Honda memberi kejutan dalam waktu dekat. Kita tunggu saja. Sumber: Greatbiker Baca Juga: Inikah Teknologi Honda PCX Baru? HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIANArtikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test