Pilihan Skuter Matik 125 cc Terjangkau Rp20 Jutaan

harga yamaha fazzio

Pilihan skuter matik (skutik) kelas 125 cc dengan harga sekitar Rp20 jutaan semakin beragam. Model-modelnya pun variatif, mulai dari yang berpenampilan tangguh, sporty, hingga modern klasik. Namun, setiap unit hadir dengan keunggulan tersendiri, termasuk inovasi mesin, fitur, teknologi, dan desain yang trendi. Berikut daftar pilihannya.

Yamaha X-Ride

Yamaha X-Ride 2022

Salah satu pilihan dari Yamaha adalah skutik berwajah tangguh, X-Ride, yang ditawarkan dengan harga Rp20,2 juta on the road (OTR) Jakarta. Tersedia dalam warna Cyan Yellow, Black Red, dan Sand.

Skutik urban ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung penggunaan sehari-hari, seperti sistem Answer Back, lampu hazard, saklar samping, serta Forged & Diasil.

Mesinnya dilengkapi dengan teknologi Blue Core berkapasitas 125 cc, dengan daya maksimal 9,3 hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Selain itu, skutik bertema petualangan ini juga dilengkapi dengan suspensi sub tank, ban tubeless, dan setang yang lebar. Lampu depannya sudah menggunakan LED dan daytime running light (DRL).

Yamaha Fino 125

Yamaha Fino 2021

Yamaha Fino 125 tersedia dalam tiga varian berbeda: Sporty, Premium, dan Grande yang paling mahal. Harga yang ditetapkan beragam, dengan Sporty dan Premium seharga Rp20,4 juta, sementara varian Grande seharga Rp21,610 juta OTR Jakarta.

Motor ini memakai mesin SOHC 125 cc satu silinder dan teknologi Blue Core, yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 9,5 hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Terdapat dua opsi starter, yaitu electric dan kick starter.

Fitur-fiturnya meliputi Smart Stand Side Switch, Smart Lock System, dan Advanced Key System (AKS). Di bawah tempat duduk, terdapat tangki bahan bakar berkapasitas 4,2 liter dan ruang bagasi sebesar 8,7 liter. Varian Grande dilengkapi dengan LED Headlight dan Stop & Start System (SSS). Motor ini menggunakan roda 14 inci dengan ban tubeless lebar, berukuran 80/80 di depan dan 100/70 di belakang.

Yamaha FreeGo

Yamaha FreeGo Connected

Yamaha FreeGo tersedia dalam dua varian: standar yang dibanderol Rp21,7 juta dan Connected seharga Rp23,5 juta OTR DKI Jakarta. Varian Connected menawarkan warna elegan dan premium seperti Matte Green dan Prestige Silver, sementara varian standar hadir dalam Matte Blue, Metallic Red, Metallic Yellow, dan Matte Black.

Mesin Blue Core 125 cc SOHC 4-tak, 2 katup, berpendingin udara, dan injeksi bahan bakar, menghasilkan tenaga 9,5 hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm. Dilengkapi dengan sistem SMG (Smart Motor Generator) yang beroperasi secara senyap.

Fitur-fiturnya meliputi "Blue Inner Lens" pada LED Position Light, ban tubeless lebar, lampu hazard, bagasi 25 liter, Spacious Front Pocket, hook, Smart Front Fuel, Stop & Start System, dan Electric Power Socket. Untuk varian tertinggi, dilengkapi dengan Smart Key System (keyless), Answer Back System, dan lainnya.

Yamaha Fazzio

yamaha fazzio neo

Skuter bergaya retro ini tersedia dalam dua varian dengan desain yang ringkas dan modern. Varian Neo dihargai Rp22,7 juta dengan pilihan warna Orange, Red, Yellow, Mint, dan Dull Blue. Sementara itu, versi Lux Connected dijual seharga Rp23,350 juta OTR DKI Jakarta, tersedia dalam warna Black, Prestige Silver, dan White Pearl.

Mesinnya berkapasitas 125 cc, satu silinder, SOHC, dengan pendingin udara dan sistem injeksi. Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 8,3 Hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Skuter ini dilengkapi dengan sistem starter elektrik dan kapasitas pelumasan mesin sebesar 0,80 liter.

Fitur-fiturnya termasuk headlamp LED, Answer Back System, smart key (tanpa kunci), Electric Power Socket, Double Hook model karabiner, One Push Start, Smart Lock, dan Hazard Lamp. Kapasitas tangki bahan bakar adalah 5,1 liter dan bagasi berukuran 17,8 liter.

Panel instrumennya sepenuhnya digital dan dilengkapi dengan Y-Connect, memungkinkan gawai pengendara terhubung dengan skuter, fitur ini khusus untuk varian Lux Connected.

Selain itu, skuter ini juga dilengkapi dengan Stop & Start System yang mematikan mesin secara otomatis saat idle lebih dari 3 detik. Skuter ini juga memiliki label hybrid, dengan teknologi yang berfokus pada peningkatan akselerasi awal dan efisiensi bahan bakar. Fitur ini aktif ketika indikator Electric Power Assist Start di panel instrumen menyala.

Yamaha Grand Filano

Yamaha Grand Filano

Grand Filano tersedia dalam dua varian, yaitu Neo dan Lux. Harga saat ini adalah Rp27,050 juta untuk Neo dan Rp27,8 juta untuk Lux Connected OTR DKI Jakarta. Varian Neo hadir dalam warna Pink Mauve, Tuscany Yellow, Dull Blue, Red, dan Black, sementara varian Lux tersedia dalam White Pearl dan Elixir Dark Silver.

Dilengkapi dengan mesin 125 cc, 4-tak, SOHC, 2-katup, silinder tunggal, pendingin udara, dan sistem injeksi Blue Core, mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 8,2 Hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm pada 5.000 rpm. Mesin ini juga terintegrasi dengan teknologi hybrid ringan.

Fitur-fiturnya mencakup pencahayaan LED lengkap, TFT Sub Display, teknologi Y-connect untuk varian tertinggi, Electric Power Socket, lampu Hazard, dan Smart Key System (tanpa kunci) yang dilengkapi dengan Answer Back System.

Untuk kepraktisan, terdapat bagasi berkapasitas 27 liter dengan lampu LED di dalamnya, Spacious Front Pocket, Convenience Hook Carabiner, dan Smart Front Refuel. Desainnya mencakup dek datar yang luas dan footpeg lipat untuk penumpang, serta jok premium menyatu dengan bordir unik khusus untuk varian Lux.

Teknologi mesin termasuk sistem One Push Start dan Stop & Start System yang mematikan mesin secara otomatis ketika motor idle lebih dari 3 detik. Kenyamanan ditambah dengan ban berprofil lebar berukuran 110/70 ring 12 inci untuk kedua roda.

Suzuki Burgman Street 125 EX

Suzuki burgman street

Burgman Street 125 EX adalah skuter matik terbaru di segmen 125 cc yang diimpor langsung dari India sebagai produk CBU (Completely Built Up). Tersedia dalam satu varian yang dibanderol dengan harga Rp24,7 juta OTR Jakarta dan hadir dalam tiga warna: Metallic Mate Platinum Silver, Metallic Royal Bronze, dan Metallic Mate Black.

Skuter ini dilengkapi dengan mesin 125 cc satu silinder, empat tak, SOHC, dengan sistem pendinginan udara dan teknologi Injection Suzuki Eco Performance Alpha. Mampu menghasilkan tenaga maksimal 8,4 Hp pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 10 Nm pada 5.000 rpm.

Fitur Engine Auto Start Stop secara otomatis mematikan mesin saat kendaraan berhenti atau idle, dan Silent Starter System membuat skuter ini lebih hemat bahan bakar.

Dilengkapi dengan berbagai fitur fungsional yang mendukung kenyamanan pengendara, seperti ruang penyimpanan di bawah jok dengan kapasitas 21,5 liter, storage di deck depan yang cukup luas di sisi kanan, laci di sisi kiri dengan socket USB 2A, dan double hook.

Lampu utama besar dengan teknologi LED dan DRL, panel meter digital yang menyajikan berbagai informasi penting, desain floor deck yang rata untuk kenyamanan ekstra, footpeg pembonceng yang bisa dilipat, pelek yang dicat dengan warna elegan, dan masih dilengkapi dengan kick starter.

Honda Vario 125

Vario 125

Honda New Vario 125 tersedia dari pabrikan Honda dengan tiga varian: CBS, CBS-ISS, dan CBS-ISS SP, masing-masing memiliki perbedaan dalam motif dan fitur yang disertakan.

Versi CBS tersedia dalam dua pilihan warna: Sporty Black dan Sporty Red, dengan harga Rp22,550 juta. Tipe CBS-ISS hadir dalam warna Advance Matte Black, menampilkan emblem 3D 'Vario' pada bodi belakang, dijual dengan harga Rp24,2 juta. Sementara itu, tipe CBS-ISS SP yang berharga Rp24,450 juta, tersedia dalam warna Advance Matte White dan Advance Matte Blue.

Dapur pacu menggunakan mesin 124,8 cc eSP 4-langkah, SOHC, berpendingin cairan, dan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Dengan ukuran bore x stroke 52,4 x 57,9 mm, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 11,1 hp pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

Fitur unggulannya termasuk Smart Key System yang terintegrasi dengan Alarm Anti-theft dan Answer Back System, tersedia hanya pada tipe CBS-ISS. Selain itu, dilengkapi dengan pencahayaan full LED dan Daytime Running Light (DRL) di atas lampu utama, USB Charger berdaya maksimal 5V 2.1A di kompartemen kiri, panel meter digital lengkap, kapasitas bagasi 18 liter, Functional Hook, dan teknologi Combi Brake System (CBS).

TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart

TVS Ntorq 125

Dari TVS, tersedia Ntorq 125 Race XP Play Smart yang juga menawarkan fitur konektivitas, serupa dengan produk Yamaha Indonesia. Nilai jualnya terletak pada kombinasi tiga elemen unik: kekuatan, konektivitas, dan gaya, dengan harga Rp21 juta OTR DKI Jakarta.

Ini adalah evolusi dari Ntorq 125 standar, menambahkan teknologi terkini yang dikenal sebagai TVS SmartXonnect dan inovasi pada sistem transmisi CVT-nya. Hal ini memungkinkan pengaturan berbagai tingkat mode berkendara dan didukung oleh bobot yang ringan.

Ada dua mode berkendara yang tersedia, Racing dan Street, yang berbeda dalam hal performa dan efisiensi bahan bakar. Mode Racing dirancang untuk pengendara yang mengutamakan kecepatan, sedangkan mode Street untuk penggunaan sehari-hari, memungkinkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Mode berkendara dapat diubah dengan sakelar di sisi kanan setang yang terintegrasi dengan tombol starter.

Dengan mesin berkapasitas 124,6cc, silinder tunggal, 3 katup, dan pendingin udara, motor ini mampu memberikan akselerasi terbaik di kelasnya. Dalam mode Racing, tenaganya mencapai 10 Hp pada 7.000 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.500 rpm, dengan kecepatan maksimum 98 km/jam. Sementara dalam mode Street, performanya setara dengan versi reguler Ntorq, menghasilkan tenaga 9,3 Hp pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 10,5 Nm pada 5.500 rpm, dengan kecepatan puncak 95 km/jam.

Untuk konektivitas, tersedia aplikasi TVS SmartXconnect yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store, yang memungkinkan pengguna mengatur hingga 60 fitur yang diinginkan.

Fitur canggih lainnya adalah teknologi perintah suara (voice assist), yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan Ntorq melalui perintah suara. Semua ini dapat diakses melalui aplikasi TVS SmartXonnect pada perangkat yang terhubung seperti headphone Bluetooth, headphone berkabel, atau helm yang dilengkapi dengan Bluetooth.

TVS Callisto 125

TVS Callisto 125

Merupakan varian terbaru dari seri Callisto, Dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung kegiatan sehari-hari dengan harga mulai dari Rp21 jutaan. Dua tipe yang ditawarkan adalah Basic dan Premium. Basic tersedia dalam warna Solid White dan Titanium Grey dengan harga sekitar Rp21 jutaan, sementara Premium hadir dalam Mustard Yellow dan Khaki Brown, dijual mulai dari Rp22 jutaan, tergantung wilayah. Perbedaan antara kedua tipe terletak pada kelengkapan dan fitur-fiturnya.

Motor ini menggunakan mesin tunggal silinder, 4-tak, berpendingin udara, dengan sistem pengapian bunga api, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 8,1 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 10,5 Nm pada 4.500 rpm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi CVT dan sistem pasokan bahan bakar injeksi Ecothrust Fuel (ETFi).

Dilengkapi dengan speedometer semi-digital yang menampilkan 'smart alerts', indikator jarak tempuh rata-rata dan waktu nyata. Memiliki kapasitas bagasi terbesar di kelasnya, 33 liter, cukup untuk menyimpan dua helm full-face, dan menawarkan ruang kaki depan yang luas.

Fitur Intelli-Go membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan sistem yang secara otomatis mematikan mesin saat berhenti dan memungkinkan perjalanan dilanjutkan dengan mudah dengan menekan tuas rem dan memutar tuas gas.

Fitur praktis lainnya termasuk pengisian bahan bakar eksternal di bagian depan, kick starter, kunci serba guna, double hook atau gantungan di ujung jok depan, kompartemen di bawah rumah kunci, dan pengisi daya ponsel dengan penutup di bagian depan.

Untuk kenyamanan dan kontrol yang lebih baik, motor ini dilengkapi dengan suspensi teleskopik depan dan shock belakang Monotube Canister Gas yang memiliki tiga pengaturan penyetelan.

Benelli Panarea

Benelli Panarea 125

Selain dari pabrikan Jepang dan India, merek Italia juga menawarkan produk unggulan di segmen 125 cc, yaitu Benelli Panarea 125. Skuter ini hadir dengan konsep kompak dan desain yang menggabungkan gaya retro dengan sentuhan modern. Harga saat ini adalah Rp26 juta OTR untuk wilayah DKI Jakarta. Motor ini telah dirakit secara lokal di pabrik Benelli yang berlokasi di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Desainnya yang elegan terlihat dari depan hingga belakang, mengingatkan pada Vespa LX. Fitur pencahayaannya sudah menggunakan LED untuk lampu depan, belakang, dan sein, serta dilengkapi dengan AHO atau Automatic Headlight On. Panel meternya merupakan kombinasi antara analog dan digital, dengan speedometer berupa jarum dan MID LED di atasnya yang menampilkan fuel meter dan trip meter.

Fitur tambahannya termasuk engine cut off yang umumnya terdapat pada motor sport, lampu hazard untuk situasi darurat, dan kunci kontak magnetic key shutter. Tombol pembuka bagasi terletak dekat lubang kunci.

Dari sisi performa, Benelli Panarea ditenagai oleh mesin 124 cc, satu silinder, berpendingin udara, dengan diameter 53,5 mm dan langkah 55 mm, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,4 Hp pada 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm pada 6.000 rpm.

Suspensi depannya adalah teleskopik, dengan pelek 12 inci untuk roda depan dan belakang. Ban depan berukuran 100/90, sementara belakang 110/90. Rem depan menggunakan cakram dan belakang tromol. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Deret Skutik dengan Bagasi Luas, Cocok buat Harian Maupun Touring

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Keeway Indonesia Luncurkan Moge Cruiser Napoleonbob 500 Seharga Rp178 juta di JFK 2024
    Keeway Indonesia Luncurkan Moge Cruiser Napoleonbob 500 Seharga Rp178 juta di JFK 2024
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Kawasaki Indonesia Akhirnya Luncurkan W175 Versi Injeksi
    Kawasaki Indonesia Akhirnya Luncurkan W175 Versi Injeksi
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Bedah Varian Termahal Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate
    Bedah Varian Termahal Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Kawasaki Indonesia Rilis KLX230 Series Terbaru
    Kawasaki Indonesia Rilis KLX230 Series Terbaru
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Yamaha Nmax Turbo Tech Max 2024 Jadi Varian Tertinggi, Ini Cicilan Bulanannya
    Yamaha Nmax Turbo Tech Max 2024 Jadi Varian Tertinggi, Ini Cicilan Bulanannya
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
  • Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
    Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Opsi Motor Yamaha Pakai Teknologi Y-Connect, Harga Mulai dari Rp21 jutaan
    Opsi Motor Yamaha Pakai Teknologi Y-Connect, Harga Mulai dari Rp21 jutaan
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024