Honda Ramaikan Tokyo Auto Salon 2021 Lewat Sederet Model Custom

Honda N-Van

Nyaris gagal akibat pandemi, tidak lantas Tokyo Auto Salon 2021 dibatalkan. Format acara diubah ke gelaran virtual dan digratiskan. Pun masih disokong pabrikan, seperti Honda yang baru-baru ini mengumumkan line-up mereka di pameran modifikasi dan aftermarket kesohor tersebut. Menarik, berikut para modelnya.

FIT e: HEV CROSSTAR Custom

honda fit offroad

Dalam keluarga Jazz/Fit, ada satu varian bergaya tangguh ala crossover. Diberi nama Crosstar, sontak ia menjadi anggota paling nyentrik sama seperti eksistensi WR-V. Dalam gelaran virtual nanti, Honda tampaknya akan menekankan sisi rugged Fit Crosstar. Membuatnya bersolek lebih tangguh dan gahar bak siap bertualang di hutan.

Ya, disebutkan bahwa ia berusaha mengekspresikan gaya urban outdoor. Mengambil inspirasi dari Honda CT125 Hunter Cub. Menambah karakter Jazz yang imut dengan sentuhan gahar dan serbabisa sebagaimana Hunter Cub berasal dari basis bebek lucu Super Cub C125. Menarik perhatian adalah pemasangan sepatu All Terrain Toyo Open Country membungkus pelek kaleng hitam. Kesan utilitarian ditekankan pula oleh pemasangan roof rack Yakima bersama boks plastic dan jaring penahan.

Tapi bukan itu saja, ada transformasi di fasad depan yang membuatnya terlihat cukup menyolok. Dalam versi standar diketahui Crosstar justru membawa rancangan grille usang. Boleh dibilang seolah berasal dari line up bertahun-tahun ke belakang.

Namun lain cerita pada eksekusi modifikasi ini. Honda tuangkan kesan futuristis dan cenderung menyelaraskan bahasa desain Honda termutakhir. Ditambah lagi desain pahatan bumper seperti tempelan muka Honda e dengan dua elemen lingkaran berpadu dalam satu kapsul hitam. Meski tidak dijelaskan mendetail, tampaknya tersemat pencahayaan ekstra untuk kebutuhan tualang di bagian itu. Tubuhnya kemudian disudahi kelir matt beige berikut melekat stiker hitam bak body moulding.

Baca Juga: Honda Odyssey Facelift Diperkirakan Masuk Indonesia Tahun Ini

N-VAN Custom 3rd Place Van

honda van custom

Model kedua pabrikan berlogo H ini akan membuat Fit e: HEV Crosstar Custom tampak biasa saja. Diberi nama N-VAN Custom “3rd Place Van”, mereka rombak van mikro ini agar terlihat semakin unik. Entah mengapa diberi nama “3rd Place Van”. Mungkin untuk dijadikan rumah ketiga? Bisa jadi, yang jelas disebutkan bahwa idenya menawarkan “café bergaya trailer untuk menghubungkan pekerjaan dan hobi”. Contohnya berdiam diri di mobil pada hari kerja maupun saat libur.

Kemampuan N-Van menjanjikan kemungkinan penggunaan hal itu. Terlihat kompak padahal menyimpan suatu ruang masif. Bisa dilihat dari karakteristik atap tinggi dan metode pembukaan pintu lowong tanpa interupsi pilar B. Hal ini sepertinya dimanfaatkan Honda untuk menampilkan kemungkinan penggunaan van mungil mereka. Fleksibel, dapat dijadikan tempat singgah sementara.

Di luar, N-Van kebagian roof rack serbaguna dengan ekstra kanopi strip merah dan putih. Lucu seolah siap dipakai bisnis kafe atau RV piknik berukuran mini – tiga lampu di dahinya menegaskan kesan mobil rekreasi besar. Bentuknya semakin mirip pemanggang roti berkat finishing bodi ala brushed metal. Tidak terlihat jelas bagaimana rupa interior, namun terbayang terpasang meja untuk membuat kopi dan juga neon sign.

Baca Juga: Honda Jazz Generasi Baru Akan Rilis di Singapura

Karya Honda Access

honda e

Divisi aksesori pabrikan, Honda Access, juga ikut meramaikan Tokyo Auto Salon 2021. Mereka bawa dua konsep motorsport dengan basis yang terlihat kurang sesuai yakni Honda e dan N-One. Masing-masing berada di ranah Drag Race bernama e-DRAG dan pejuang Hill Climb, K-CLIMB.

Kontestan trek lurus akan diwakili oleh Honda e. Tidak sepenuhnya kurang sesuai mengingat EV mungil Honda itu berpenggerak roda belakang. Tenaga disalurkan sebesar 154 PS namun disebutkan bakal ada berbagai modifikasi utama. Termasuk di dalamnya menyangkut sektor kaki-kaki seperti roda dan suspensi. Tak hanya itu, kesan trondolan bakal dipancarkan sebab ia tidak akan memiliki bangku belakang. Sementara itu, di depan joknya diganti bucket seat.

Honda N-One sendiri mewakili image penerjang tanjakan berkelok. Untuk kebutuhan itu, hatchback mungil N-One mungkin terlihat kurang mumpuni soal tenaga. Namun, itu bukanlah segalanya untuk menciptakan senyum. Dapat dikompensasi oleh keringanan bobot dan N-One RS menyajikan hal itu. Wujudnya konon akan dirombak dengan modifikasi pada grille, bumper, fender, spoiler bagasi, bonnet, pelek, hingga ke suspensi dan knalpot. Sementara itu, kabinnya bakal diramaikan oleh pemasangan roll cage.

Jika penasaran, Tokyo Auto Salon ini dapat disaksikan secara virtual via https://www.tokyoautosalon.jp/2021/. Semua boleh masuk, dibuka mulai dari 15 Januari ini. (Krm/Odi)

Baca Juga: Belum Tersentuh Elektrifikasi, Penerus Honda Civic Type R Masih Pakai Mesin Konvensional

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Honda Unggulan

  • Yang Akan Datang