Honda Jazz Generasi Baru Akan Rilis di Singapura

Honda City Hatchback memang digadang bakal menggantikan eksistensi Jazz di pasar ASEAN. Kendati begitu, bukan berarti nameplate Jazz lantas mati. Kah Motor sebagai distributor eksklusif Honda di Singapura sudah membuka keran pemesanan model teranyar. Sontak menjadikan Kota Singa sebagai persinggahan pertama Jazz generasi keempat di regional ini.


Penerus keturunan yang datang jelas merupakan anggota market Eropa dan Jepang. Ialah versi teranyar dengan lenggokan melembut nan sederhana. Belum resmi meluncur memang, namun setidaknya Kah Motor sudah membuka pemesanan. Tiga varian diboyong mulai dari 1.5 Base, 1.5 Home, dan tak ketinggalan opsi hybrid pertama di keluarganya yakni 1.5 Luxe e: HEV.


Model Base dan Home menggendong pemacu empat silinder 1,5 liter DOHC i-VTEC. Bekerja mandiri tanpa dorongan elektris untuk menghasilkan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Penyalurannya terjadi ke roda depan via transmisi CVT. Tidak ada opsi manual bagi Jazz untuk saat ini.


Sementara itu, opsi hybrid mengadopsi teknologi termutakhir Honda yakni e: HEV. Tugas antara mesin 1,5 liter i-VTEC dan dua motor listrik dibagi sedemikian rupa lewat tiga seleksi mode berkendara agar efisien. Pada mode EV Drive, baterai lithium-ion menyuplai tenaga ke motor listrik penggerak yang kemudian mencipta velositas. Hybrid Drive mengarahkan unit peminum bensin untuk memutar motor generator sebagai daya ke dinamo penggerak atau bisa juga ke baterai. Terakhir, enjin konvensional akan memutar roda sebagai tambahan tenaga di kecepatan tinggi pada pilihan Engine Drive.


honda jazz


Total output dari motor listrik dicatatkan sebesar 109 PS, keluar diawali torsi instan sekuat 253 Nm. Ketika dibutuhkan, baru jantung dengan pembakaran internal siap gelontorkan output tenaga maksimum 97 PS dan momen puntir 131 Nm.


Generasi teranyar Jazz jelas merupakan hasil revisi dari sang pendahulu GK5. Menganut arahan desain anyar dengan mempertahankan karakter mendasar Jazz berupa kabin menjorok ke depan dan berhidung pesek. Detailnya diperbaiki, contoh pemangkasan ketebalan palang pilar A dan wiper tersembunyi demi visibilitas ke depan lebih baik. Sudut miring windscreen dan desain spion ramping kemudian berimbas pada pengurangan suara dan hambatan gerak akibat turbulensi udara.


Dalam kabin, sensasinya dibuat menggugah lewat material tangguh berikut permukaan soft touch. Tidak dilengserkan adalah fleksibilitas pelipatan bangku pintar Ultra Seat. Kenyamanan pun disokong jok baru dengan bantalan lebih tebal. Di samping itu, ia menawarkan paket display touchscreen 9 inci dengan gerak navigasi bergaya smartphone. Tersemat pula fungsi mirroring Android Auto dan Apple Carplay secara nirkabel.


Fitur keselamatan mutakhir menjadi salah satu sorotan di Jazz/Fit generasi keempat ini. Formatnya adalah tambahan peranti keselamatan aktif Honda Sensing di model hybrid. Suguhkan bantuan asistensi berkat kamera wide-view termutakhir di depan. Termasuk di dalamnya Collision Mitigation Braking System yang disempurnakan agar dapat beroperasi lebih baik di malam hari sekaligus mampu mendeteksi pejalan kaki meski tanpa penerangan jalan. Sebagai tambahan sistem ini dapat menghela laju bila berpindah jalur atau berbelok ke lintasan mobil berlawanan arah. Kemampuan di dalamnya juga diisi oleh Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System, dan Road Departure Mitigation System.


Kah Motor sendiri belum resmi meluncurkan, baru membuka pre-launch booking untuk Jazz generasi keempat. Melekat banderol 95.999 SGD untuk tipe Base dan 98.999 SGD pada Home. Luxe e: HEV dipasarkan seharga 100.999 SGD setelah potongan harga Vehicle Emission Scheme (VES) sebesar 15 ribu SGD. Cukup fantastis kalau dikonversi, berarti dimulai dari Rp 1,025 – 1,078 miliar. (Krm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Jelajahi Honda Jazz

Tampak Depan Bawah Honda Jazz
Honda Jazz Rp 252,5 - Rp 295 Juta Cicilan Mulai : Rp 5,76 Juta
Lihat Promo