Honda Step WGN 2022 Mendebut, Tapi Tanpa Pintu Unik Waku-waku Gate

2022 Honda Step WGN

Selera pasar Jepang memang unik, misal dari desain mobil. Kalau memperhatikan, bentuk Kei Car yang merajai jalanan kota semuanya simpel dan serbakotak. Karena memang mengedepankan fungsionalitas demi mendapatkan akomodasi maksimal dari dimensi kompak. Minivan di sana juga begitu. MPV boxy 'high roof' sangat diminati dengan banyak konsumen loyalis. Makanya mobil keluarga sekelas Nissan Serena dan Toyota Voxy termasuk disukai.

2022 Honda Step WGN

Honda punya banyak pilihan soal minivan. Mulai dari terkecil N-Box, menengah diisi Freed, Step WGN yang selevel Serena dan paling besar Odyssey. Nah, Honda Step WGN termasuk lama eksistensinya. Sudah beredar sejak 1996 dan setia dengan bodi bongsor plus bentuk kotak. Sekarang generasi keenam telah meluncur. Mendapat rombakan desain total, tapi ada satu keunikan dihilangkan. Tiga trim ditawarkan: Air, Spada dan Spada Premium Lite.

2022 Honda Step WGN

Mulai dari desain dulu. Secara profil tak berubah meski desainnya sangat berbeda. Kini malah jadi minimalis tanpa banyak lekukan tajam. Bentuknya justru lebih mengotak dan tegak, meninggalkan rancangan streamline di generasi lama yang seperti versi gambot Honda Jazz. Terkesan makin dewasa dan fokus memberikan kenyamanan superior untuk keluarga. Kata pabrikan, dimensi membesar dari segala sisi meski belum diketahui tepatnya. Tentu berdampak juga ke kelapangan kabin.

2022 Honda Step WGN

Sayang ada satu fitur unik tidak berlanjut. Waku-waku Gate yang terkenal di model lama tak ada lagi. Ini adalah mekanisme ganda di pintu bagasi. Selain bisa terbuka ke atas seperti umumnya tailgate MPV, juga ada pintu terbuka ke samping. Sekaligus menghasilkan desain unik dari garis bahu yang tidak simetris dengan sekeliling. Dimaksudkan untuk mempermudah akses penumpang dari dan ke baris ketiga. Sebagai gantinya, Honda memberikan opsi power back door. Sementara pengoperasian power-sliding door di kedua sisi sekarang tambah gampang lewat tombol di gagang pintu.

Baca Juga: Honda Ciptakan Mobil Listrik Kecil untuk Hibur Anak-anak di Rumah Sakit

2022 Honda Step WGN

Desain lebih boxy dan tegak tadi, berpengaruh juga ke kabin. Imbasnya ke beltline horizontal lurus di sekeliling mobil. Windshield pun turut berkurang sudutnya. Visibilitas ke segala penjuru amat luas tanpa banyak gangguan dari pilar. Sehingga tercipta kabin yang terang dan tidak sesak. Kata Honda, mampu mengurangi mabuk darat.

2022 Honda Step WGN

Model dasbor ada kemiripan dengan All New HR-V dan Civic. Sebuah monitor besar mendominasi di bagian tengah dan ada rongga penyimpanan di atas glove box. Kursi baris kedua model captain seat. Seperti MPV sekelasnya, bisa diatur maju-mundur dan menyamping. Menurut Honda, pengaturan ini dibuat agar orang tua gampang mendekati anak-anak mereka. Ibarat singgasana raja juga, bisa diatur sandarannya dan memiliki sandaran kaki Ottoman.

2022 Honda Step WGN

Honda belum mengeluarkan data spesifikasi lengkap. Namun mereka memastikan, ada pilihan mesin hybrid dan non-hybrid. Sistem e-HEV terbaru seperti di generasi anyar HR-V paling mudah diadopsi Step WGN juga. Kemudian non-hybrid kemungkinan ada dua versi, 1,5-liter VTEC Turbo dan naturally aspirated 2,0-liter i-VTEC.

2022 Honda Step WGN

Nama Step WGN sebenarnya tidak terlalu asing bagi pasar Tanah Air. Meski tak pernah dijual oleh Honda Indonesia, ia sempat bisa dibeli lewat jalur importir. Seandainya bisa didagangkan resmi, kompetisi bersama Nissan Serena dan Toyota Voxy pastilah seru. Mengingat Honda Odyssey di Indonesia sudah pensiun, sangat menarik bila Step WGN menggantikannya. (Odi)

 

Baca Juga: Menggemaskan dan Canggih, Mobil Ini Diberi Gelar K Car of the Year 2021-2022

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Honda Unggulan

  • Yang Akan Datang