Honda SUV RS Concept Tebar Pesona di Kota Semarang, Kapan Meluncur?

Honda SUV RS Concept

 

KEY TAKEAWAYS

  • Honda RS Concept merupakan buah kolaborasi antara Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. dan tim Honda Indonesia

    Diprediksi akan memakai enjin 3-silinder 1,0-liter VTEC Turbo
  • Sudah jadi strategi Honda sebelum meluncurkan produk baru. Kendaraan purwarupa SUV RS Concept dipamerkan di sejumlah kota. Setelah berkunjung di Bandung, Jawa Barat, sekarang ia menyapa Semarang, Jawa Tengah. Mobil konsep terbaru tampil utama di Honda Exhibition Main Atrium Paragon Mall dari 12 Mei hingga 16 Mei 2022. Calon pesaing kuat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini kemungkinan diluncurkan di GIIAS Agustus mendatang.

    Honda RS Concept merupakan buah kolaborasi antara Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. dan tim Honda Indonesia. Desain eksterior bergaya sporty sesuai DNA pabrikan dalam sebuah platform mobil SUV kompak. Visual luar begitu ramping, garis tajam memang bergaya sporty. Kisi-kisi depan menyatu dengan bodi agar semakin memperkuat karakter pabrikan.

    Walau ia dibilang sebagai model purwarupa, namun rancangan SUV RS Concept tampak sangat matang bak versi produksi. Pelek besar berkelir hitam memanggul tubuh. Karakter tegas diperoleh dari bentuk fender hitam hingga mengalir ke side skirt. Spion beserta atap ikut dilapis gelap pula. Kesan SUV petualang tersibak dari alur garis pinggang dan roof rail.

    Baca Juga: Honda SUV RS Concept, Calon Rival Raize-Rocky yang Dirancang Atas Masukan Masyarakat

     

    Honda SUV RS Concept

    Lantas kalau menerka jenis mesin apa dipakai. Bisa dilihat dari kompetitor di Indonesia, menggunakan pemacu kecil plus induksi turbo. Honda sebetulnya punya enjin itu, seperti yang tertancap di City versi Thailand. Jantung pacu RS Concept bisa berkesempatan pakai 1,0 liter tiga silinder VTEC turbo, dikawinkan dengan transmisi CVT.

    Enjin turbo menggunakan material aluminium sebagai konstruksi dasar. Pastilah bobot lebih ringan dibanding versi reguler. Konfigurasi mesin pakai port intake tinggi, kepala silinder berpendingin, katup pembuangan dikalibrasi dan tersemat variable capacity oil pump. Di Honda City, ia mampu menyuplai daya 127 PS, berikut dorongan torsi optimal 200 Nm. Angka ini lebih tinggi dari mesin N.A 1.5 liter 4 silinder.

    “Tren saat ini, SUV merupakan segmen yang semakin populer di Indonesia. Konsumen menyukai karakter mobil lebih sporty dan nyaman. Terlebih di Jawa Tengah yang memiliki bentang alam serta kondisi jalan beragam. Dengan tampilan atraktif, kami yakin Honda SUV RS Concept akan menarik perhatian para pecinta otomotif di Semarang dan sekitarnya. Selain itu untuk para konsumen serta pengunjung. Kami juga menghadirkan berbagai lini produk terbaru Honda serta program penawaran menarik selama pameran berlangsung,” ucap Sumantri, Sales and After Sales Director Honda Semarang Center.

    Nah, selain SUV RS Concept, Honda Exhibition di Semarang juga menampilkan berbagai model baru: All New Honda HR-V, All New Honda BR-V, Honda City Hatchback RS dan Honda Brio RS. Mereka menawarkan berbagai program penjualan menarik selama pameran berlangsung. Mulai dari DP rendah 10 persen, bunga 0 persen, angsuran Rp3 jutaan, serta lucky dip. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Honda ZR-V Akan Beredar di Tiongkok dan Eropa, Berbasiskan HR-V Versi USDM

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Honda Unggulan

    • Yang Akan Datang