Hyundai Motors Indonesia Kenalkan Spot, Robot Pintar Hasil Kolaborasi dengan Boston Dynamic

spot

Hyundai punya visi global 'Progress for Humanity'. Sebuah era baru robotik yang mentransformasi mobilitas ke tingkatan selanjutnya demi memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan. Salah satu contoh nyata berupa robot bernama Spot. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memboyongnya dan mengenalkan ke publik Tanah Air. Sebagai bentuk gambaran bagaimana perkembangan teknologi Hyundai saat ini.

Spot adalah robot hasil kolaborasi Hyundai Motor Group dan Boston Dynamic. Perusahaan robotik dan rekayasa teknologi yang berdiri sejak 1992 itu telah dimiliki oleh Hyundai dari Desember 2020. Kolaborasi kedua perusahaan ingin mengambil langkah dalam mewujudkan mobilitas masa depan. Hyundai melihat peran robot dapat berperan dalam kehidupan sehari-hari hingga membantu kegiatan industri.

Bentuk Spot sangat unik. Jumlah kaki ada empat, sepintas jadi seperti anjing peliharaan. Ia bisa bergerak lincah melewati berbagai rintangan dan permukaan jalan. Bahkan lebih fleksibel dibandingkan memakai roda. Hyundai mendemonstrasikan kemampuannya dalam sebuah tarian menggunakan lagu BTS berjudul 'IONIQ: I'm On It.' Keempat kaki juga berdiri kokoh dan bisa menopang bobot 13,6 kg. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk membawa barang atau kargo. Spot adalah robot pertama Boston Dynamic yang dikomersialkan. Sekaligus masuknya Hyundai ke dalam lini bisnis robotik.

Baca Juga: Hydrogen Vision 2040, Rencana Hyundai Motor Group dalam Memopulerkan Energi Hidrogen

 

robot spot

SungJong Ha, President Director of HMID mengatakan, mengatakan dalam siaran pers. "Hyundai secara konsisten terus memperkuat posisinya sebagai game-changer melalui berbagai terobosan terdepan dalam rangka mencapai visi kami yaitu Progress for Humanity. Di Hyundai, kami tidak pernah berhenti, namun terus maju dan berusaha untuk mencapai solusi mobilitas ke tingkat selanjutnya. Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi."

Berkat kemampuan serbabisa, Spot mendapat peran penting di pabrik Hyundai Motors. Ia siap membantu operasional sebagai pengawas keselamatan. Tugasnya menyisir area industri dan membantu menemukan masalah sebelum benar-benar terjadi, termasuk melakukan patroli malam hari. Berbekal kemampuan artificial intelligence mampu memahami sesuatu hal yang salah. Diyakini mampu berperan besar aktivitas pabrik keseluruhan.

"Masa depan manusia dan robot akan hidup berdampingan telah datang lebih cepat dari yang selama ini kita pikirkan. Saat ini Hyundai telah menjadi lifetime partner sehari-hari bagi banyak orang, tak lama lagi Spot juga akan menjadi asisten dan pendamping cerdas bagi banyak orang juga," tambah Ha.

HMID sempat memperkenalkan ke hadapan publik di Mall Kelapa Gading, 1-5 September lalu. Namun jika Anda penasaran dengan kepintaran robot Spot, bisa juga berinteraksi langsung di Hyundai City Stores. (ADV)

 

Baca Juga: Bentuk Komitmen terhadap Mobilitas Masa Depan, Hyundai Kampanyekan "Driving Meaningful Innovation"

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang