Ikut Serta Tangani Covid-19, Grup Astra Menyumbangkan Ambulans

Grup astra

Astra Group serahkan lima unit ambulans ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tujuannya agar semakin meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat pada masa pandemi ini. Adapun kendaraan itu berupa empat unit Daihatsu GranMax dan satu unit Toyota Kijang Innova Ambulance.

Seremoni dilakukan oleh Direktur Astra Gita Tiffani Boer kepada Kepala BNPB Ganip Warsito. “Kami mengapresiasi kepedulian dan kontribusi Grup Astra. Yakni dalam menambah jumlah fasilitas transportasi kesehatan bagi para pasien Covid-19 yang membutuhkan penanganan dengan cepat,” ucap Warsito, dalam surel resmi (8/8).

Perusahaan yang berkontribusi dalam pengadaan ambulans ini yaitu: PT Astra International Tbk sebanyak dua unit, Asuransi Astra sebanyak dua unit, dan Toyota-Astra Motor sebanyak satu unit. Penyerahan armada kesehatan ini merupakan kelanjutan rangkaian bantuan terkait penanggulangan Covid-19. Dari Grup Astra mulai tahap pertama pada Maret 2020 hingga ketujuh pada Juli 2021 senilai total Rp200 miliar. Itu telah dilakukan melalui kerja sama berbagai institusi seperti BNPB, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI), Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo. Dan sebuah yayasan untuk mencegah penyebaran virus.

 

Baca Juga: Bantu Penanganan Covid-10, Hyundai Indonesia Dirikan Fasilitas Produksi Oksigen

Astra Group

Uluran tangan yang telah diberikan berupa unit kendaraan, ambulans, berbagai perlengkapan medis. Lalu ruang intensive care unit dan high care unit, ventilator, multi-slice computed tomography scan, alat uji tes, alat pelindung diri, masker. Serta paket bahan pokok makanan untuk meringankan dampak sosial bagi masyarakat.

“Grup Astra senantiasa mendukung pemerintah dalam mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19. Melalui berbagai wujud bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya berupa ambulans. Semoga bantuan ini dapat mempercepat mobilisasi para pasien menuju rumah sakit, sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas dan tenaga kesehatan,” imbuh Gita Tiffani Boer.

Demi memperkuat rangkaian penyaluran bantuan itu. Perusahaan-perusahaan Astra sejak Maret tahun lalu juga turut aktif berkontribusi menyerahkan berbagai sumbangsih. Salah satunya berasal dari Asuransi Astra, dalam memberikan ventilator, ambulans dan penyaluran dana sosial peserta Asuransi Astra syariah. Total nilainya Rp 2 miliar pada 2020. Program kampanye sosial #MaskerTemanTuli juga berhasil mendonasikan 6.400 masker Teman Tuli, 1.100 paket sembako di 24 kota, beasiswa dan laptop untuk SLB B Sana Dharma. Yakni sekolah bagi anak yang memiliki kekurangan dalam indra pendengaran atau tunarungu.

Toyota-Astra Motor juga telah menyalurkan donasi cepat tanggap berupa 300 tabung oksigen. Lanjut portable bed, oximeter, paket alat pelindung diri level tiga, vitamin dan suplemen senilai Rp1,55 miliar untuk enam rumah sakit yang tersebar di empat provinsi. Sebelumnya, ada juga bantuan berupa tiga unit Kijang Innova ambulans melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Terutama bagi Dinas Kesehatan Papua, termasuk satu unit ambulans bagi PMI pusat. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Bisa Jadi Beroperasi Tanpa Sirene, Ambulans Tetap Harus Diprioritaskan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang