Ini Bedanya Busi NGK untuk Motor Gambot Honda dan Yamaha

NGK MR8K-9

JAKARTA – Busi menjadi salah satu bagian sangat penting di sepeda motor. Karena ia merupakan salah satu komponen penngapian. Masing-masing busi didesain demikian rupa. Fitur-fiur yang didesain khusus dengan spesifikasi yang berbeda untuk masing-masing kendaraan.

Fitur tersebut diciptakan antara lain karena kebutuhan setiap mesin dan kendaraan yang berbeda-beda. Kebutuhan mesin dan kendaraan membuat busi juga ikut mengalami perkembangan.

NGK LMAR8A-9

Sebagai contoh bisa dilihat pada pemakaian busi tipe NGK LMAR8A-9 dan Laser Iridium LMAR8BI-9 yang digunakan pada motor Yamaha XMAX dan Honda Forza. Businya berbeda karena punya fitur unik. Apa itu? Terlihat jelas dari ulirnya yang lebih panjang yaitu 26,5 mm. Bahasa teknisnya Long Reach. Hal ini tentu ada maksud dan tujuan.

Seperti yang diungkapkan oleh Diko Oktaviano selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia busi NGK LMAR8A-9 dan Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk XMAX dan Honda Forza memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya. “Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5 mm,” kata dia.

NGK Laser Iridium seri LMAR8BI-9 NGK Laser Iridium seri LMAR8BI-9

Fungsinya untuk meningkatkan efisiensi sistem pendingin yang lebih besar dengan tujuan menaikkan kemampuan kompresi. Kemudian ruang bakar dan sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi. Jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking dan lubang busi yang lebih kecil menjadikan design mesin lebih fleksibel dan gampang didesain.

Busi standar NGK LMAR8A-9 saat ini dipasarkan Rp 67 ribu, sementara Laser Iridium dengan kode LMAR8BI-9 dijual seharga Rp 260 ribu. Buat varian termahal masa pemakaiannya sanggup hingga 100.000 km, karena penggunaan teknologi DFE (Double Fine Electrode). Ujung elektrodanya sudah menggunakan iridium dan platinum yang menjadikan pembakaran di ruang bakar semakin sempurna.

Busi NGK LMAR8BI-9 Busi Yamaha XMAX & Honda Forza dengan fitur Long Reach

NGK MR8K-9

Selain kedua motor matik bongsor, busi untuk motor Honda PCX dan ADV150 juga memiliki fitur khusus yang berbeda dari motor matik lainnya. Disebut NGK MR8K-9, busi ini dibekali dengan penggunaan fitur dan material baru pada elektroda pusatnya sehingga memiiki sifat anti-spark erosion dan anti-oxidation. Sehingga busi tersebut dapat memiliki performa pengapian yang maksimal dengan masa pakai yan lebih panjang.

Diko mengatakan karena fitur untuk masing-masing motor yang berbeda-beda, ia menyarankan pentingnya penggunaan part number busi yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki. “Hal ini agar para pemakai kendaraan dapat merasakan performa da efisiensi yang paling optimal,” kata dia. (Hrf/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Perkuat Standar Layanan Premium, PT Piaggio Indonesia Gelar AFS Competition 2025
    Perkuat Standar Layanan Premium, PT Piaggio Indonesia Gelar AFS Competition 2025
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Grand Final CustoMaxi Yamaha 2025 Resmi Ditutup, Xmax Beremblem Emas 18 Karat Dinobatkan The King of Maxi
    Grand Final CustoMaxi Yamaha 2025 Resmi Ditutup, Xmax Beremblem Emas 18 Karat Dinobatkan The King of Maxi
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Yamaha Rev Festival 2025 Jadi Magnet Akhir Tahun Sekaligus Rayakan 1 Dekade Maxi Yamaha
    Yamaha Rev Festival 2025 Jadi Magnet Akhir Tahun Sekaligus Rayakan 1 Dekade Maxi Yamaha
    Zenuar Yoga . 22 Des, 2025
  • Feders Gathering 2025 Jakarta Jadi Puncak Komitmen Federal Oil Dukung Kenyamanan Berkendara
    Feders Gathering 2025 Jakarta Jadi Puncak Komitmen Federal Oil Dukung Kenyamanan Berkendara
    Zenuar Yoga . 22 Des, 2025
  • Yamaha Tegaskan Pentingnya Servis di Bengkel Resmi dan Penggunaan Genuine Part
    Yamaha Tegaskan Pentingnya Servis di Bengkel Resmi dan Penggunaan Genuine Part
    Zenuar Yoga . 19 Des, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Ardiantomi . 04 Des, 2025
  • First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025