Kekang Versi Hardcore Toyota GR Yaris Dilepas, Bisa Pilih Spek Sirkuit atau Reli

Toyota GRMN Yaris 2022

Ini dia maksud Toyota sebagai GR Yaris versi lebih "hot". Diberi nama GRMN Yaris, mungkin menjadi jawaban bagi pemilik model reguler yang tidak ada puasnya. Sayang tidak semua bisa memiliki. Karena hanya dibuat 500 unit, itu pun khusus pasar Jepang. Apa gunanya juga berangan-angan memiliki tapi hanya buat gaya-gayaan saja. Karena GRMN siap dipacu di lintasan tarmac atau gravel.

Toyota GRMN Yaris 2022

Ya, pembelinya bisa memilih opsi paket Circuit atau Rally. Tentu ada setelan berbeda khusus. Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui ubahan yang diberikan ke GR Yaris. Kata Toyota, GRMN Yaris adalah hasil masukan dari para pembalap profesional. Termasuk presiden Toyota sendiri, Akio Toyoda. Karena ia terjun langsung dalam balap Super Taikyu Series pakai GR Yaris. Selain itu ada para "suhu" Toyota Gazoo Racing seperti Kazuya Oshima, Hiroaki Ishiura, Norihiko Katsuta dan Masahiro Sasaki. Well, dari sini saja sudah begitu menggoda.

Toyota GRMN Yaris 2022

GR Yaris sebenarnya mobil balap tapi dirancang agar berhomologasi jalan raya. Ini semakin menjadi-jadi lagi. Mulai dari transmisi manual 6-speed yang rasio gigi dibuat semakin rapat. Agar semakin kaku, area pengelasan bertambah 545 titik. Alhasil rigiditas meningkat jauh. Kursi belakang dibuang karena tidak diperlukan lagi. Jok depan digantikan bucket Recaro yang siap balap.

Toyota GRMN Yaris 2022

Upgrade Circuit Package dan Rally Package berbeda. Untuk lintasan aspal mendapat paket kaki-kaki pelek BBS 18-inci, rem lebih besar, shock absorber Bilstein, wing serat karbon, side skirt dan front lip. Bobotnya diklaim menyusut 20 kg dibanding GR Yaris.

Baca Juga: Diduga Versi Hardcore Toyota GR Yaris, Tertangkap Lagi Tes di Nürburgring

Toyota GRMN Yaris 2022

Sedangkan Rally Package lebih minim ubahan. Hanya mendapat shock absorber baru dan batang stabilizer, bersamaan juga satu set under guard dan roll bar. Justru dietnya bisa lebih ketat. Mencapai 30 kg lebih ringan dari model biasa.

YARIS_GR_

Mesin dibiarkan ala kadarnya. Unit G16E-GTS 1,6-liter turbocharger penghasil 268 hp dan torsi 370 Nm, masih pemegang rekor mesin 3-silinder dengan output paling besar. Performa bakal lebih terasa maksimal berkat bobot makin ringan, sasis kaku dan pengendalian menajam. Bedanya lagi, limited-slip differential berubah jadi mekanik dari Torsen. Diyakini semakin menggila dibanding GR Yaris, walau belum ada data resmi soal akselerasi.

Toyota GRMN Yaris 2022

Beruntung sekali 500 konsumen Jepang yang bisa memilikinya. Sebelum itu, harus menyiapkan dulu 7,137 juta yen (Rp896 juta) untuk GRMN Yaris paling basic. Kalau pilih Circuit Package ada tambahan hingga menjadi 8,467 juta yen (Rp1,063 miliar). Sedangkan Rally Package 8,378 juta yen (Rp1,052 miliar).

Toyota GRMN Yaris 2022

Jangan bersedih dulu para pemilik GR Yaris. Karena Toyota berencana menjual beberapa komponen secara terpisah. Supaya bisa merasakan sedikit sensasi dari GRMN Yaris. (Odi)

 

Baca Juga: GR Yaris Melengkapi Lini Toyota Indonesia Berlogo Gazoo Racing

Jelajahi Toyota GR Yaris

Model Mobil Toyota

Mobil Toyota
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang