Kia Sebar Teaser Sportage Baru, Janjikan Penampilan Atraktif

Tidak lama lagi bakal muncul SUV baru berwujud ganteng. Perangai itu tak pernah lepas bila bersinggungan dengan Kia Sportage. Dijadwalkan debut 8 Juni, sementara ini nikmati dulu gambar penggoda yang dirilis resmi. Diekspektasikan setidaknya bakal unjuk gigi soal desain baru. Setidaknya sedikit terlihat dari 3 foto yang diumbar.


Menjanjikan, penerus Sportage diyakini bakal mengusung arahan desain baru. Gayanya perdana ditampilkan oleh EV6 selaku EV pertama mereka yang berbasis platform anyar Electric Global Modular Platform (E-GMP). Urusan platform itu soal lain, memang. Namun kalau melirik bocoran, diprediksi akan ada cipratan nuansa futuristis EV6.


Ya, secara garis besar boleh jadi sedikit terbayang Hyundai Tucson. Terutama dari garis profil tubuh. Bukan arahan yang salah pula sebetulnya sebab mengingat Tucson terlihat tergolong cukup modern. Kendati begitu, jelas Sportage memiliki identitas tersendiri. Terpahat guratan dan lekuk tajam di sekujur tubuhnya. Begitu pula pada otot fender. Membuatnya berbeda, Sportage tampak mengadopsi bentuk jendela utuh memanjang hingga ke pilar D.


kia sportage 2022


Ada beberapa detail gaya yang tampaknya membawa aura EV6. Cukup menarik terletak di rancangan fasad depan dengan permainan lampu anyar. Dari video teaser terpisah, ia tampak mengenakan strip lampu menggambarkan huruf X dalam siluet. Lirik ke area bokong, bentuk lampu tersambung juga terlihat familiar. Minimal dua elemen ini identik dengan gaya crossover listrik mereka.


Bukan sekadar desain eksterior, Kia turut memamerkan rancangan kabin. Di sini letak keseruannya. Bisa dipastikan Sportage turut menampilkan nuansa supermodern di interior. Aktor utamanya adalah layar lebar sebagai sorotan utama. Melintang bak tablet panjang tak bertudung dari penampil instrumentasi hingga ke tengah. Lagi-lagi, aransemen ini pun mirip milik EV6. Sementara itu, sisanya mungkin terdapat penyesuaian.


Detail lebih lanjut masih menjadi misteri dan spekulasi. Namun, sah-sah saja untuk berspekulasi kalau nantinya akan terdapat permainan teknologi elektrifikasi lantaran berbagi platform dengan Tucson. Di samping itu, Sportage dipercaya bakal bersikap royal menyoal perbekalan peranti keselamatan dan asisten berkendara aktif agar tampil kompetitif di pasaran.


Rencananya, ia akan lakoni debut global pada 8 Juni mendatang. Di saat itu kita bisa mengetahui lebih jelas soal spesifikasi dan semenarik apa Gudang perbekalannya. Berdasarkan tanggal debutnya, bukan tidak mungkin Sportage mengaspal 2021. Paling terlambat mungkin akhir tahun.


kia sportage 2022


Kia EV6 Tampilkan Filosofi Desain Teranyar


Lewat hadirnya EV6 di atas rancang bangun termutakhir E-GMP, Kia jelas tak dapat disebut ketinggalan soal kendaraan listrik. Dengan model itu pula mereka tampilkan arahan desain teranyar. Jelas perbedaannya tidak sedikit. Masuki era modern bertenaga listrik, Kia turut siapkan gaya terbarunya.


Pergeseran besar mungkin memang perlu disuarakan secara gamblang. Bisa dilihat dalam pergerakan bermacam pabrikan otomotif ke zaman setrum. Ambil contoh jajaran sub brand seperti BMW i, Mercedes-Benz EQ, atau Hyundai Ioniq. Ditemukan rancangan segar dengan segala kesan radikal masing-masing. Seakan berusaha ciptakan nilai tradisi baru.


Begitu pula terjadi pada mobil Kia pertama yang didesain khusus sebagai sebuah EV. Tertanam filosofi desain anyar sebagai basis aransemen rancangan produk di masa mendatang. Adalah ‘Opposites United’, terdiri dari lima pilar desain yakni Bold for Nature, Joy for Reason, Power to Progress, Technology for Life, dan Tension for Serenity. Ini semua bakal menegaskan pergeseran pabrikan ke era elektrifikasi, tampil perdana di crossover EV6.


Dengan berubahnya arahan desain, turut tercipta juga identitas baru di EV6. Digital Tiger Face bakal menjadi interpretasi Tiger Nose Grille di era elektrifikasi. Sebagian gambaran diwakili oleh DRL ramping nan modern berisi pendar lampu sequential. Area bawahnya terpahat satu bagian apron besar yang menguatkan image berteknologi tinggi. Tentu fungsional, mengalirkan udara dari depan ke kolong demi mengoptimalkan aerodinamika.


Sisi samping cukup kuat menghadirkan profil crossover meski terlihat berpostur pendek. Garis jendela tegas bersanding dengan tubuh gempal dengan pahatan halus. Paling memberikan kesan unik kala melirik bokong. Lampu LED dibuat memanjang dari fender kiri ke kanan. Melekat di atas kanvas berlekuk namun bersih. Sukses menyuarakan visual simpel nan futuristis.


Urusan rancangan kabin senada dengan penampilan luar. Pancarkan aura futuristis. Sorotan utamanya adalah layar AVN (Audio Visual and Navigation) high-definition dengan permukaan melengkung. Lebar membentang dari balik kemudi sampai ke konsol tengah sebagai panel instrumen dan sarana hiburan. Keduanya bertengger tanpa tudung di atas dasbor, memberikan nuansa lapang. Menambah kesan modern, tombol fisik diminimalisir. Contoh pada panel AC berisi kontrol tombol sentuh. (Krm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda