Komparasi LSUV Transmisi Matik: Suzuki XL7 Vs Daihatsu Terios Vs Toyota Rush

Komparasi LSUV

 

KEY TAKEAWAYS

  • Tersisa ketiga LSUV ini yang masih menggunakan transmisi otomatis konvensional 4-speed

    Harga semuanya berbeda sangat tipis hanya ratusan ribu rupiah saja
  • Proporsi market LSUV di Indonesia sangat tipis dengan LMPV. Harga dua segmen ini saling beririsan, plus jumlah peminat besar. Penyegaran paling baru datang dari Suzuki XL7 Smart Hybrid yang kemarin dirilis. Lalu ada Daihatsu Terios facelift berikut segenap ubahan. Kemudian Toyota Rush GR Sport sebagai lawan terakhir. Seluruh model menggunakan transmisi jenis AT 4-speed konvensional. 

    Harga masing-masing model juga kacek sedikit hanya ratusan ribu. Spesifikasi teknis, fitur keamanan, dimensi, hingga kelengkapan saling beradu. Untuk lebih detail, Anda dapat simak di tiap tabel berikut. Setidaknya dapat membantu membandingkan value, sebelum menjatuhkan keputusan beli. 

    Performa

    Suzuki XL7 Alpha

    Model

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Tipe

    Alpha Smart Hybrid

    R Custom

    GR Sport

    Mesin

    1.462 cc VVT

    1.497 Dual VVT-i

    1.497 Dual VVT-i

    Tenaga

    105 PS

    104 PS

    104 PS

    Torsi

    138 Nm

    136 Nm

    136 Nm

    Transmisi

    4-Speed AT

    4-Speed AT

    4-Speed AT

    Harga

    Rp304,9 Juta

    Rp303,25 Juta

    Rp303,6 Juta

    Untuk kemampuan enjin. Baik Suzuki XL7, Daihatsu Terios maupun Toyota Rush sama-sama bervolume 1,5 liter (pembulatan). Dilihat dari keluaran tenaga (dari mesin terpasang), XL7 unggul 1 PS dari yang lain. Lalu torsinya 2 Nm lebih kuat. 

    Yang membedakan, Terios dan Rush menggunakan penggerak belakang (RWD). Banyak konsumen percaya kalau sistem ini kian mantap saat diajak mengarungi jalan menanjak seperti di pegunungan. Sedangkan XL7 pakai gerak depan dan diyakini punya efisiensi lebih baik, karena energi tidak terbuang untuk memuntir gardan belakang. Ini kembali soal selera dan medan yang kerap dilalui konsumen.  

    Ukuran

    Terios R Custom

    Dimensi

    Suzuki XL7

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Panjang

    4.450 mm

    4.445 mm

    4.445 mm

    Lebar

    1.775 mm

    1.698 mm

    1.698 mm

    Tinggi

    1.710 mm

    1.705 mm

    1.705 mm

    Jarak Sumbu Roda

    2.740 mm

    2.685 mm

    2.685 mm

    Ground Clearance

    200 mm

    220 mm

    220 mm

    Ban

    195/60 R16

    215/60 R17

    215/60 R17

    Dimensi ketiga mobil juga sangat mirip. Tapi produk Suzuki berukuran agak besar dan punya jarak sumbu roda paling lebar (2.740 mm) sehingga memiliki center of gravity semakin baik. Terus urusan suspensi. Bagian depan Terios maupun Rush pakai MacPherson Strut dan belakang bertipe 5-link with coil spring. XL7 sama, namun penyangga roda belakang menggunakan Torsion Beam. Dalam sudut pandang pribadi, lebih pilih saudaranya Ertiga.

    Perangkat Keamanan

    toyota rush GR Sport

    Fitur

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Bantalan Udara

    2 Airbag

    6 Airbag

    6 Airbag

    ABS

    Ada

    Ada

    Ada

    EBD

    Ada

    Ada

    Ada

    Brake Assist

    Ada

    Ada

    Ada

    VSC

    Ada

    Ada

    Ada

    HSA

    Ada

    Ada

    Ada

    Rem Depan

    Cakram

    Cakram

    Cakram

    Rem Belakang

    Tromol

    Tromol

    Tromol

    Fitur keamanan juga hampir mirip. Seluruh model dibekali Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist. Kemudian rem depan cakram dan belakang tromol. Terios dan Rush varian tertinggi sudah tersedia enam bantalan udara. Sedangkan XL7 cuma dua di depan. Sayang sekali, mereka semua tidak berbekal ADAS.

    Fitur Pendukung

    Daihatsu Terios interior

    Kelengkapan

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Head Unit

    8 inci + Konektivitas

    7 inci Android + Apple CarPlay

    7 inci Android + Apple CarPlay

    Idle Stop System

    Ada

    Ada

    Ada

    Jok

    Kain

    Kain + Kulit

    Kain

    AC

    Digital (Auto)

    Digital (Auto)

    Digital (Auto)

    Wireless Charger

    Tidak

    Ada

    Tidak

    Cruise Control

    Ada

    Tidak

    Tidak

    Around View Monitor

    Tidak

    Ada

    Tidak

    Bagian fitur pendukung kenyamanan berkendara. Di sini XL7 Smart Hybrid unggul karena tersedia cruise control. Selain bikin kaki rileks, perangkat ini dapat menjaga putaran mesin yang berujung efisiensi bensin. Rush dan Terios tidak tersedia. Kemudian Idle Stop System juga ada semua. 

    Sebagai inferensi. Dengan bantuan Smart Hybrid, maka dalam komparasi ini XL7 layak dapat prioritas. Memang tidak punya around view monitor, tapi Smart E-mirror cukup membantu. Kenyamanan berkendara juga bisa diandalkan. Suspensi luwes tapi stabil. Kalau Anda suka produk Astra, Terios facelift lebih komplet dibanding Rush GR Sport. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Komparasi Kompak SUV: Hyundai Creta Vs Honda HR-V Vs Wuling Alvez

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Jaecoo Buka Dealer Baru 3S Di Sunter, Perluas Jangkauan Pelanggan
      Jaecoo Buka Dealer Baru 3S Di Sunter, Perluas Jangkauan Pelanggan
      Eka Zulkarnain H . Hari ini
    • Pabrik BYD Indonesia Rampung Tahun Ini, Kuartal 2026 Mulai Produksi
      Pabrik BYD Indonesia Rampung Tahun Ini, Kuartal 2026 Mulai Produksi
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • MG Pertimbangkan MPV 7-Seater, Pastikan S5 EV Debut di Indonesia Tahun Depan
      MG Pertimbangkan MPV 7-Seater, Pastikan S5 EV Debut di Indonesia Tahun Depan
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Toyota RAV4 Generasi Ke-6 Resmi Meluncur, Andalkan Hybrid Canggih dan Sistem E-Four
      Toyota RAV4 Generasi Ke-6 Resmi Meluncur, Andalkan Hybrid Canggih dan Sistem E-Four
      Setyo Adi . Hari ini
    • Presiden Indonesia Mau Bikin Mobil Nasional, VinFast Kasih 'Contekan' Agar Sukses
      Presiden Indonesia Mau Bikin Mobil Nasional, VinFast Kasih 'Contekan' Agar Sukses
      Anjar Leksana . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Honda Freed Berubah Jadi Van Retro ala 80-an
      Honda Freed Berubah Jadi Van Retro ala 80-an
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • MG Pastikan S5 EV Debut di Indonesia 2026, MPV 7-Seater Masih Dikaji
      MG Pastikan S5 EV Debut di Indonesia 2026, MPV 7-Seater Masih Dikaji
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Daftar Mobil Pemenang di Tiap Kategori Forwot Car of The Year 2025
      Daftar Mobil Pemenang di Tiap Kategori Forwot Car of The Year 2025
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Pembuktian di Lintasan Balap: Master Radiator Coolant Jaga Suhu Mesin di Kondisi Ekstrem
      Pembuktian di Lintasan Balap: Master Radiator Coolant Jaga Suhu Mesin di Kondisi Ekstrem
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • GWM Luncurkan Ora 5, Hadirkan Pilihan EV, Hybrid dan Bensin
      GWM Luncurkan Ora 5, Hadirkan Pilihan EV, Hybrid dan Bensin
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Mengenal Ford Everest Sport, Varian Paling Terjangkau dengan Karakter Premium
      Mengenal Ford Everest Sport, Varian Paling Terjangkau dengan Karakter Premium
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Pertimbangan Pakai Mitsubishi New Pajero Sport Buat Trip Liburan Akhir Tahun
      Pertimbangan Pakai Mitsubishi New Pajero Sport Buat Trip Liburan Akhir Tahun
      Ardiantomi . 17 Des, 2025
    • Ingin Pinang Mitsubishi All-New Destinator? Pahami Keunggulan Mesin Turbo dan Cara Perawatannya
      Ingin Pinang Mitsubishi All-New Destinator? Pahami Keunggulan Mesin Turbo dan Cara Perawatannya
      Ardiantomi . 17 Des, 2025
    • Kupas Perbedaaan Fitur Canggih Jaecoo J5 EV Standard dan Premium, Pilih Mana?
      Kupas Perbedaaan Fitur Canggih Jaecoo J5 EV Standard dan Premium, Pilih Mana?
      Zenuar Yoga . 15 Des, 2025
    • Update Harga Low SUV Terbaru Akhir 2025
      Update Harga Low SUV Terbaru Akhir 2025
      Setyo Adi Nugroho . 12 Des, 2025
    • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
    • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
    • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
      Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
      Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
    • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
      Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
      Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
    • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
      Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
      Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
    • Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
      Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
      Wahyu Hariantono . 04 Des, 2025
    • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
      Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
      Ardiantomi . 20 Nov, 2025
    • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
      Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
      Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
    • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
      First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
      Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
    • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
      First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
      Anjar Leksana . 07 Nov, 2025