Komparasi LSUV Transmisi Matik: Suzuki XL7 Vs Daihatsu Terios Vs Toyota Rush

Komparasi LSUV

 

KEY TAKEAWAYS

  • Tersisa ketiga LSUV ini yang masih menggunakan transmisi otomatis konvensional 4-speed

    Harga semuanya berbeda sangat tipis hanya ratusan ribu rupiah saja
  • Proporsi market LSUV di Indonesia sangat tipis dengan LMPV. Harga dua segmen ini saling beririsan, plus jumlah peminat besar. Penyegaran paling baru datang dari Suzuki XL7 Smart Hybrid yang kemarin dirilis. Lalu ada Daihatsu Terios facelift berikut segenap ubahan. Kemudian Toyota Rush GR Sport sebagai lawan terakhir. Seluruh model menggunakan transmisi jenis AT 4-speed konvensional. 

    Harga masing-masing model juga kacek sedikit hanya ratusan ribu. Spesifikasi teknis, fitur keamanan, dimensi, hingga kelengkapan saling beradu. Untuk lebih detail, Anda dapat simak di tiap tabel berikut. Setidaknya dapat membantu membandingkan value, sebelum menjatuhkan keputusan beli. 

    Performa

    Suzuki XL7 Alpha

    Model

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Tipe

    Alpha Smart Hybrid

    R Custom

    GR Sport

    Mesin

    1.462 cc VVT

    1.497 Dual VVT-i

    1.497 Dual VVT-i

    Tenaga

    105 PS

    104 PS

    104 PS

    Torsi

    138 Nm

    136 Nm

    136 Nm

    Transmisi

    4-Speed AT

    4-Speed AT

    4-Speed AT

    Harga

    Rp304,9 Juta

    Rp303,25 Juta

    Rp303,6 Juta

    Untuk kemampuan enjin. Baik Suzuki XL7, Daihatsu Terios maupun Toyota Rush sama-sama bervolume 1,5 liter (pembulatan). Dilihat dari keluaran tenaga (dari mesin terpasang), XL7 unggul 1 PS dari yang lain. Lalu torsinya 2 Nm lebih kuat. 

    Yang membedakan, Terios dan Rush menggunakan penggerak belakang (RWD). Banyak konsumen percaya kalau sistem ini kian mantap saat diajak mengarungi jalan menanjak seperti di pegunungan. Sedangkan XL7 pakai gerak depan dan diyakini punya efisiensi lebih baik, karena energi tidak terbuang untuk memuntir gardan belakang. Ini kembali soal selera dan medan yang kerap dilalui konsumen.  

    Ukuran

    Terios R Custom

    Dimensi

    Suzuki XL7

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Panjang

    4.450 mm

    4.445 mm

    4.445 mm

    Lebar

    1.775 mm

    1.698 mm

    1.698 mm

    Tinggi

    1.710 mm

    1.705 mm

    1.705 mm

    Jarak Sumbu Roda

    2.740 mm

    2.685 mm

    2.685 mm

    Ground Clearance

    200 mm

    220 mm

    220 mm

    Ban

    195/60 R16

    215/60 R17

    215/60 R17

    Dimensi ketiga mobil juga sangat mirip. Tapi produk Suzuki berukuran agak besar dan punya jarak sumbu roda paling lebar (2.740 mm) sehingga memiliki center of gravity semakin baik. Terus urusan suspensi. Bagian depan Terios maupun Rush pakai MacPherson Strut dan belakang bertipe 5-link with coil spring. XL7 sama, namun penyangga roda belakang menggunakan Torsion Beam. Dalam sudut pandang pribadi, lebih pilih saudaranya Ertiga.

    Perangkat Keamanan

    toyota rush GR Sport

    Fitur

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Bantalan Udara

    2 Airbag

    6 Airbag

    6 Airbag

    ABS

    Ada

    Ada

    Ada

    EBD

    Ada

    Ada

    Ada

    Brake Assist

    Ada

    Ada

    Ada

    VSC

    Ada

    Ada

    Ada

    HSA

    Ada

    Ada

    Ada

    Rem Depan

    Cakram

    Cakram

    Cakram

    Rem Belakang

    Tromol

    Tromol

    Tromol

    Fitur keamanan juga hampir mirip. Seluruh model dibekali Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist. Kemudian rem depan cakram dan belakang tromol. Terios dan Rush varian tertinggi sudah tersedia enam bantalan udara. Sedangkan XL7 cuma dua di depan. Sayang sekali, mereka semua tidak berbekal ADAS.

    Fitur Pendukung

    Daihatsu Terios interior

    Kelengkapan

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Head Unit

    8 inci + Konektivitas

    7 inci Android + Apple CarPlay

    7 inci Android + Apple CarPlay

    Idle Stop System

    Ada

    Ada

    Ada

    Jok

    Kain

    Kain + Kulit

    Kain

    AC

    Digital (Auto)

    Digital (Auto)

    Digital (Auto)

    Wireless Charger

    Tidak

    Ada

    Tidak

    Cruise Control

    Ada

    Tidak

    Tidak

    Around View Monitor

    Tidak

    Ada

    Tidak

    Bagian fitur pendukung kenyamanan berkendara. Di sini XL7 Smart Hybrid unggul karena tersedia cruise control. Selain bikin kaki rileks, perangkat ini dapat menjaga putaran mesin yang berujung efisiensi bensin. Rush dan Terios tidak tersedia. Kemudian Idle Stop System juga ada semua. 

    Sebagai inferensi. Dengan bantuan Smart Hybrid, maka dalam komparasi ini XL7 layak dapat prioritas. Memang tidak punya around view monitor, tapi Smart E-mirror cukup membantu. Kenyamanan berkendara juga bisa diandalkan. Suspensi luwes tapi stabil. Kalau Anda suka produk Astra, Terios facelift lebih komplet dibanding Rush GR Sport. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Komparasi Kompak SUV: Hyundai Creta Vs Honda HR-V Vs Wuling Alvez

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Daihatsu Rocky Dapat Penyegaran, Tampilan Jadi Lebih Sporty
      Daihatsu Rocky Dapat Penyegaran, Tampilan Jadi Lebih Sporty
      Anindiyo Pradhono . Hari ini
    • Pakai Cara Praktis Ini, Neta V-II Bisa Parkir Paralel
      Pakai Cara Praktis Ini, Neta V-II Bisa Parkir Paralel
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Untuk Bisnis di Perkotaan, Daihatsu Hadirkan GranMax Blindvan Transmisi AT
      Untuk Bisnis di Perkotaan, Daihatsu Hadirkan GranMax Blindvan Transmisi AT
      Anindiyo Pradhono . 17 Sep, 2025
    • MG Teruskan Ekspansi Dealer, Resmikan Cabang di Yogya dan Sukabumi
      MG Teruskan Ekspansi Dealer, Resmikan Cabang di Yogya dan Sukabumi
      Setyo Adi . 17 Sep, 2025
    • Jika Masalah Tiggo 8 CSH Meluas, Chery Tidak Ragu Untuk Recall
      Jika Masalah Tiggo 8 CSH Meluas, Chery Tidak Ragu Untuk Recall
      Bangkit Jaya . 17 Sep, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • CATL Siap Produksi Massal Baterai Sodium-Ion, Siap Saingi Lithium-Ion Tahun Depan
      CATL Siap Produksi Massal Baterai Sodium-Ion, Siap Saingi Lithium-Ion Tahun Depan
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Automechanika Jakarta 2026 Siap Digelar di Indonesia Tahun Depan
      Automechanika Jakarta 2026 Siap Digelar di Indonesia Tahun Depan
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Jaecoo J7 SHS dan J8 ARDIS Dipamerkan di PIM 1
      Jaecoo J7 SHS dan J8 ARDIS Dipamerkan di PIM 1
      Anindiyo Pradhono . Hari ini
    • MG Hadirkan Layanan di Yogyakarta dan Sukabumi
      MG Hadirkan Layanan di Yogyakarta dan Sukabumi
      Setyo Adi Nugroho . 17 Sep, 2025
    • Motul Kembali ke F1, Resmi Jadi Pemasok Pelumas Transmisi untuk Tim McLaren
      Motul Kembali ke F1, Resmi Jadi Pemasok Pelumas Transmisi untuk Tim McLaren
      Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
    • Ada Pembaruan Toyota Innova Zenix, Ini Daftar Harga Terkini Segmen MPV Medium Tanah Air
      Ada Pembaruan Toyota Innova Zenix, Ini Daftar Harga Terkini Segmen MPV Medium Tanah Air
      Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2025
    • Adu Keunggulan MPV Boxy Pilihan Keluarga, Nissan Serena e-Power dan Honda Step WGN e:HEV
      Adu Keunggulan MPV Boxy Pilihan Keluarga, Nissan Serena e-Power dan Honda Step WGN e:HEV
      Setyo Adi Nugroho . 10 Sep, 2025
    • Berkenalan dengan Hiroshi Tamura, The Godfather of GT-R R35
      Berkenalan dengan Hiroshi Tamura, The Godfather of GT-R R35
      Setyo Adi Nugroho . 08 Sep, 2025
    • Pilihan Mobil Keluarga, Mitsubishi Destinator atau Toyota Kijang Innova Zenix
      Pilihan Mobil Keluarga, Mitsubishi Destinator atau Toyota Kijang Innova Zenix
      Setyo Adi Nugroho . 03 Sep, 2025
    • Lima Poin Menarik Mitsubishi Destinator, SUV 7-Seater Baru yang Nyaman dan Tangguh
      Lima Poin Menarik Mitsubishi Destinator, SUV 7-Seater Baru yang Nyaman dan Tangguh
      Ardiantomi . 31 Agu, 2025
    • Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
      Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
      Anjar Leksana . 15 Sep, 2025
    • Demi Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Tips Cek Ban ala Bridgestone Ini!
      Demi Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Tips Cek Ban ala Bridgestone Ini!
      Zenuar Yoga . 08 Sep, 2025
    • Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
      Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
      Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2025
    • EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
      EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
      Setyo Adi Nugroho . 12 Agu, 2025
    • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
    • First Drive Ferrari 12Cilindri: Simfoni Terakhir Mesin V12 Tanpa Elektrifikasi?
      First Drive Ferrari 12Cilindri: Simfoni Terakhir Mesin V12 Tanpa Elektrifikasi?
      Wahyu Hariantono . 03 Sep, 2025
    • Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
      Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
      Anjar Leksana . 27 Agu, 2025
    • First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
      First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
      Anjar Leksana . 11 Agu, 2025
    • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025