Lakukan 7 Langkah Ini Sebelum Trade-in Mobil Bekas

tips membeli mobil bekas

 

Jika Anda berniat beli mobil baru untuk mengganti barang lama. Maka solusi paling realistis adalah dengan cara trade-in. Tukar tambah mobil bekas atau seken menjadi pilihan ketika pemakai bosan dengan kendaraan lawas. Istilahnya menukar unit tua ke tahun lebih muda, dengan tambahan sejumlah uang sesuai kesepakatan. Namun sebelum melakukan transaksi ini, baiknya simak dulu kiat-kiat berikut agar tidak salah membeli.

 

Pilih Diler Terpercaya

Langkah pertama ini paling penting. Showroom adalah pilihan pas. Pilih diler terpercaya, yang bersedia menjual mobil miliknya dengan sistem tukar tambah. Banyak perusahaan memiliki fasilitas ini. Cari yang bersedia menilai mobil lama Anda dengan harga terbaik. Kemudian menjual mobil yang diinginkan dengan harga wajar.

 

Didampingi Ahli

Bila kurang paham soal mesin, Anda bisa mengajak rekan, mekanik atau pakai inspektor andalan saat trade-in. Fungsinya untuk menemani appraiser (juru taksir) mengecek kendaraan Anda. Hal ini untuk menghindari terkena tipu yang menjatuhkan validasi mobil. Mengajak seseorang yang mengerti mesin, bisa menghindarkan trik menipu juru taksir diler nakal. Bahkan menganggap kendaraan jelek, sehingga menurunkan nilai jual.

 

Pastikan Kondisi Mobil Anda Baik

Kondisi mobil jelas menentukan harga jual. Jika ada kerusakan seperti penyok, baret, cat kusam, lampu mati dan kondisi cacat sangat menurunkan harga jual. Sebelum melakukan penawaran tukar tambah. Pastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan prima, luar dan dalam.

Baca Juga: Hendak Balik Nama Mobil Bekas, Ini Besaran Biaya Pengurusannya

 

Suzuki Auto Value

 

Cek Harga Mobil

Apabila Anda melakukan tukar tambah mobil, disarankan mengecek harga mobil lama. Bisa riset di portal jual beli mobil online seperti Zigwheels.co.id. Cak pula harga mobil baru yang diinginkan. Ini untuk menghindari permainan curang. Waspada kepada trader yang menaikkan harga jual mobil lama Anda. Namun menaikkan banderol mobil yang Anda idamkan juga. Catat baik-baik, agar bisa mendapatkan deal alias penawaran terbaik dalam tukar tambah mobil.

 

Ketahui Kondisi Mobil Incaran

Selain melihat proses inspeksi kendaraan bekas Anda. Datang ke diler juga dapat berguna untuk mengetahui kondisi mobil yang diinginkan. Tidak hanya melihat tampak luar mobil,tak ada salahnya jika Anda melihat kondisi interior, kaki-kaki, bahkan mesinnya. Periksalah secara teliti dan menyeluruh agar tidak merasa dirugikan nantinya. Ini juga fungsi pakai jasa inspektor untuk membantu melihat kondisi riil kendaraan idaman.

 

Tentukan Proses Pembayaran

Nah, pikirkan dengan baik, bagaimana cara Anda membayar tukar tambah mobil. Apakah mau over credit atau beli secara tunai. Ini ada hubungannya dengan pendapatan bulanan. Pertimbangan dengan bijak atas hitungan untung dan ruginya. Keduanya memiliki nilai tambah dan nilai kurang. Pilih yang sekiranya tak mengganggu arus keluar masuk (cash flow) keuangan pribadi.

 

Surat Perjanjian

Yang terakhir, jika semua rangkaian di atas sudah dilakukan dengan baik. Maka saatnya kesepakatan hitam di atas putih. Tentu, proses ini menguatkan legitimasi tukar tambah dari sisi hukum. Perhatikan dengan jelas setiap poin-poin dalam perjanjian tukar tambah mobil. Baca secara seksama agar tidak ada poin yang merugikan. Tukar tambah mobil seharusnya bukan hal susah, asal teliti agar dapat barang bagus. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Cek Harga Low MPV Bekas di Bawah Lima Tahun

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang