Lawan Triumph Bonneville T120, Brixton Motorcycle Kembangkan Mesin 1.200 cc

Brixton 1200

Brixton Motorcycle dikabarkan sedang mengembangkan mesin paralel-twin berkapasitas 1.200 cc. Info itu mulai diketahui sejak gambar reka tersebar luas. Nantinya menjadi pesaing berat Triumph Bonneville T120 dan Kawasaki W800.

Brixton sebenarnya bagian dari Grup KSR Austria. Perusahaan yang mengimpor sepeda motor dari berbagai pabrikan Cina termasuk CFMoto. Dan juga baru-baru ini meluncurkan kembali merek Malaguti. Dengan demikian, saingan baru Bonneville diharapkan dibangun di Tiongkok, tetapi pusat desain tetap berada di markas KSR di Krups, Austria.

Brixton 1200

Gambar paten yang beredar di internet berasal dari Gaokin, produsen sepeda motor Cina yang saat ini membuat produk untuk Brixton. Mereka menunjukkan model CGI berwarna abu-abu dari mesin 2 silinder segaris. Benar-benar terlihat mirip dengan mockup yang muncul pada EICMA 2019. Seperti kuda besi Triumph Bonneville, ia menyembunyikan pendingin cair dalam kedok berpendingin udara dan menggunakan desain SOHC.

Di situ juga dijelaskan bahwa benar adanya kalau mesin kembar paralel milik Brixton berkapasitas 1.200 cc. Indikasi itu otomatis menempatkan dirinya langsung berhadapan dengan Triumph Bonneville T120. Apalagi keduanya mewarisi tampilan tradisional kuda besi asal Inggris.

Baca Juga: Triumph Scrambler 1200 Steve McQueen Edition, Dijual Terbatas

Brixton 1200

Dari renderan gambar yang tersiar, Brixton 1200 secara estetika terlihat mirip dengan motor klasik modern dari Triumph. Bahkan struktur bodinya dibuat persis. Pakai tangki model teardrop, lampu bulat, mesin tegak, hingga model kursi benar-benar terinspirasi dari model legendaris Inggris.

Sejauh ini perusahaan belum berkomitmen untuk tanggal peluncuran. Tetapi isyarat dari gambar rendering yang tersebar menunjukkan dirinya siap diproduksi. Dan dari kelihatannya, itu mungkin sekitar akhir tahun ini. Atau bisa jadi dikenalkan di acara EICMA 2020 di Milan, Italia, pada awal November. Itupun belum bisa dipastikan akibat terkendala pandemi di beberapa negara.

Untuk diketahui, Brixton Motorcycles merupakan bagian dari KSR Group Austria, sebuah perusahaan global yang mengimpor sepeda motor dari banyak pabrikan Cina, termasuk CFMoto. Pabrikan yang berkantor pusat di Krems, Austria ini beberapa waktu lalu meluncurkan kembali merek Malaguti, dan memiliki hubungan dengan Benelli dan Royal Enfield. Brixton sendiri telah mengekspor unitnya ke 40 negara di seluruh dunia, mulai dari Eropa, Asia hingga Amerika utara dan selatan.

Unit yang ditawarkan oleh Brixton mulai dari Conwell series, Sunray 125, Felsberg series, Rayburn, Crossfire series hingga edisi spesial SK8 dan Haycroft 125. Dalam dalam waktu dekat, pihaknya siap meluncurkan minibike Crossfire 125 XS. Hampir semua produknya kecuali Crossfire dibuat di Cina. (Bgx/Odi)

Sumber: Ride Apart, Bennetts

Baca Juga: Tantang Voxan Wattman, WMC250EV Incar Rekor Kecepatan Motor Listrik

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang