Berpelesiran pakai Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista begitu nikmat. Karena memiliki fitur paling lengkap setara MPV premium. Menawarkan berbagai keunggulan yang dapat dinikmati pengemudi maupun penumpang. Berikut fitur dari varian termahal Innova Zenix yang bisa bikin keluarga bahagia?
Di bagian depan terdapat head unit 10 inci yang sudah terintegrasi smartphone lewat Apple CarPlay dan Android Auto. Pengguna dapat melakukan koneksi lewat bluetooth tanpa harus mencolok kabel. Namun wajib mendownload aplikasi Autolink dan GogoLink. Di dalam layar juga ada fitur near field card (NFC) untuk mengecek saldo kartu elektronik guna memudahkan pengguna.
Khusus di bangku pengemudi, mata dimanjakan dengan panel instrumen kombinasi analog dengan layar TFT berukuran 7 inci. Menampilkan berbagai informasi tentang mesin hybrid dan bisa ubah tampilan speedometer.
Selanjutnya ada panoramic retractable roof yang ukurannya cukup besar. Membentang dari depan hingga belakang. Saat panoramic dibuka, kabin terasa lega dan penumpang bisa melihat pemandangan alam dengan lebih mudah. Ditambah lagi ketika sunroof dibuka, memudahkan angin segar dari luar masuk ke dalam kabin dengan mudah. Tentu fitur ini bikin keluarga yang duduk di bangku kedua dan ketiga bahagia. Tak hanya itu, bila malam hari semua dapat menikmati ambient light di sisi kiri dan kanannya.
Selain panoramic sunroof, captain seat Innova Zenix varian tertinggi sudah dibenamkan fitur ottoman electric. Penumpang bisa mendapatkan posisi duduk yang super nyaman guna menumpu kaki. Ketika dinaikkan, duduk jadi lebih rileks. Bisa diatur secara elektrik.
Semua kursi di setiap baris disediakan cup holder buat menaruh botol minum. Selain itu diberikan pula port charger maupun USB port Type-C. Komponen ini tentu sangat bermanfaat kala bepergian jauh. Tak perlu khawatir kehabisan daya gawai.
Masih dibangku baris kedua, penumpang mendapat Rear Seat Entertainment (RSE). Ukuran layarnya 10 inci. Berbagai macam hiburan bisa dinikmati keluarga seperti film, musik maupun youtube. Menariknya dapat mengakses aplikasi secara terpisah. Artinya masing-masing layar bisa menyetel hiburan yang berbeda. Caranya hanya menyambungkan hotspot yang ada di smartphone.
Karena menggunakan platform TNGA, kapasitas bagasi belakang jadi lebih luas. Saat semua kursi ditegakkan, masih ada ruang tersisa yang bisa menaruh berbagai barang. Bila kursi ketiga direbahkan, kapasitasnya menjadi 993 liter.
Dibangun dari platform TNGA: GA-C yang serupa dengan Voxy generasi terbaru. Rancang bangun itu memberikan kelapangan kabin dan kenyamanan para penggunanya. Dan kini dia menggunakan sasis monokok dengan penggerak roda depan. Layout rancang ini membuat lantai di kabin lebih rata karena tak ada cekungan di bawah dek untuk komponen gardan.
Menurut insinyur Toyota, sasis baru dapat meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi bobot, serta mereduksi suara yang masuk ke dalam kabin. Semua dimaksudkan untuk meningkatkan kestabilan dan kenyamanan pemakai saat berselancar di jalan.
Toyota menyematkan fitur keselamatan dari paket TSS (Toyota Safety Sense) versi 3.0 atau serupa Toyota Voxy dan bZ4X. Terintegrasi dengan Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Departure Alert (LDA) dan Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB).
Lalu dilengkapi dengan fitur Blind Spot Monitoring (BSM), Panoramic View Monitor, perangkat keselamatan SRS Airbags sebanyak 6 titik, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control.
Lalu tidak ketinggalan, hadir T-Intouch untuk mengintegrasikan mobil dan smartphone secara komprehensif. Di antara kegunaan T Intouch, pemilik mobil bisa menemukan lokasi mobil hanya dengan melihat smartphone (find my car). Ada pula fitur yang memudahkan pencarian kendaraan bila dicuri (stolen vehicle tracking).
Di balik kapnya, Innova Zenix Hybrid dibekali dengan mesin anyar berkoder M20A-FXS berlayout 1.987 cc, 4-silinder in-liner, 16-katup, DOHC, dan teknologi chain drive Dual VVT-i. Rangkaian diklaim mampu memproduksi tenaga maksimal 150 Hp di 6.000 rpm dan torsi 187 Nm di 4.400-5.200 rpm. Kemudian output ini dikawinkan dengan baterai Ni-Mh dan motor listrik yang bisa mendulang tenaga 111 Hp dan torsi 205 Nm. Bila digabungkan besaran tenaga dari Innova Zenix hybrid menjanjikan sekitar 184 Hp.
Besaran tenaga dan torsi di atas kemudian dipasok ke transmisi tipe CVT berkode K120. Lalu ada pula opsi atau mode Sequential Shiftmatic 10-speed yang bakal memberikan sensasi berkendara layaknya transmisi manual. Dilengkapi pula mode berkendara Eco, Normal, Power, dan EV. Enaknya, selama pakai mode Power, respons terhadap perubahan rasio sabuk baja ditingkatkan sehingga pengemudi dapat lebih merasakan G-force. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Perbandingan Rasa Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline dan Hybrid, Ini Bedanya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.