Manfaat Utama Oli Sebagai Bagian Penting di Dalam Mesin Sepeda Motor

oli motor

Kondisi performa mesin sepeda motor perlu dijaga. Salah satu perhatian elementer yang wajib diketahui ialah memahami fungsi oli mesin dengan baik. Cairan pelumasan ini merupakan salah satu kebutuhan esensial guna membantu komponen enjin melakukan kerjanya. Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Oli memiliki beberapa fungsi yang dapat menunjang kinerja sepeda motor.

 

Pelumasan

Oli mesin berguna supaya melumasi komponen mesin, meminimalkan gesekan. Kemudian membuat kinerja lebih ringan dan optimal. Semakin enteng gerak ditimbulkan, maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan enjin. Untuk itu, pengendara sepeda motor perlu memberikan oli dengan kualitas terbaik. Sesuai jenis dan kegunaan, agar fungsi sebagai pelumas dapat bekerja optimal.

 

Pendinginan

Lantas oli mesin berfungsi sebagai pendingin agar komponen bergerak tetap berada pada suhu stabil. Saat komponen saling bergesekan, dapat membuat mesin menjadi panas. Namun dengan adanya pelumas mengalir ke komponen. Hal ini dapat mengurangi keausan yang terjadi. Sehingga komponen tetap berada di area suhu normal.

 

Pelapisan

Bagian komponen mesin perlu dilapisi dengan baik. Dan tiap part harus saling terhubung maksimal agar kinerja mesin dapat bekerja baik. Di sini, oli memiliki peranan penting sebagai pelapis permukaan komponen mesin. Ia bakal membentuk lapisan di setiap permukaan komponen enjin. Menurut Hariadi, hal ini dapat meminimalisasi celah (clearence) yang timbul akibat renggangnya komponen mesin.

Baca Juga: 4 Fungsi dan 7 Hal Saat Pengecekan Oli Mesin Motor

 

Pembersih

Manfaat lain dari pelumas ialah mengurangi dampak gesekan mesin. Sehingga kondisi jantung pacu tetap bersih. Kotoran di dalam mesin akan diangkut oleh oli yang tersirkulasi dalam mesin. Dan akhirnya tertampung di filter oli. Kondisi ini dapat membuat bagian dalam tetap bersih karena tidak ada endapan menempel maupun menggumpal.

 

Penghalus Suara

Faedah selanjutnya, memiliki fungsi meredam suara yang ditimbulkan akibat interaksi maupun gesekan antarkomponen mesin. Jadi suara putaran piston maupun pembakaran internal terdengar lebih halus. Namun pemilik kendaraan tetap harus memperhatikan viskositas sesuai standardisasi mesin. Tidak boleh asal-asalan.

 

Pelindung Korosi

Tugas oli juga berguna memberikan lapisan menyeluruh di tiap komponen. Material dari logam sangat rentan terkena proses elektrokimia atau karat yang terbentuk. Misal akibat tercampurnya hidrogen, oksigen dan atom di besi. Maka dari itu, ia memiliki fungsi melindungi setiap part dari karat atau penyebab korosi. Kalau oli berubah warna menjadi gelap, menandakan bahwa pelumas telah berhasil mengangkat kotoran dalam mesin.

“Jadi, penggunaan oli yang tepat dan sesuai kebutuhan kendaraan dapat menunjang cara kerja mesin menjadi optimal. Untuk itu, kami sarankan agar pengguna sepeda motor Suzuki selalu datang dan memanfaatkan kemudahan layanan di bengkel resmi. Misal dalam melakukan perawatan mesin, termasuk penggantian oli secara berkala. Servis di bengkel resmi memberikan keuntungan bagi konsumen agar. Sehingga performa sepeda motor tetap terjaga dan bebas gangguan,” tutup Hariadi. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Mizzle Luncurkan Ban Matic M20 dan M22, Gunakan Teknologi Hydrogen System

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang