Mau Beli Toyota Agya 2023 Terbaru, Cek Dulu Sejumlah Kekurangannya

Toyota Agya 2023

 

KEY TAKEAWAYS

  • Berkurangnya jumlah silinder di mesin WA-VE membuat getaran lebih besar saat idle

    Walau sudah diberikan balancer, tetap saja vibrasi silinder ganjil tak bisa hilang
  • Generasi terbaru Toyota Agya 2023 dirancang untuk menggempur lawan kuat, Honda Brio. Mobil ringkas ini memang memiliki kelebihan dari rival sekelas. Nah, di artikel sebelumnya banyak diulas nilai unggulan. Tapi barang anyar ini juga punya kekurangan, yang bisa menjadi poin pertimbangan calon konsumen sebelum memutuskan beli gres.

    Agya 2023 menggunakan pilihan enjin WA-VE 1,198 cc liter tiga silinder 12 katup, DOHC Dual VVT-i. Resultan pembakaran injeksi sanggup membuncah sampai 88 PS pada 6.000 rpm. Momen puntir maksimal diraih 113 Nm di 4.500 rpm. Opsi penyaluran energi kinetik melalui girboks manual lima percepatan. Atau Dual Mode Continuously Variable Transmission (D-CVT). Tenaga kalah sedikit dari Honda Brio 90 PS & 110 Nm, walau torsi unggul tipis.

    Saat OTO Media Group berkesempatan test drive mengitari kawasan Senayan dan Jalan Gatot Subroto Jakarta. Mesin 1,2 liter tiga silinder Agya masih terasa getar. Tepatnya tatkala enjin langsam (idle), serta bergerak pelan di kondisi kemacetan. Tapi kalau melaju tanpa hambatan, aman-aman saja. Ini terjadi di varian LCGC maupun GR Sport. Walau sudah memiliki sistem balancer, namun kurang mereduksi vibrasi mesin.

    Bagian konsol tengah yang berbentuk segi tiga menurut penguji (tinggi 173 cm), terasa mengganggu kelapangan kaki kiri. Konfigurasi macam ini bikin suasana kokpit jadi sempit. Mungkin kalau dibuat persegi panjang malah bisa lega. Tanpa mengurangi fungsi sebagai kompartemen buat menaruh barang ringan atau koin.

    Baca Juga: Toyota Agya GR Sport Bukan Lagi LCGC, Masih Layak Dibeli?

    toyota agya gr sport

    Untuk Agya G CVT memiliki sistem steering rack standar dan sudah Electric Power Steering (EPS). Ketika memainkan lingkar kemudi mobil LCGC ini agak kurang mantap dipegang. Terasa ada bagian kosong saat diputar ke kanan maupun kiri. Hal itu jadi kekurangan, sekaligus sebagai diferensiasi dengan trim GR Sport, yang lebih menyenangkan digenggam.

    Nah, kekurangan lain di Toyota Agya GR Sport CVT. Dengan harga Rp254,3 juta on the road Jakarta, sayang pembungkus jok belum pakai kulit sintetis, masih berbahan fabric alias kain. Tapi yang bikin lumayan kentara sporty ialah balutan lingkar kemudi dan sejumlah logo GR Sport di beberapa tempat.

    Kekurangan lain. Baik Agya reguler maupun GR Sport belum memiliki idling stop system (ISS). Fitur ini berguna untuk mematikan mesin saat kendaraan berhenti beberapa detik. Kemudian menyala kembali ketika pedal gas ditekan. Dahulu, peranti ini hanya ada di kendaraan premium. Namun seiring perkembangan zaman, sekelas Suzuki S-Presso saja punya. Semoga versi facelift kelak mendapatkannya. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Perbedaan Rasa Berkendara Toyota Agya 1.2 G dengan GR Sport

    Jelajahi Toyota Agya

    • Tampak Depan Bawah Toyota Agya
    • Fog lamp depan Agya
    • Lampu depan Agya
    • lampu belakang Agya
    • handle pintu Agya
    • Pelek Agya
    • Tampak belakang tengah Agya
    Toyota Agya
    Rp 167,9 - 253,5 Juta Cicilan : Rp 3,83 Juta

    Model Mobil Toyota

    Mobil Toyota
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Agya
      Toyota Agya

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Hatchback

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota Agya dari Carvaganza

    Artikel Mobil Toyota Agya dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test