Mazda Indonesia Luncurkan CX-3 Sport 1.5L, Mesin Kecil Dibanderol Jauh Lebih Murah

Persaingan di kelas crossover 1.500 cc bakal seru. Baru saja ketambahan pemain baru untuk melawan Honda HR-V 1.5 dan Suzuki SX4 S-Cross. Bukan model benar-benar baru, melainkan varian bermesin kecil. Ialah Mazda CX-3 1,5 liter, dirilis PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) untuk memenuhi keinginan konsumen. Harganya relatif terjangkau dengan besaran Rp339,9 juta on the road Jakarta. Atau hampir setara Honda HR-V 1.5L E CVT Special Edition berbanderol Rp337,1 juta. Sementara varian 2,0 liter masih tersedia dilepas Rp454,4 juta. Selisih keduanya Rp115 jutaan. 


Untuk diketahui, kali pertama CX-3 Sport dikenalkan di sini pada 2017. Sekarang, pemegang merek tak sekadar menyegarkan tampilan New CX-3 Sport 1,5 liter. Crossover SUV yang diimpor utuh dari Jepang ini juga mendapatkan opsi jantung pacu lebih kecil. “Pasar SUV di Indonesia semakin ramai. Terutama untuk pasar mid-size SUV bermesin 1.500 cc. Melalui keunggulan teknologi Skyactiv yang dimiliki. Kami optimis Mazda dapat bersaing di segmen sangat menjanjikan ini. Sehingga kami membawa New Mazda CX-3 Sport 1.5L terbaru dengan mesin Skyactiv, semakin canggih,” ujar Ricky Thio, Managing Director PT EMI (29/3).


Jantung pacu CX-3 Sport 1.5L mengusung konfigurasi empat silinder segaris 1.496 cc. Resultan pembakaran piston memberi tenaga puncak hingga 111 PS di 6.000 rpm. Lantas torsi maksimal sebesar 144 Nm pada 4.000 rpm. Distribusi tenaga menggunakan transmisi otomatis Skyactiv Drive 6-speed ke roda depan. Masih sama dari model-model sebelumnya. “Meskipun menggunakan mesin dengan kapasitas lebih kecil dari sebelumnya. Namun New Mazda CX-3 Sport 1.5L ini tetap menyuguhkan kesenangan berkendara sporty nan dinamis khas Mazda,” klaim Ricky.


Mazda CX-3 1.5L


CX-3 dengan trim Sport 1.5L ini mendapatkan pilihan warna eksterior baru. Tak hanya itu, untuk memperkuat kesan sporty, warna Gunmetal juga tersedia di tipe pelek 18 inci. Lalu penggunaan font baru pada badge. Juga model kunci terbaru yang dikenal dengan 7-G key fob diterapkan di crossover gress ini. Lanjut ke bagian interior, ia mendapatkan paduan bahan kulit sintetis dan fabric. Sehingga tatanan interior tampak sporty. Kemudian nilai jual yang ditawarkan berupa teknologi kursi 7-G Mazda terbaru. Jok diklaim sanggup menopang tubuh pengemudi maupun penumpang lebih baik. Jadi bisa memberikan kenyamanan saat berkendara.


Selain itu, untuk sistem koneksi pada fitur hiburan. Sang crossover mendapatkan kemampuan koneksi nirkabel dengan Android Auto serta Apple CarPlay. Lantas penggunaan fitur Head-Up Display merupakan satu-satunya di kelasnya. Ditambah, fitur Blind Spot Monitoring guna memudahkan konsumen saat berkendara, misal tatkala hendak berpindah lajur. Tidak lupa juga perangkat Parking Sensor demi meningkatkan keamanan saat parkir.


Mazda CX-3 cabin


Bantalan udara pada CX-3 Sport 1.5L sangat dapat diandalkan. Ia dilengkapi dengan Side Airbag plus Curtain Airbag, menggenapi fitur airbag driver maupun penumpang yang telah ada. Keseluruhan jumlah kantong udara sebanyak enam titik. Maka tak heran harga jual sedikit lebih mahal dari rival macam Honda HR-V. Lalu perangkat keselamatan pun cukup. Di dalamnya tersemat Hill Launch Assist (HLA), G-Vectoring Control (GVC), Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Perangkat standar seperti ABS, EBD with BA, DSC juga TCS senantiasa ada.


Eurokars Motor Indonesia menawarkan CX-3 dalam dua varian. Yakni trim PRO yang menggunakan mesin dua liter. Sementara sport dengan enjin 1,5 liter. Untuk unit pemacu daya paling tinggi, memiliki opsi kelir: Snowflake White Pearl, Jet Black Mica, Machine Grey Metallic, Soul Red Crystal Metallic. Khusus Sport tersedia Polymetal Grey Metallic. Sila dipilih sesuai kegemaran dan preferensi berkendara. (Alx/Odi)


Foto: Edi Weente

Jelajahi Mazda CX3

Tampak Depan Bawah Mazda CX3
Mazda CX3 Rp 399,9 - Rp 445,8 Juta Cicilan Mulai : Rp 9,12 Juta
Lihat Promo

Artikel yang direkomendasikan untuk anda