Melaju Tanpa Ragu Berkat Kontrol Traksi Yamaha All New Nmax 155 Connected ABS

Yamaha aerox touring

Yamaha All New Nmax 155 Connected ABS punya deretan fitur yang membuatnya menjelma menjadi skutik terbaik dikelasnya, sejak pertama kali motor tersebut diperkenalkan di akhir tahun 2019. Mulai dari fitur konektivitas yang canggih, Dual Channel ABS yang mengoptimalkan sistem pengereman, suspensi belakang yang bisa disetel, hingga Traction Control System (TCS) yang efektif menjaga traksi ban tetap maksimal di segala kondisi jalan.

Kembali lagi, perjalanan touring OTO ExploRIDEtion Oase Pasundan masih jadi moda pengujian fitur unggulan Yamaha All New Nmax 155 Connected ABS yang menarik untuk disimak.

Dari jalur Jakarta-Puncak-Cianjur-Bandung Selatan-Pantai Selatan Jawa Barat, kami selalu dibantu oleh TCS. Secara garis besar, selama perjalanan ada tiga momen penting yang kami catat membuat fitur ini bekerja maksimal.

Pertama, saat Yamaha All New Nmax 155 Connected ABS harus mendaki di kawasan Puncak menuju Curug Panjang. Jalur bebatuan yang tak rata dengan elevasi menanjak, menuntut akselerasi optimal. Biasanya, jika motor tanpa TCS, maka kita perlu memainkan tuas gas agar roda tak tergelincir saat mencari traksi. Tak demikian dengan Nmax generasi terbaru, kami tak perlu ragu memuntir tuasnya, sebab ada TCS yang siap menjaga kendali tenaganya. Kami bisa mudah menanjak tanpa perlu khawatir.

Kedua, ketika melaju di selatan Bandung. Iklim pegunungan Ciwidey kerap mengirim kabut tebal ke hadapan kami. Satu waktu matahari cerah, bisa kelam seketika oleh sang awan di permukaan. Nahasnya, jalan yang memang relatif baru direvitalisasi ini, malah jadi licin karenanya. Di lain sisi, rutenya penuh dengan tikungan tajam yang bersambung tanjakkan terjal. Kamipun harus memutar gas tanpa ragu. Di situlah TCS terasa aktif meredam pembakaran di mesin agar roda tak tergelincir.

Ketiga, saat kami masuk ke destinasi akhir perjalanan Oase Pasundan, tepatnya di pantai Cemara, Cidamar, Cianjur Selatan. Di pintu masuk, tepat di pos pemeriksaan, ada medan berpasir yang ternyata sangat dalam. Dengan panduan TCS, motor bisa melewati jebakan pasir dengan kontrol maksimal yang aman. Lain halnya ketika kami coba padamkan fitur itu. Hasilnya roda terus berputar tanpa memperdulikan pergerakan motor, alhasil alih-alih berfungsi membangun momentum, ia malah terus menggali pasir.

Kini, TCS jadi standar baru pada skutik 150-160 cc. Yamaha mempionirkan fitur ini dan menetapkan kehadirannya pada varian terlengkap, All New Nmax 155 ABS/Connected yang dijual dengan harga Rp34,3 juta (OTR Jakarta). Hadirnya TCS membuat siapapun bisa melajukan skutik premium andalan Yamaha tersebut tanpa ragu di segala medan dan kondisi jalan.

Baca Juga: Nyamannya Perjalanan Oase Pasundan Berkat Fitur Yamaha Y-Connect

 

Bagaimana TCS Bekerja?

Yamaha Maxi Touring

Sesuai namanya, Traction Control System memang bertugas menjaga traksi roda ke aspal tetap dalam batas agar motor tetap aman dikendalikan. Secara umum, sistem ini sejatinya memang merupakan pengembangan dari Antilock Braking System (ABS). Pada rangkaian tersebut, ada sensor pada kedua roda yang bertugas membaca putaran di roda depan dan belakang. Bedanya, ABS dikendalikan oleh ECU ABS yang perintahnya diteruskan ke cakram. Pada TCS, putaran roda dibaca oleh ECU yang kemudian memberi perintah berbeda pada mesin.

Dalam kondisi default, TCS selalu aktif. Ketika roda belakang terbaca oleh sensor berputar atau berpotensi bergerak lebih cepat dari ban depan karena putaran tuas gas yang berlebih, ECU akan memanipulasi pembakaran pada mesin. Efeknya, mesin akan brebet dan meminimalisir tenaga sehingga putaran roda berkurang.

Jika Anda dalam situasi yang ingin putaran mesin tak dimanipulasi, maka TCS bisa dinonaktifkan. Aksesnya via tombol switch control yang ada di handlebar kiri. Pilih dengan telunjuk ke menu TCS, lalu tekan selama beberapa detik. Setelah dinonaktifkan, lampu TCS pada panel instrumen digital speedometer motor akan menyala, menandakan kendali kontrol berada sepenuhnya di pengemudi dan tak ada intervensi dari motor. (ADV)

 

Baca Juga: Kontrol Maksimal Yamaha All New NMax dengan Dual Channel ABS di Touring Oase Pasundan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Maka Motors Gandeng Motoriz, Perluas Layanan Purnajual di Jabodetabek
    Maka Motors Gandeng Motoriz, Perluas Layanan Purnajual di Jabodetabek
    Zenuar Yoga . 12 Sep, 2025
  • Akhiri Era Inline-Four, Yamaha Resmi Luncurkan Prototipe YZR-M1 V4 MotoGP
    Akhiri Era Inline-Four, Yamaha Resmi Luncurkan Prototipe YZR-M1 V4 MotoGP
    Zenuar Yoga . 12 Sep, 2025
  • QJMotor Resmikan Diler Baru di Bekasi, Hadirkan Layanan 3S dan Test Ride Gratis
    QJMotor Resmikan Diler Baru di Bekasi, Hadirkan Layanan 3S dan Test Ride Gratis
    Zenuar Yoga . 12 Sep, 2025
  • Simulasi Cicilan Kredit Tipe Tertinggi New Honda ADV160 RoadSync DP 10 Persen
    Simulasi Cicilan Kredit Tipe Tertinggi New Honda ADV160 RoadSync DP 10 Persen
    Anjar Leksana . 12 Sep, 2025
  • Yamaha Uji Kendaraan Listrik Swap Battery Lewat Kerja Sama dengan Ride Sharing
    Yamaha Uji Kendaraan Listrik Swap Battery Lewat Kerja Sama dengan Ride Sharing
    Zenuar Yoga . 11 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Anjar Leksana . 21 Agu, 2025
  • Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 11 Agu, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025