Mencari Perbedaan All-new Hyundai Santa Fe Hybrid dan Gasoline ICE

Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy

Generasi kelima Hyundai Santa Fe menampilkan inovasi menarik dengan powertrain baru yang menggabungkan mesin turbo dan motor listrik. Teknologi hybrid ini akhirnya menggantikan mesin diesel. Lebih canggih, ia menawarkan performa yang menyenangkan dan efisiensi yang tinggi.

All-new Hyundai Santa Fe 1.6T GDi Hybrid tidak hanya menawarkan satu pilihan mesin. Hyundai juga menyediakan opsi mesin gasoline 2.5 GDi naturally aspirated, cocok bagi yang menginginkan teknologi yang lebih sederhana.

Mengikuti kebiasaan konsumen di Indonesia, model tertinggi biasanya yang paling laris. Demikian pula dengan Santa Fe baru, varian termahal dengan mesin hybrid menjadi yang paling banyak dipesan. Sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, SUV lokal ini telah dipesan sekitar 1.400 unit. Namun, Hyundai tidak menyediakan data spesifik mengenai proporsi pemesanan antara hybrid dan gasoline.

Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy

Kami mendapat kesempatan untuk mengenal lebih dekat all-new Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy. Dengan harga Rp784,5 juta, model ini jauh lebih terjangkau dibandingkan versi hybrid Calligraphy yang dihargai Rp869,6 juta. Meskipun sebagian besar fitur kenyamanan dan keselamatan serupa, kami menemukan beberapa perbedaan yang signifikan.

Secara visual, membedakan model hybrid dan gasoline bisa menjadi tantangan. Untuk memastikannya, periksa bagasi untuk mencari emblem hybrid. Perhatikan juga detail roda; Santa Fe 2.5 GDi menggunakan pelek berukuran lebih besar, yaitu 21 inci dengan ban 245/45, sementara model hybrid menggunakan pelek 20 inci dengan ban yang lebih lebar, 255/45. Selebihnya, keduanya tampak serupa.

Interior kedua model hampir tidak bisa dibedakan. Yang perlu diperhatikan adalah panel instrumen. Jika masih tidak yakin, coba hidupkan mesinnya. Fitur-fitur yang lengkap pada trim Calligraphy memberikan tingkat kemewahan yang sama. Material berkualitas tinggi dengan balutan kulit Nappa dan konfigurasi 6 kursi dengan captain seat di tengah menawarkan kenyamanan maksimal.

Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy

Fitur-fitur yang ditawarkan sangat memanjakan pengguna. Ini termasuk pengaturan kursi elektrik yang juga berlaku untuk captain seat, kursi depan yang dapat dipanaskan dan diventilasi, kursi belakang yang dapat dipanaskan, sistem audio Bose, pengisi daya nirkabel, Bluelink, serta koneksi Android Auto dan Apple CarPlay, dan masih banyak lagi.

Trim Calligraphy tentunya juga dilengkapi peranti Hyundai SmartSense komplet. Mulai dari Surround View Monitor (SVM), Forward Collision-Avoidance Assist - Car/Pedestrian/Cyclist Detection (FCA - CAR/PED/CYC), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot View Monitor (BVM), Lane Following Assist (LFA), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go, Parking Collision-avoidance Assist (PCA), High Beam Assist (HBA) dan Parking Distance Warning (PDW).

Perbedaan yang paling mencolok terletak pada sektor penggerak. Di balik kap mesin, terdapat unit Smartstream G2.5 GDi 4-silinder 2.497 cc yang naturally aspirated, menghasilkan tenaga sebesar 194 PS pada 6.100 rpm dan torsi maksimum 246 Nm pada 4.000 rpm. Angka ini kalah jauh dibandingkan dengan varian hybrid yang menawarkan output 235 PS dan torsi 367 Nm, berkat kombinasi mesin turbo 1,6-liter dan motor listrik.

Mesin Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy

Transmisi yang digunakan juga berbeda. Kedua varian menggunakan transmisi otomatis torque converter, namun 2.5 GDi memiliki jumlah gear 8-percepatan, sedangkan hybrid hanya 6-percepatan.

Namun, perbedaan akselerasi antara keduanya tidak terlalu signifikan. Varian 2.5 GDi diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,5 detik, sedangkan 1.6T-GDi HEV hanya membutuhkan 9,5 detik. Untuk kecepatan maksimum, model ICE lebih unggul dengan kecepatan puncak 198 km/jam, sementara hybrid mencapai 190 km/jam.

Beberapa perbedaan lainnya tidak terlihat secara kasat mata, seperti pada sistem power steering yang digunakan. Model ICE menggunakan Column mounted Motor Driven Power Steering (C-MDPS), sedangkan varian hybrid menggunakan Rack mounted Motor Drive Power Steering (R-MDPS). Perbedaan ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan, hanya letak motor power steering yang berbeda; C-MDPS terletak di kolom setir, sementara R-MDPS terpasang di rack gear.

Terakhir, varian 2.5 GDi menawarkan lebih banyak pilihan Drive Mode, yaitu Eco Mode, Normal Mode, Sport Mode, dan Smart Mode. Sementara itu, varian hybrid hanya memiliki Eco Mode, Sport Mode, dan Smart Mode. (Odi)

Baca Juga: Test Drive All New Hyundai Santa Fe ke Kamojang, Bisa Seirit Ini

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Penjualan Mobil di Indonesia Januari-Agustus 2025 Turun, Ada Pergeseran di Tiga Besar
    Penjualan Mobil di Indonesia Januari-Agustus 2025 Turun, Ada Pergeseran di Tiga Besar
    Anjar Leksana . 15 Sep, 2025
  • Bukan Cuma Ingin Kalahkan, Hypercar EV Cina Ini Juga Jiplak Desain Bugatti
    Bukan Cuma Ingin Kalahkan, Hypercar EV Cina Ini Juga Jiplak Desain Bugatti
    Muhammad Hafid . 15 Sep, 2025
  • Gerah Diusik Xiaomi, Porsche Siapkan Taycan Terkencang Rebut Rekor Nurburgring
    Gerah Diusik Xiaomi, Porsche Siapkan Taycan Terkencang Rebut Rekor Nurburgring
    Wahyu Hariantono . 15 Sep, 2025
  • Jangan Lupakan Perawatan Suspensi Mobil, Waspada Kalau Ada Tanda-Tanda Ini
    Jangan Lupakan Perawatan Suspensi Mobil, Waspada Kalau Ada Tanda-Tanda Ini
    Anjar Leksana . 15 Sep, 2025
  • Chery Tanggapi Keluhan Konsumen Soal Tiggo 8 CSH, Dari AC Mati Sampai Mesin Mogok
    Chery Tanggapi Keluhan Konsumen Soal Tiggo 8 CSH, Dari AC Mati Sampai Mesin Mogok
    Bangkit Jaya . 15 Sep, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Chery J6 Modification Contest Tawarkan Hadiah Menarik
    Chery J6 Modification Contest Tawarkan Hadiah Menarik
    Anjar Leksana . 15 Sep, 2025
  • Rayakan Anniversary ke-8 Chapter Lampung, ID42NER Gelar Fun Off Road
    Rayakan Anniversary ke-8 Chapter Lampung, ID42NER Gelar Fun Off Road
    Ardiantomi . 15 Sep, 2025
  • Harga Aion UT Mulai Rp325 Juta, Siapa Saja Rivalnya di 2025?
    Harga Aion UT Mulai Rp325 Juta, Siapa Saja Rivalnya di 2025?
    Setyo Adi Nugroho . 15 Sep, 2025
  • Chery Tanggapi Tiggo 8 CSH yang Bermasalah, Perlukah Recall?
    Chery Tanggapi Tiggo 8 CSH yang Bermasalah, Perlukah Recall?
    Bangkit Jaya Putra . 15 Sep, 2025
  • Carvaganza Editors’ Choice Awards 2025 Masuk Babak Final, Inilah Daftar Finalisnya
    Carvaganza Editors’ Choice Awards 2025 Masuk Babak Final, Inilah Daftar Finalisnya
    Wahyu Hariantono . 12 Sep, 2025
  • Ada Pembaruan Toyota Innova Zenix, Ini Daftar Harga Terkini Segmen MPV Medium Tanah Air
    Ada Pembaruan Toyota Innova Zenix, Ini Daftar Harga Terkini Segmen MPV Medium Tanah Air
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2025
  • Adu Keunggulan MPV Boxy Pilihan Keluarga, Nissan Serena e-Power dan Honda Step WGN e:HEV
    Adu Keunggulan MPV Boxy Pilihan Keluarga, Nissan Serena e-Power dan Honda Step WGN e:HEV
    Setyo Adi Nugroho . 10 Sep, 2025
  • Berkenalan dengan Hiroshi Tamura, The Godfather of GT-R R35
    Berkenalan dengan Hiroshi Tamura, The Godfather of GT-R R35
    Setyo Adi Nugroho . 08 Sep, 2025
  • Pilihan Mobil Keluarga, Mitsubishi Destinator atau Toyota Kijang Innova Zenix
    Pilihan Mobil Keluarga, Mitsubishi Destinator atau Toyota Kijang Innova Zenix
    Setyo Adi Nugroho . 03 Sep, 2025
  • Lima Poin Menarik Mitsubishi Destinator, SUV 7-Seater Baru yang Nyaman dan Tangguh
    Lima Poin Menarik Mitsubishi Destinator, SUV 7-Seater Baru yang Nyaman dan Tangguh
    Ardiantomi . 31 Agu, 2025
  • Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
    Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
    Anjar Leksana . 15 Sep, 2025
  • Demi Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Tips Cek Ban ala Bridgestone Ini!
    Demi Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Tips Cek Ban ala Bridgestone Ini!
    Zenuar Yoga . 08 Sep, 2025
  • Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
    Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
    Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2025
  • EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
    EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
    Setyo Adi Nugroho . 12 Agu, 2025
  • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • First Drive Ferrari 12Cilindri: Simfoni Terakhir Mesin V12 Tanpa Elektrifikasi?
    First Drive Ferrari 12Cilindri: Simfoni Terakhir Mesin V12 Tanpa Elektrifikasi?
    Wahyu Hariantono . 03 Sep, 2025
  • Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
    Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
    Anjar Leksana . 27 Agu, 2025
  • First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
    First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
    Anjar Leksana . 11 Agu, 2025
  • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025