Demi menyesuaikan regulasi emisi gas buang diesel Euro 4 di Indonesia. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) segera merilis kendaraan niaga ringan Colt L300 pada 28 Juni 2022. Dalam konferensi pers beberapa waktu lalu. Mereka mengungkap, hanya sementara mengimpor unit dari Filipina. Sebab di sana sudah mengantongi sertifikasi Euro 4. Jadi mesin Astron 2,5 liter Euro 2 ditanggalkan, beralih pakai 2,2 liter turbo diesel.
Untuk diketahui, Colt L300 di model lawas menggunakan mesin diesel Astron 2,5 liter berkode 4D56. Spesifikasi bore mencapai 91,1 mm dan stroke 95 mm. Enjin peminum solar ini dapat mengeluarkan daya puncak 74 PS pada 4.200 rpm. Lalu torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm. Ia disalurkan pakai transmisi lima percepatan. Sedangkan enjin yang sesuai regulasi Euro 4 malah berkubikasi lebih ringkas. Tapi dorongan tenaga lebih besar.
Bukan rahasia lagi kalau L300 edisi facelift 2022 menggunakan enjin 2,2 liter turbo (4 in-line 16 valve DOHC with turbocharged intercooler system). Output bisa dilihat dari model di Filipina. Dengan sistem pengabutan common rail direct injection, tenaga tersalur jauh lebih besar. Yakni 99,25 PS di 3.500 rpm dan momen puntir maksimal 200 Nm sejak 1.000-3.500 rpm. Penyaluran sama, pakai transmisi manual 5-speed ke roda belakang.
Baca Juga: Harga Mitsubishi Pajero Sport Euro 4 Naik, Ada Tambahan Fitur Baru
Model pikap di sana memiliki panjang 4.440 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.915 mm. Jarak sumbu roda 2.350 mm dengan ground clearance 195 mm. Adapun ukuran bobot keseluruhan 1.130 dan daya angkut maksimal 2.345 kg. Tipe suspensi terpasang double wishbone dan coil spring di bagian depan L300. Sementara di belakang, mengusung semi elliptic leaf spring. Ukuran ban L300 185 ring 14. Format ini sangat diyakini sama buat market Indonesia.
Terus, sektor pengeremannya sama dari model lawas. Sang pikap sudah menggunakan cakram berventilasi 10 inci di bagian depan. Walau tromol masih dipakai di roda belakang, tetapi itu cukup guna mengoptimalkan penghela laju kendaraan. Yang membedakan lagi, kini grille dibalut lapisan kromium. Spesifikasi terkandung dinilai cukup untuk menghadapi berbagai medan.
“Sebenarnya, memindahkan produksi ke Filipina hanya semenyara. Karena kami ingin memberikan produksi yang lebih tepat untuk negara ASEAN, makanya dipindahkan. Tapi bukan berarti kami menyerahkan produk itu tidak diproduksi di Indonesia. Karena ini (L300) adalah produk yang sangat bersejarah buat Indonesia. Ini hanya sementara dan akan kembali lagi. Euro 4 (diesel) merupakan regulasi baru di sini. Kami juga harus ikut, termasuk Mitsubishi. Negara lain telah memberlakukan (aturan itu), jadi tidak perlu khawatir, karena produk ini juga tidak akan mengalami kendala,” terang Naoya Nakamura, President Director MMKSI, saat konferensi daring beberapa waktu lalu. (Alx/Odi)
Baca Juga: Penjualan Mitsubishi Mei 2022 Terkoreksi Banyak, Xpander Tetap Kontributor Utama
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.