Mobnas Vietnam Siap Luncurkan Kendaraan Semi Otonom Pertengahan 2022

ZF and VinFast

Jenama otomotif asal Vietnam, VinFast (mobil nasional) siap membuat kejutan lagi. Kali ini mereka telah mengumumkan di Consumer Electronics Show (CES) 2022 Amerika Serikat. Perusahaan bakal menjalin kerja bareng ZF (perusahaan Jerman) untuk mengembangkan sejumlah sistem bantuan pengemudi (ADAS) tingkat lanjut. Hasilnya kolaborasi sebagai mobil semi otonom bakal ditampilkan pada pertengahan tahun ini. Pergerakan mereka di bidang teknologi tak bisa dibilang lamban. Sanggup menyesuaikan tren pasar global.

Dalam pembagian tugas saat membesut kendaraan semi otonom. ZF siap memasok kamera, radar dan sensor LiDAR. Semuanya dapat berinteraksi ke unit kontrol pusat ZF. Kombinasi dari komponen-komponen ini dapat memungkinkan VinFast untuk menjajakan kendaraan yang mampu mencapai otomatisasi Level 2+. Tentu dengan fungsi semakin canggih. Kelak konsumen mendapat fitur seperti Traffic Jam Pilot, Highway Driving Chauffeur dan Automated Valet Parking.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan VinFast untuk menghadirkan tingkat otonom yang lebih tinggi pada kendaraan penumpang ringan mereka. Meningkatkan kemampuan segala bentuk mobilitas adalah tujuan kami. Desain dan pengembangan sistem Autonomous Driving (AD) tingkat tinggi dapat membantu pengemudi di seluruh dunia. Yaitu dalam menikmati tingkat keamanan, kenyamanan dan kecerdasan semakin tinggi. Ini adalah visi kami ketika kami berbicara tentang: The Next Generation of Mobility. Dan satu titik bukti bagaimana kami mewujudkannya sekarang, ” terang Martin Fischer, ZF Board Member and Lead Executive for the Americas Region.

VinFast e35

VinFast menyatakan bakal meluncurkan sistem otonom Level 2+ mulai pertengahan 2022. Setelah itu, mereka juga terus bekerja dengan ZF untuk mengintegrasikan set sensor lebih canggih. Termasuk pengontrol pusat untuk mengaktifkan fungsi otonom Level 3 atau lebih tinggi selama beberapa tahun ke depan. Kemudian solusi parkir otomatis ZF yang merupakan salah satu sistem pertama. Dirancang untuk mengandalkan perangkat sensor kendaraan dan tidak memerlukan struktur parkir yang telah dipetakan dan diinstrumentasi untuk beroperasi.

“Perusahaan kami menjalin kolaborasi luar biasa karena tujuan kami untuk mobilitas begitu selaras dengan sempurna. Untuk masa depan, baik itu elektrifikasi maupun otonom. Kami berusaha membantu melindungi pelanggan kami sambil menyediakan transportasi yang meningkatkan segala aspek. Keamanan, kenyamanan dan efisiensi. Kami bekerja sama untuk mencapai visi ini bagi pelanggan VinFast, saat kami memperluas penjualan kami di seluruh dunia,” beber Le Thi Thu Thuy, CEO VinFast Global.

ZF memvalidasi menjalin kerja sama di bidang otononom dengan sejumlah pabrikan. Sebelumnya, ada coASSIST, telah diluncurkan Dongfeng di Cina. Mereka melihat minat pelanggan yang tinggi untuk kemajuan mobil lewat sistem L2+ dan coPILOT. Perangkat dapat diskalakan hingga Level 4. Termasuk paling baru, kemitraan bersama VinFast. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Mahasiswa ITS Rancang SUV Listrik Berwajah Futuristis

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang