Suzuki Indomobil Sales (SIS) menilai, mobil ramah lingkungan bukan lagi sekadar alternatif. Situasi tersebut tercermin dari retail sales mobil penumpang mereka selama April 2025. Model mild hybrid berkontribusi 51 persen, walau tidak disebut lebih perinci jumlahnya. Capaian ini merefleksikan permintaan tinggi sekaligus perubahan sikap pengguna menuju preferensi kendaraan beremisi rendah. Tren kendaraan elektrifikasi juga mulai berkembang di Indonesia. Bahkan sekarang persaingan pasar otomotif nasional semakin ketat.
Persentase Penjualan Model Hybrid
Penerimaan pasar terhadap teknologi hybrid menjadi solusi mobilitas berkelanjutan yang mudah dan dapat diandalkan serta sesuai kondisi Indonesia. Keberhasilan ini lebih dari sekadar momen musiman atau keberuntungan. Tren solid ini telah dibangun sejak awal tahun. Dimulai dengan kontribusi penjualan model hybrid 46 persen pada Januari 2025, tumbuh menjadi 47 persen pada Februari, kemudian mencapai puncaknya pada Maret sebesar 52 persen. Pertumbuhan ini dibentuk oleh keyakinan konsumen untuk memiliki dan menggunakan mobil hybrid Suzuki. Perlu diketahui, dua dari tiga model merupakan buatan dalam negeri dengan lokal komponen (TKDN) tinggi.
Kepercayaan pelanggan tidak lepas dari asal usul merek yang terpercaya dan teruji seperti Suzuki. Lebih meyakinkan lagi, 83 persen dari keseluruhan model hybrid terjual selama empat bulan tersebut merupakan produksi Indonesia, tepatnya dari pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat. Lokasi manufaktur menjadi alasan kuat bagi konsumen ketika mengambil keputusan jangka panjang. Karena komitmen produsen merupakan pemberi ketenangan bagi pelanggan selama menggunakan mobil.
“Bulan lalu, kami mencatat adanya koreksi kecil angka retail sales April 2025. Namun jika melihat data dalam perspektif luas. Penurunan tersebut masih dapat diterima dalam konteks fluktuasi pasar yang lebih besar. Secara persentase, kontribusi model hybrid masih menunjukkan kinerja positif dan harus terus dikelola secara baik,” ungkap Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS, menyikapi perolehan penjualan model hybrid.
Produksi XL7 dan Ertiga Hybrid
Suzuki memproduksi model hybrid di Indonesia seperti New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid. Langkah ini bukan hanya dilakukan untuk memenuhi permintaan dari konsumen dalam negeri saja. Sejumlah negara turut merasakan kualitas serta manfaat dari mobil-mobil itu melalui kinerja ekspor. Beberapa di antaranya Amerika Selatan, Oceania, maupun berbagai negara di Asia Tenggara.
Keberadaan New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid sebagai produk global juga memberi rasa bangga bagi para pengguna. “Membangun kepercayaan terhadap teknologi hybrid memang ada tantangan tersendiri. Namun dengan konsistensi beserta ketulusan kami dalam melayani pelanggan. Secara perlahan manfaatnya telah terlihat maupun dapat dirasakan bersama. Popularisasi model hybrid kami bukan sekedar tentang penjualan saja. Tetapi juga merupakan bentuk kontribusi nyata Suzuki bagi Indonesia,” Randy memungkasi. (Alx)
Baca Juga:
Toyota Indonesia Recall Yaris Cross karena Potensi Problem Panoramic Roof
Daihatsu dan D’Masiv Kampanyekan Semangat Lewat Lagu Bahagia Sejak Pertama
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.