Pajang Kendaraan Listrik di GIIAS 2022, Toyota Jelaskan Multiple Pathway

Toyota at GIIAS 2022

 

KEY TAKEAWAYS

  • Toyota bZ4x hanya sebatas diperkenalkan belum dijual

    Juga batal menjadi mobil KTT G20 yang digantikan Lexus UX300e
  • PT Toyota Astra Motor (TAM) memperjelas strategi mereka dalam menyambut era kendaraan ramah lingkungan lewat Multiple Pathway. Toyota hadir di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, di ICE, BSD City, Tangerang dengan beragam model kendaraan konvensional, hybrid serta elektrik.

    Henry Tanoto, Vice President PT TAM mengungkapkan. Pihaknya menyediakan berbagai solusi mobilitas ramah lingkungan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Di GIIAS 2022, ada tiga merek yang berada di bawah naungan Toyota. Yaitu Toyota, GR Sport dan Lexus. Masing-masing merek menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat dalam berkendara.

    "Toyota dan Lexus menghadirkan pilihan lengkap. Ada Plug in hybrid, hybrid electric vehicle, juga baterai electric vehicle sebagai opsi mobilitas sesuai kebutuhan. Toyota mengajak lebih banyak masyarakat mengurangi emisi karbon untuk memenuhi target pengurangan emisi," ucap Henry dalam sambutannya, Kamis (11/8).

    Toyota mengungkapkan tren kendaraan listrik semakin meningkat. Dari data per 11 Juli 2022, Toyota telah menjual 6.600 unit kendaraan elektrifikasi. Ini menurunkan kadar emisi CO2 lebih dari 25 ribu ton.

    Salah satu yang diperlihatkan adalah SUV listrik bZ4x. SUV ini sebelumnya diproyeksikan menjadi kendaraan resmi KTT G20. Namun tugas tersebut dilimpahkan kepada Lexus model UX300e. Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT TAM mengungkapkan status bZ4x saat ini hanya kendaraan untuk ditampilkan di pameran saja. Belum ada rencana untuk menjual di Indonesia.

    Baca Juga: Toyota Siap Bawa 25 Kendaraan dari 3 Brand Sekaligus di GIIAS 2022

     

    Toyota at GIIAS 2022

    "Saat ini baru display. Tapi kita sudah bicarakan ke prinsipal kalau misalnya ada potensi menghadirkan bZ4x nantinya pasti akan kita informasikan," ucap Anton.

    Anton menjelaskan. Nantinya untuk KTT G20 akan diberikan 143 unit Lexus UX300e guna keperluan transportasi setingkat menteri di KTT G20. Rencana elektrifikasi Toyota di Indonesia masih soal produksi kendaraan hybrid pertama di pabrik TMMIN tahun ini. "Sudah pasti tahun ini, tunggu saja?," ucap Anton.

    Spesifikasi bZ4x di Indonesia tidak berbeda dengan pasar global. Menggunakan platform e-TNGA dan memiliki dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.650 mm. Terdapat dua jenis varian penggerak yakni AWD dan FWD. Versi FWD mendapat tenaga hingga 150 kW dan AWD motor listrik dengan tenaga 160 kW. Kedua varian ini menggunakan baterai lithium-ion yang terletak di bagian dek bawah dengan tegangan sebesar 355 volt.

    Kemampuan akselerasi SUV ini cukup mengesankan. Dari diam hingga 100 km/jam dapat dicapai dalam 8,4 detik untuk FWD dan 7,7 detik untuk AWD. Soal pengisian, baterai bZ4x dapat terisi dalam 30 menit untuk mencapai 80 persen. Ada juga teknologi panel surya di atap mobil. (Sta/Odi)

     

    Baca Juga: Toyota Astra Motor akan Luncurkan GR 86 di GIIAS 2022?

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    Artikel Mobil Toyota dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test