Paten Bebek Trail Honda XRM 125 Terdaftar, Akankah Dijual?

Honda XRM 125

Baru-baru ini terpantau sebuah paten motor bebek unik. Mengutip Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (Kemenkumham) Indonesia sebuah motor bebek bergaya trail didaftarkan dengan nomor permohonan A00202102019. Dijelaskan pula jika tanggal perlindungan dimulai sejak 21 Agustus 2021. bebek trail XRM 125 ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (Kemenkumham) Indonesia.

Sementara desain industri dipegang langsung oleh Honda Motor Co LTD yang berlokasi di Tokyo, Jepang. Perancangnya tertulis Chalermpol Thepprapan dan Sorawit Maliphan berkebangsaan Thailand. Kalau mengamati lebih detail, identik Honda XRM 125 yang sudah beredar di Filipina. Apakah mau masuk sini?

 

Desain dan Spesifikasi Honda XRM 125

Honda XRM 125

Menelisik desain Honda XRM 125, motor ini bisa dibilang perpaduan antara motor Ayam Jago (ajago) dan trail. Dari depan pakai setang model tinggi melebar, penggunaan spakbor trail, dan cover headlamp yang memiliki kemiripan dengan CRF150L. Namun ketika melihat dari samping dan belakang, desainnya kental dengan tampilan dari motor yang kita kenal di Indonesia. Coba lihat saja, tarikan garisnya sekilas mirip Honda Sonic 150. Aura trail didapat dari suspensi travel tinggi di haluan depan. Sementara di belakang menggunakan model ganda yang memang umum dipakai di motor bebek.

Untuk dimensinya motor ini juga terbilang kompak, panjangnya hanya berkisar 1.933 mm, lebar 833 mm, dan tinggi 1.049 mm. Sementara untuk wheelbase bermain di 1.239 mm yang dipadukan dengan ground clearance 143 mm. Selebihnya untuk tinggi bangku dari XRM 125 adalah 774 mm dan berat kering dari motor ini hanya 97 kilogram. Rasanya akan cukup mudah dikendalikan pemotor dengan postur orang Asia.

 

Baca Juga: Honda Monkey di Indonesia Dapat Ubahan Mesin dan Transmisi

Dari laman resmi Honda Motor Filipina, XRM 125 tersedia dalam 3 pilihan berbeda. Pertama ada tipe DS yang diposisikan sebagai varian paling murah, tipe DSX mengisi posisi varian tengah, dan tipe Motard sebagai trim tertinggi. Terkait harganya, XRM 125 DS dijual 68.900 peso atau Rp19,6 juta, XRM 125 DSX diniagakan 71.900 peso atau Rp20,5 juta dan XRM 125 Motard diego 73.900 peso atau Rp21 jutaan.

Pembeda ketiganya ada di bagian kaki-kaki dan aksesori. Misalnya tipe DX alias paling murah dibekali dengan velg jari-jari dan ban dual purpose. Sementara tipe Motard tampil lebih sporty dengan pengguna cast wheel dan ban on road.

Honda XRM 125 dibekali mesin 125 cc, 4-tak, SOHC, pendingin udara, dan sudah berpengabut injeksi PGM-Fi dengan standarisasi Euro 3. Di atas kertas motor ini memiliki tenaga maksimal 9,5 daya kuda pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,5 Nm di puntiran mesin 6.500 rpm. Output itu disalurkan lewat transmisi manual 4-percepatan.

Klaim pabrikan, Honda XRM 125 memiliki catatan konsumsi bahan bakar apik. Seliter bensin bisa berkendara sampai 65,4 kilometer. Adapun untuk volume tangki BBM bisa menenggak sampai 3,9 liter bensin.

 

Apa Kata AHM?

XRM125 Motard

Sinyal ini setidaknya memberikan angin segar untuk menstimulasi penjualan. Apalagi jenis motor bebek lagi lesu beberapa tahun belakangan. Saat dikonfirmasi, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin sayangnya tak mau berkomentar banyak. Menurutnya model itu belum masuk proyeksi produk yang akan diluncurkan di pasar domestik. "Sejauh ini bukan sinyal (paten di PDKI), karena memang tidak ada rencana meluncurkan di Indonesia. Soal yang mendaftarkan Honda Jepang, saya tidak berhak untuk memberikan penjelasan terkait itu," katanya, (1/9).

Kendati demikian, peluang terealisasi tetap ada. Namun kembali lagi, semua itu pasti berdasarkan analisa dan riset pasar internal AHM, cocok atau tidak untuk konsumen. Kita tunggu saja kabar baiknya. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Sudah Beredar di India, Akankah Honda CB200X Masuk Sini?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Anjar Leksana . 25 Mar, 2024
  • Promo Ramadan, Diler Motor Honda Ini Kasih Diskon hingga Rp5 Jutaan
    Promo Ramadan, Diler Motor Honda Ini Kasih Diskon hingga Rp5 Jutaan
    Anjar Leksana . 14 Mar, 2024
  • Instruktur Safety Riding AHM Dapat Gelar Terbaik di Kawasan Asia-Oceania
    Instruktur Safety Riding AHM Dapat Gelar Terbaik di Kawasan Asia-Oceania
    Zenuar Yoga . 04 Mar, 2024
  • AHM Kasih Paket Pelatihan Berkendara Buat Pemilik Motor Listrik Honda EM1 e:
    AHM Kasih Paket Pelatihan Berkendara Buat Pemilik Motor Listrik Honda EM1 e:
    Zenuar Yoga . 01 Mar, 2024
  • IIMS 2024: AHM Memperkenalkan Skuter Listrik Honda SC e: Concept
    IIMS 2024: AHM Memperkenalkan Skuter Listrik Honda SC e: Concept
    Zenuar Yoga . 17 Feb, 2024
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 16 Jan, 2024
  • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
  • Safety Riding Offroad Berujung Terabas Menembus Karst Citatah Bersama Honda CRF150L
    Safety Riding Offroad Berujung Terabas Menembus Karst Citatah Bersama Honda CRF150L
    Zenuar Yoga . 03 Agu, 2023
  • Seleksi Yamaha NMax 155 Vs Honda PCX 160, Siapa yang Layak Dibeli?
    Seleksi Yamaha NMax 155 Vs Honda PCX 160, Siapa yang Layak Dibeli?
    Bangkit Jaya Putra . 14 Jul, 2023
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
  • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
  • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022
  • Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
    Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
    Bangkit Jaya Putra . 29 Mar, 2022