Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Penjualan Positif, Daihatsu Yakin Tetap Menjaga Pangsa Pasar

    Tren positif terus diperlihatkan penjualan otomotif. Perhitungan Oktober dibanding September 2020, ada kenaikan retail sales sebesar 6 persen menjadi sekitar 46 ribu unit. Bagi Daihatsu, ritmenya juga demikian. Sigra masih tetap paling dominan di tengah performa pasar yang belum normal. Mereka tetap yakin menjaga pangsa pasar serta posisi kedua, setelah Toyota.


    Menurut mereka, pemulihan pasar otomotif juga sejalan dengan kondisi perekonomian Indonesia secara bertahap. Laju pertumbuhan ekonomi tercermin pada PDB (Produk Domestik Bruto) secara YoY (Year on Year). Walau memasuki kondisi resesi, namun terjadi peningkatan positif. Pada kuartal II berada di -5,32 persen lalu menjadi -3,49 persen selama kuartal III. Selain itu, menurut laporan WEO – IMF (World Economy Outlook – International Monetary Fund) pada Oktober 2020. Persentase penurunan ekonomi Indonesia sebesar -1,7 persen relatif lebih baik dibandingkan negara lain.


    “Yang penting bagi kami trennya tetap positif. Dan kami berharap kurva penjualan bisa membentuk V. semoga tetap bagus hingga Desember 2020 walau kondisi belum pulih benar. Isunya sekarang GDP minus -3,49 persen di kuartal tiga. Bisa dibilang Indonesia masuk resesi. Ini masih lebih kecil dibanding kuartal kedua (-5,32 persen). Diprediksi hingga 2021 pertumbuhan Indonesia minusnya sedikit. Ini yang bikin Daihatsu tetap optimis di masa mendatang,” ungkap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) secara daring (19/11).


    Jika dibedah lebih lanjut. Kenaikan pada segmen komersil terjadi pada Daihatsu. Secara bulanan, retail ADM pada Oktober 2020 tercatat sebanyak 8.135 unit. Angkanya naik sekitar 5,4 persen dibandingkan September lalu sebesar 7.721 unit. Raihan pertama, Gran Max Pick Up berkontribusi 2.827 unit, atau menyumbang sebesar 34,8 persen. Lalu disusul Sigra sebesar 1.782 unit (21,9 persen) dan Ayla 1.013 unit (12,5 persen).


    Daihatsu Sigra


    Bila semua dihitung, penjualan periode Januari – Oktober 2020, Daihatsu tetap mempertahankan posisi kedua nasional. Capaian retail sales sebesar 81.623 unit, atau peningkatan market share menjadi 18 persen dibandingkan periode sama 2019 yang hanya 16,9 persen. Sedangkan pada wholesales, secara total mencapai 77.471 unit. Pangsa pasar melonjak menjadi 18,4 persen jika dibandingkan periode sama tahun lalu 17,7 persen.


    “Target yang ingin kita capai dengan mempertahankan posisi nomor dua. Kemudian pangsa pasar minimal 17 persen hingga akhir 2020. Kami selalu melihat patokan pertumbuhan ekonomi nasional. Tahun depan diproyeksi bisa 5 persen. Maka kami yakin market otomotif bakal alami tren positif. Namun demikian, pasar untuk 2021 rasanya belum begitu pulih,” Hendrayadi menambahkan.


    Untuk kontribusi tiam model, secara akumulatif (retail) hingga Oktober 2020. Astra Daihatsu Sigra masih menjadi pilihan utama masyarakat dengan capaian sebesar 21.700 unit. Atau berkontribusi sebesar 26,6 persen. Gran Max Pick-Up menempati posisi selanjutnya sebanyak 19.058 unit (23,3 persen) dan Terios 11.891 unit (14,6 persen).


    Brand Awareness


    Agar citra merek terus melekat di benak masyarakat. ADM membuat serial animasi bertajuk Petualangan Didi dan Hatsu. Ini merupakan film pendek dengan konsep anime series untuk anak dengan tayangan edukatif dan positif. Tayangan siap menemani keseharian dan menjaga keceriaan sang anak. Acara ini dapat dinikmati melalui platform Youtube perusahaan. Sesuai namanya, penamaan tokoh utama pada Didi dan Hatsu mengambil basis nama dari Daihatsu.


    Tayangan perdana muncul pada September 2020. Dengan memiliki total enam episode, film ini merupakan hasil kolaborasi antara Daihatsu dengan animator lokal, yakni RUS (Raden Umar Said) Animation Studio. Mereka merupakan animator kompeten lokal bertaraf internasional. “Program ini adalah bagian dari strategi branding. Dan yang paling baik ialah dimulai dari anak-anak. Pada waktunya mereka bisa ingat, Daihatsu ada saat mereka membutuhkan juga. Memang saat ini mereka bukan target market. Kelak saat tumbuh dewasa, bakal teringat Daihatsu saat membutuhkan kendaraan,” imbuh Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam diskusi virtual. (Alx/Odi)