Perbandingan Kekuatan Motor Kia EV6 GT-Line Lawan Toyota bZ4X

kia ev6 vs toyota bz4x

 

APM otomotif di Indonesia mulai ramai-ramai mendatangkan kendaraan listrik murni. Paling baru ada Kia EV6 GT-Line yang dijual Rp1,299 miliar. Jika dilihat dari harga, maka ia berhadapan langsung dengan Toyota bZ4X. TAM membanderol Rp1,19 miliar on the road Jakarta. Kacek Rp109 jutaan. Segmennya sama, EV crossover, membidik kaum urban berdompet tebal. Mari komparasi kekuatan masing-masing motor penggerak.

 

Jantung Elektrik

kia ev6 gt

Sebagai kendaraan listrik murni, Kia EV6 GT-Line berpijak di atas platform New Electric Global Modular Platform (E-GMP) terbaru dari Hyundai Motor Group. Mobil dilengkapi dengan dual motor dan sistem penyaluran ke roda, All Wheel Drive (AWD). Keluaran tenaga instan mencapai 320 Hp atau 324,4 PS dan torsi puncak 605 Nm. Lari cepat dari 0-100 kpj tuntas dalam hitungan 5,2 detik.

Toyota bZ4X memberikan daya maksimal 150 kW (204 PS). Momen puntir instan 266 Nm sangat membantu akselerasi kendaraan. Sistem gerak pakai Front Wheel Drive (FWD). Pengendalian diklaim amat menyenangkan dan presisi. Sebab sebagian besar torsi maksimum tersedia dari (putaran mesin) rpm bawah. Tidak ada banyak hambatan, karena energi kinetik langsung dilempar ke roda depan. Untuk mengilat dari 0-100 kpj cuma butuh tempo 7,5 detik. Tapi keluaran power sangat timpang dari kepunyaan Kia EV6 GT-Line.

Baca Juga: Pilih Mobil Listrik, Hyundai Ioniq 5 atau Nissan Leaf?

 

Baterai & Daya Jelajah

Toyota bZ4X production

EV6 GT-Line pakai baterai berkapasitas 77,4 kWh dan 800 volt. Klaim perusahaan, mobil sanggup melaju sejauh 506 kilometer. Untuk pengisian daya baterai, dibutuhkan waktu 7 jam apabila menggunakan pengisian daya Wall Charger berarus AC, berdaya 11 kW. Sementara jika via Fast Charging DC dengan daya 50 kW. Hanya butuh 73 menit dari 10 hingga 80 persen. Bahkan bisa isi lewat DC Ultra-fast Charging berdaya 200 kW lebih. Mengecas hingga 80 persen dalam waktu 18 menit.

Di lantai bZ4X, terpasang baterai lithium ion 71,4 kWh dan 355 volt. Untuk pengisian cepat hingga 80 persen hanya 30 menitan saja. Sedangkan pengecasan di rumah hingga penuh sekitar 9 jam. Soal daya jelajah, tipe paling murah sanggup berkelana hingga 500 km. Terus tersedia mode berkendara, ada Eco, Normal dan Snow. Kalau di EV6 GT-Line ada Eco, Normal, Sport serta Snow.

Baik Toyota bZ4X maupun Kia EV6 GT-Line sudah memiliki perangkat keamanan gabungan. Atau familier dengan sebutan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Keduanya juga mengantongi fitur Park Assist yang memudahkan Anda. Bisa parkir otomatis. Lantas kenapa harganya lebih mahal dari Hyundai Ioniq 5? Karena mobil bukan dirakit di sini. Sehingga unit kena bea masuk (impor) dan PPnBM 15 persen. Nah, kalau ditimbang dari segala hal, rasanya EV6 GT-Line lebih layak dipilih dari produk Toyota. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Adu Performa Mobil Hybrid, Wuling Almaz Vs Toyota Corolla Cross

Kia EV6 vs Toyota bZ4X Comparison

Kia EV6
  • Rp 1,35 - 1,8 Milyar
Toyota bZ4X
  • Rp 1,19 Milyar
Kia EV6 vs Toyota bZ4X
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Kia Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Mobil Kia EV6 dari Carvaganza

  • Kia EV6 Dapat Update Tampilan, Baterai Bisa Tempuh Jarak Lebih Jauh
    Kia EV6 Dapat Update Tampilan, Baterai Bisa Tempuh Jarak Lebih Jauh
    Anjar Leksana . 17 Mei, 2024
  • Test Drive:  Kia EV6 GT-Line, Enak Diajak Bermanuver dan Padat Tenaga
    Test Drive: Kia EV6 GT-Line, Enak Diajak Bermanuver dan Padat Tenaga
    Alvando Noya . 17 Nov, 2023
  • Kia EV6 Raih Best Electric Car Dari Carvaganza Editors' Choice Awards 2023
    Kia EV6 Raih Best Electric Car Dari Carvaganza Editors' Choice Awards 2023
    Tomi Tomi . 14 Okt, 2023
  • GIIAS 2023: Kia EV6 GT Tawarkan Bukan Cuma Gaya, Tapi Performa Sebanding Supercar
    GIIAS 2023: Kia EV6 GT Tawarkan Bukan Cuma Gaya, Tapi Performa Sebanding Supercar
    Bangkit Jaya . 17 Agu, 2023
  • FIRST DRIVE: Kia EV6 GT-Line, Bukan Cuma Ekstra Harga Dibanding Ioniq 5
    FIRST DRIVE: Kia EV6 GT-Line, Bukan Cuma Ekstra Harga Dibanding Ioniq 5
    Wahyu Hariantono . 16 Mar, 2023

Artikel Mobil Kia EV6 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Kia EV6 Dapat Penyegaran, Daya Jelajah Bertambah Menjadi 494 Km
    Kia EV6 Dapat Penyegaran, Daya Jelajah Bertambah Menjadi 494 Km
    Anjar Leksana . 17 Mei, 2024
  • Kia EV6 GT-Line Sabet Penghargaan Best Electric Car di CEC 2023
    Kia EV6 GT-Line Sabet Penghargaan Best Electric Car di CEC 2023
    Ardiantomi . 13 Okt, 2023
  • Hyundai Ioniq 6 dan Kia EV6, Layak Dibandingkan?
    Hyundai Ioniq 6 dan Kia EV6, Layak Dibandingkan?
    Setyo Adi Nugroho . 30 Agu, 2023
  • Kia EV6 GT Dijual Rp1,699 Miliar, Apa Kehebatannya?
    Kia EV6 GT Dijual Rp1,699 Miliar, Apa Kehebatannya?
    Bangkit Jaya Putra . 17 Agu, 2023
  • KIA Mulai Serahkan Unit EV6 ke Konsumen
    KIA Mulai Serahkan Unit EV6 ke Konsumen
    Zenuar Yoga . 11 Mar, 2023
  • Mobil Listrik Antimainstream Seharga Rp1 Miliar, Kia EV6 GT Line Lawan Renault Megane E-Tech
    Mobil Listrik Antimainstream Seharga Rp1 Miliar, Kia EV6 GT Line Lawan Renault Megane E-Tech
    Setyo Adi Nugroho . 29 Mar, 2023
  • Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2024
  • First Drive Kia EV6 GT-Line: Saudara Hyundai Ioniq 5 dalam Perspektif Berbeda
    First Drive Kia EV6 GT-Line: Saudara Hyundai Ioniq 5 dalam Perspektif Berbeda
    Wahyu Hariantono . 24 Mar, 2023