Perubahan Varian All New Toyota Avanza, Kenali Detailnya

Toyota Avanza G

Transformasi besar-besaran Toyota Avanza generasi baru, bukan hanya dari segi desain dan teknis. Line-up varian pun mengalami perubahan mendasar. Kini lebih mengedepankan mesin 1,5-liter sebagai jagoan utama. Walau masih ada enjin 1,3-liter di tipe terendah. Apa saja penawarannya sekarang dan berapa harganya?

 

All New Avanza 1.3 E (Rp206,2 juta)

Toyota Avanza 1.3 E

Avanza tipe E tetap dipertahankan sebagai strata terbawah. Seperti model terdahulu, kelengkapan dan tampilan sudah pasti paling sederhana. Polos tanpa hiasan kromium sama sekali. Foglamp juga tidak ada, sehingga sangat cocok dijadikan armada operasional atau fleet. Bagi konsumen yang ingin menjadikan moda transportasi online juga cocok memilih varian ini.

Garis besar desain sama seperti All New Avanza G. Fasad didominasi grille trapesium ekstrabesar dan lampu utama LED. Pelek berukuran 15-inci turut menunjang penampilan. Beruntung, sudah jenis alloy. Tidak lagi pelek kaleng yang ditutup wheel cap. Terlihat ada peningkatan terhadap kemewahan meski tetap sebagai varian paling bontot. Sesuai dengan harga ditawarkan senilai Rp206,2 juta.

Kelengkapan kabin juga tidaklah spartan. Setir polos tanpa ada tombol pengaturan audio. Tapi head unit sudah berupa monitor layar sentuh berukuran 7-inci. Punya koneksi Bluetooth untuk terhubung ke smartphone dan dilengkapi akses USB juga.

Fitur keselamatan punya sisi kelebihan dan kekurangan. Kini Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) sudah ada di Avanza E. Bersamaan dual airbag dan ABS+EBD+BA. Sayang Toyota belum memberikan alarm+immobilizer. Sehingga masih rentan dicuri. Begitu pula ketidakhadiran sensor parkir yang nihil.

Soal performa, tipe ini satu-satunya Avanza yang ditenagai jantung 1,3-liter. Mesin lama 1NR-VE Dual VVT-i dipertahankan, dengan ubahan posisi untuk menggerakkan roda depan (FWD). Tenaga 98 PS dan torsi 122 Nm ditransfer oleh transmisi manual 5-percepatan. Tanpa kehadiran girboks CVT baru untuk trim ini, menegaskan kurang pas untuk konsumen pencari kenyamanan.

Baca Juga: Toyota Tampilkan All New Avanza dan Veloz di GIIAS 2021

 

All New Avanza 1.5 G (Rp228,5 - Rp264,6 juta)

Toyota Avanza 2022 rear end

Mesin 1,3-liter tidak lagi bersemayam di Avanza tipe G. Penggunaan 2NR-VE 1,5-liter Dual VVT-i menunjukkan daya saing lebih kuat untuk melawan sesama Low MPV dengan kubikasi serupa. Hantaran daya menuju roda depan (FWD) sebesar 106 PS dan torsi 137 Nm. Dilakukan oleh transmisi manual 5-percepatan atau CVT. Karakter penyalurannya tentu sangat berubah dibanding Avanza lama. Girboks sabuk baja memiliki tingkat kehalusan tinggi seolah tanpa tingkat percepatan. Lebih efektif sekaligus efisien dalam mengolah bahan bakar.

Tampilan Avanza G jelas terlihat lebih mahal dari tipe E. Tongkrongan tampak padat berisi berkat pelek ukuran 16-inci dengan ban 195/60. Dari depan juga mudah dikenali dari kehadiran fog lamp. Interior menyajikan kemewahan paling dasar untuk kebutuhan keluarga. Kami suka area center stack menyatu antara dasbor dan tuas transmisi. Sangat menandakan koneksi langsung dengan girboks untuk menggerakkan roda depan. Membuat sepanjang area tengah lebih lowong meski tetap ada gundukan sedikit di baris kedua.

Posisi duduk jauh lebih nyaman dari Avanza G lama. Bentuk dan desain jok baru menyangga punggung dengan enak. Setir tilt dan telescopic semakin mudah menemukan posisi terbaik. Pengaturan semua jok juga membaik. Malah bisa disetel jadi ala sofa atau dijadikan alas tidur. Baris ketiga kini bisa dilipat rata lantai. Fleksibilitas kian baik sesuai MPV keluarga zaman sekarang.

Fiturnya juga naik kelas. Menyalakan mesin melalui tombol start/stop engine. Pusat hiburan dilayani monitor layar sentuh sebesar 9-inci. Peranti keselamatan standar terdiri dari dual airbag, ABS+EBD+BA, VSC, HSA, seatbelt warning, Isofix, alarm+immobilizer dan sensor parkir.

Setidaknya itu semua bisa didapat sebagai paling mendasar. Kalau lebih mutakhir lagi ada trim istimewa Avanza G dengan Toyota Safety Sense. Posisi teratas tipe G tapi khusus transmisi CVT saja. Mendapat tambahan sistem keselamatan canggih Toyota yang lebih canggih dalam memproteksi seluruh penumpang. 

Pertama, jumlah airbag bertambah di sisi samping dan tirai. Sehingga total berjumlah 6 titik. Lalu paket TSS terdiri dari Pre Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert dan Blind Spot Monitoring. Walau begitu, tidak selengkap Toyota Raize CVT TSS karena minus Adaptive Cruise Control. (Odi)

Harga All New Toyota Avanza 1.5 G:

  • All New Avanza 1.5 G M/T - Rp228.500.000
  • All New Avanza 1.5 G CVT - Rp241.400.000
  • All New Avanza 1.5 G CVT TSS - Rp264.400.000

 

Baca Juga: Generasi Terbaru Toyota Avanza 2022 Meluncur, Harga Tetap Terjangkau

Jelajahi Toyota Avanza

Model Mobil Toyota

Mobil Toyota
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Tren MPV

  • Yang Akan Datang