QJMotor Ajukan Paten Desain Motor Sport Listrik

QJMotor QJ7000D

Kabar motor sport listrik bikinan QJMotor sudah merebak sejak 2021. Wujud prototipe yang tampil di Beijing Motor Show mengundang ambisi untuk terealisasi. Paten desain versi produksi sudah keluar, menandakan arah menuju penjualan massal kelak. Dari gambar yang beredar, terungkap banyak hal. Mulai jantung elektrik hingga beberapa perbedaan halus dari model aslinya.

Menurut kabar tersiar, diperkirakan meluncur secara internasional di bawah merek Benelli. Dan ada kemungkinan nama yang sebelumnya QJ7000D bakal berubah. Banyak orang berpikiran bahwa sebutan itu tidak terlalu menggugah dan kurang menjual. Lantaran ‘7000’ berhubungan dengan watt resmi motor listrik.

Saat pertama kali tampil di Cina, model ini datang sebagai tolok ukur untuk sepeda motor listrik performa tinggi. Banyak yang berharap kalau bisa setara motor bermesin 600 cc atau lebih. Tapi nyatanya tidak. Secara resmi QJMotor mengatakan kalau unitnya itu hanya bertenaga 13,4 Hp. Klaim kecepatan tertinggi cuma 105 km/jam dan memberikan jangkauan 100 km per pengisian daya dari baterai 72V, 60Ah. Itu berarti hanya setara dengan motor sport 150 cc. Dan menurut perusahaan, unit ini ditujukan sebagai kendaraan alternatif untuk pelajar.

QJMotor QJ7000D

Berdasarkan gambar yang tersebar, menunjukkan kuda besi full fairing. Bodinya didominasi warna biru dan silver, mencerminkan motor bertenaga setrum dan kendaraan masa depan. Layaknya sportbike, dari depan hingga buritan dibuat serbatajam agar tampak agresif dan aerodinamis.

Headlamp mengingatkan kita pada motor sport Yamaha berkapasitas 250 cc. Bedanya, ia pakai model quad-light. Lengkap spion di tameng atas dan visor model smoke. Di bagian itu juga tampak tegas garis-garis tajam. Sementara lampu sein LED tipis berada di tiap sisi sayap. Membuat wajahnya tampak agresif dan sporty.

Di balik visor terdapat panel instrumen LCD digital dengan tampilan negatif. Ukurannya lumayan besar. Jadi informasi kondisi motor lebih mudah dibaca oleh pengendara. Isinya seperti kecepatan, posisi gigi, jarak tempuh, waktu, persentase baterai, dan lainnya. Beberapa fitur canggih dengan konektivitas Bluetooth diharapkan ada.

 

Baca Juga: Davinci DC100 Mewujudkan Motor Listrik dengan Teknologi Robot

QJMotor QJ7000D

QJ7000D mulanya memiliki struktur seperti tangki bahan bakar yang berfungsi sebagai kompartemen penyimpanan. Bisa menyimpan helm full face. Namun dalam paten desain yang diajukan, tampak ada panel plastik tambahan menyatu dengan unit ekor. Meski begitu, masih menyisakan bagian terbuka kecil di kedua sisi untuk mempertahankan tampilan mengambang. Namun belum diketahui apakah masih bisa menyimpan pelindung kepala di situ.

Pengamatan lebih dekat bisa kita liat di bagian kursi. Ia pakai model split tipis dengan bentuk melengkung ke belakang. Bagian ekor jadi terlihat ramping dan rapi. Tak ada sepatbor menempel, digantinya dengan mudguard untuk menahan cipratan. Di situ pula penempatan sinyal belok dan pelat nomor nantinya. Buat menopang pengemudi dan penumpang, sambungan subframe justru terlihat di bagian depan atau di bawah tangki.

Soal posisi berkendara, layaknya motor sport pada umumnya yang merunduk. Sebab motor ini dilengkapi dengan setang jepit atau clip on. Motor penggeraknya berada di tengah dan mengalirkan tenaga ke roda belakang menggunakan rantai. Sistem suspensi terdiri dari upside down di depan dan monoshock belakang. Sehingga, bagian kaki-kaki terkesan lebih kekar dan menawarkan peredaman maksimal. Pengereman kedua roda masing-masing pakai cakram. Depan dijepit dua kaliper, sedang belakang satu. Dan diharapkan menggunakan dual-channel ABS sebagai standarnya.

Pabrikan menjanjikan QJ7000D seperti sepeda motor biasa. Mereka tengah merancang transmisi manual dengan kontrol konvensional termasuk tuas kopling yang dipasang di setang dan rem belakang yang dioperasikan dengan kaki dan pemindah gigi. Tapi elemen itu hingga saat ini masih dirahasiakan.

Menyoal ketersediaan, QJMotor kemungkinan siap meluncurkan sepeda listrik QJ7000D di Cina dalam beberapa bulan. Setelah dirilis di sana, bakal memasuki pasar global dengan nama Benelli.

Untuk diketahui, Benelli adalah merek Italia yang sekarang dimiliki oleh konglomerat Cina Zhejiang Qianjiang. Perusahaan itu juga memiliki QJMotor di bawah payungnya. Saat ini, sesuai perkembangan terakhir, ia telah menciptakan perusahaan lain bernama Qianjiang Electric Vehicle yang didukung oleh modal kuat Geely Group. (Bgx/Odi)

 

Sumber: Bennetts

Baca Juga: Yamaha Pamer Prototipe Powertrain Listrik untuk Hypercar, Bukti Keahlian Meracik Mesin Buas

 

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang