Yamaha Pamer Prototipe Powertrain Listrik untuk Hypercar, Bukti Keahlian Meracik Mesin Buas

Yamaha Electric Motor

Sudah lama Yamaha berkecimpung di dunia roda empat. Beberapa kali dipercaya merancang mesin untuk mobil yang sekarang melegenda. Dalam resumenya tercatat unit hebat seperti 4A-GE dipakai Toyota 2000GT dan Trueno. Lalu 2UR-GSE dengan konfigurasi V8 berotot. Dan paling fenomenal 1LR-GUE V10 terbenam di kap mesin Lexus LFA. Belum lagi kelanjutan kolaborasi dalam terciptanya 3S-GTE dan 2ZZ-GE. Bukti kalau bukan hanya merajai roda dua dan dunia musik.

Yamaha juga diketahui tengah mengembangkan paket motor listrik untuk mobil niremisi. Walau masih dalam bentuk purwarupa, kelak bisa digunakan oleh hypercar listrik pada masa mendatang. Karena menghasilkan daya sebesar 350kW atau setara 475 Hp. Dari gambar yang beredar, itu merupakan perangkat motor listrik yang konstruksinya menggabungkan komponen mekanis dan elektrik. Mengintegrasikan roda gigi dan inverter menjadi satu unit. Mereka menyebutnya Interior Permanent Magnet Synchronous Motor (IPMSM) berpendingin oli. Juga dikembangkan untuk mengantisipasi pemasangan dan penggunaan beberapa unit pada satu kendaraan.

Walau menyerupai alat pemotong rumput, namun jangan salah, bentuk yang kompak itu punya kemampuan luar biasa. Berkat wujudnya yang ringkas pula, dapat diaplikasikan untuk semua model kendaraan. Bahkan sekelas supercar hingga hypercar.

Yamaha Electric Motor

Tak hanya unggul dalam hal dimensi yang kompak, peranti yang dirancang di Iwata, Jepang juga memiliki pilihan output atau tenaga. Pada saat perkenalan, paket motor listriknya mampu menghasilkan tenaga mulai dari 35 hingga 200 kW atau sekitar 46 hingga 272 hp. Variasi dayanya itu memudahkan para produsen mobil untuk menyesuaikan kebutuhan kendaraan yang dirancang. Kelebihan lainnya berkaitan harga dan durabilitas. Ada kemungkinan harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau ketimbang produk OEM.

Baca Juga: Konsorsium Empat Pabrikan Jepang Temui Kesepakatan Soal Paket Baterai yang Bisa Ditukar

Tahun ini mengalami pengembangan signifikan. Sekarang mereka membangun unit prototipe 350kW atau 475 hp. Yamaha menyatakan bahwa unit yang dirancang sangat cocok diaplikasikan ke hypercar. Dari gambar yang tersiar, menunjukkan empat unit (satu di setiap roda) dan ditempatkan pada platform EV. Bila ditotal, sanggup menghasilkan 1.400 kW.

Tidak seperti pabrikan lain, alih-alih mengatur suhu menggunakan air, malah pakai berpendingin oli. Pelumas memiliki titik didih lebih tinggi dari pada air, dan merupakan isolator listrik, yang berarti dapat mendinginkan sistem pada suhu lebih tinggi. Tujuan pabrikan Iwata tentu saja untuk memberikan solusi sederhana bagi produsen mobil tanpa harus menghabiskan waktu, atau uang, untuk membangun motor listrik dari awal. Keuntungan lain pastinya dapat membangun lebih cepat dan biaya (relatif) murah.

Yamaha Electric Motor

“Ini merupakan perkembangan penting untuk motor listrik, dengan pengurangan ukuran yang memungkinkan beberapa unit lebih mudah dipasang ke satu kendaraan. Kami pikir membuat unit kompak adalah yang terpenting. Dengan kemajuan teknologi baterai, dan fokus kinerja sistem, kami tidak terlalu khawatir,” kata Takashi Hara, Yamaha Engineering division 2.

Yamaha mengatakan, unit dirancang mirip dengan arsitektur 800V – seperti yang digunakan di Porsche Taycan dan Audi e-tron GT. Namun pihaknya mengklaim kalau karya yang dibuat merupakan salah satu motor listrik paling padat daya dan bakal tersedia untuk hampir semua pabrikan. Dalam proses pengembangan motor listriknya, Yamaha menggunakan Alfa Romeo 4C sebagai mobil uji. Menggunakan motor listrik 200kW, dan hasilnya dikatakan lebih bertenaga dibanding mobil produksi yang menggunakan mesin empat-pot turbocharger 1,75 liter.

Berbicara tentang pabrikan, OEM sudah bisa melakukan pesanan unit prototipe dengan Yamaha. Hanya tinggal mengubah metode keluaran dan pendinginan unit, tergantung aplikasi dan kebutuhan spesifik klien. (Bgx/Odi)

Sumber: Whichcar, Electrec

Baca Juga: Mobil Asyik yang Pakai Mesin Bikinan Yamaha

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang