Rangkaian Ducati World Première Dimulai, Desert X Paling Ditunggu

Ducati Desert X scrambler 2022

Ducati memulai serangkaian perkenalan model 2022 secara online. Ducati World Première bisa diakses melalui Ducati.com, YouTube dan jejaring sosial resmi lain. Sudah dimulai 30 September lalu oleh Multistrada V2 2022. Paling menarik akan tayang 9 Desember. Ialah Desert X versi produksi bakal tampil untuk pertama kalinya. 

Pabrikan Italia pertama kali memamerkan konsep Desert X di EICMA 2019. Setelah mendapat respons baik dari para pecinta roda dua, tampaknya Ducati melanjutkan proyek ke jenjang produksi massal. Tapi dari teaser yang tersebar, tampaknya banyak yang telah berubah sejak saat itu. Desert X sendiri terinspirasi dari model ikonik pada zaman keemasan Desert Rally. Bentuk bodi serupa Cagiva Elefant Paris-Dakar bertenaga Ducati yang lahir di era 80-an. Semua bodywork dibuat kaku dengan tarikan tegas, mengingatkan kembali gaya reli retro.

Desert X meminjam skema warna dan garis-garis dari sepeda motor Dakar. Headlmap LED bulat ganda di bagian wajah telah disamarkan oleh potongan plastik hitam tembus pandang. Memberi getaran retro, tanpa harus benar-benar memiliki dua lampu depan bundar besar yang disadap di bagian depan. Diakhiri pula dengan DRL melingkar. Mencerminkan gaya reli klasik sekaligus memperbarui tampilan untuk audiens modern.

Ducati Desert X scrambler 2022

Buat menunjang perjalanan jauh, diberikan dua penampung bensin. Satu tangki di depan dan sisanya di belakang sebelah kiri. Untuk perjalanan panjang, kursi penumpang dapat dilepas. Membelah tangki di bagian belakang ada rel bagasi. Terlihat seperti tempat yang kokoh untuk dipasangkan bagasi tambahan atau bisa dijadikan tempat menaruh peralatan berkemah. Bila tak digunakan bisa bermanfaat untuk mengangkat Desert X dari lubang ataupun lumpur. Kasar namun halus, itulah gambaran yang cocok buat Desert X. Mengusung desain tak lekang zaman dan siap melibas beragam medan kasar.

Bila mengacu model purwarupa, kedua roda jenis ruji dibungkus ban offroad Pirelli Scorpion. Suspensi depan punya jarak main yang panjang dan dapat disesuaikan. Ground clearance motor konsep setinggi 275 mm, dan diharapkan model produksi punya jarak sama.

Konsep asli dibangun di atas sasis Scrambler 1100. Ditenagai mesin Desmodromic L-Twin 1.079cc 2-katup, berpendingin udara, yang menghasilkan 86 tenaga kuda pada 7.500 rpm dan torsi 88 Nm di putaran 4.750 rpm. Hasil yang cukup kompetitif untuk segmen motor ADV masa sekarang. Tetapi buat Desert X sepertinya bakal mendapat mesin baru. Disinyalir pakai Testastretta L-Twin 937 cc berpendingin air yang mampu menyemburkan 113 Hp pada 9.000 rpm dan torsi 96 Nm di kitiran 7.750 rpm. Sama seperti digunakan Multistrada 950.

Baca Juga: Ducati Panigale V4 R Direncanakan Pakai Seamless Shift Gearbox MotoGP

 

Ducati Desert X scrambler 2022

Meski berpindah ke mesin yang lebih kecil, tenaga dan torsi meningkat pesat. Dan kami berharap bisa mereduksi bobot keseluruhan. Kabarnya Desert X juga bakal memiliki sasis baru. Selain itu mereka memastikan penggunaan roda depan 21 inci. Tidak seperti Multistrada yang masih 19 inci. Namun belum menyebut apa pun tentang roda belakang, tetapi tampaknya masih sama 18 inci. Meski demikian, pabrikan Bologna menawarkan kemampuan off-road yang lebih baik dibandingkan Multistrada 950.

Dengan kategori performa kelas menengah yang saat ini menjadi segmen panas untuk Adventure Bikes. Kami tidak terkejut bila Ducati memutuskan untuk mengambil pendekatan yang lebih agresif terhadap Desert X. Tentu ada keuntungan tersendiri daripada hanya menempatkan pembaruan gaya pada model Scrambler. Jika mereka ingin bersaing dengan KTM 890 Adventure R, Triumph Tiger 900 Rally Pro, Tenere 700, mereka harus pakai sasis khusus off-road dan menempatkan banyak fitur canggih di suspensi.

Selain mengungkapkan Desert X pada 9 Desember 2021, pabrikan Italia juga siap merilis model lain. Jadwal peluncuran secara virtual yang dilengkapi dengan judul serta episode cukup memberikan petunjuk.

Ducati Desert X scrambler 2022

Tak kalah menarik tentu saja pada 11 November 2021: Ducati World Première - Episode 4 dengan judul “A new Fighter in town”. Isyarat itu menunjukkan Streetfighter V2 dan Panigale V2 baru. Keduanya boleh jadi dihadirkan untuk bergabung bersama Streetfighter V4, tapi dengan model yang lebih kecil. Dengan penggunaan mesin 955 cc Superquadro V-Twin.

Model lain yang siap meluncur tampak pada jadwal 25 November 2021. Di situ tertulis ‘The evolution of Speed’. Sinyal paling kuat tertuju ke Panigale V4 , V4 S dan V4 SP terbaru. Atau setidaknya pengumuman lolos uji emisi Euro 5. (Bgx/Odi)

Jadwal Ducati World Première:

1. September 30, 2021: Ducati World Première – Episode 1 | Your everyday wonder

2. October 14, 2021: Ducati World Première – Episode 2 | Mark your roots

3. October 28, 2021: Ducati World Première – Episode 3 | Rule all mountains

4. November 11, 2021: Ducati World Première – Episode 4 | A new Fighter in town

5. November 25, 2021: Ducati World Première – Episode 5 | The evolution of Speed

6. December 9, 2021: Ducati World Première – Episode 6 | Dream Wilder – DesertX

 

Sumber: Ride Apart, Aspalt and Rubber, Motorcycle

Baca Juga: Pertama Kali Ada di Motor, Ducati Multistrada V4 S 2021 Kini Bersertifikat Radar

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Ducati Unggulan